Interest

Selamat Ulang Tahun Walt Disney, Ini Fakta Seru Tentang Produser Hebat itu

Vita Kartika

Posted on December 5th 2019

Walt Disney, tokoh legendaris perfilman dunia (The Independent) 

Siapa yang tak kenal dengan Disney? Masing-masing dari kita bisa dibilang tumbuh dewasa bersama para tokoh di film kartun dari Disney. Gambaran tentang true love di Cinderella dan The Sleeping Beauty, hingga karakter legendaris Pinocchio dan Mickey Mouse yang penuh pesan moral.

Sampai sekarang, Walt Disney Company memang adalah salah satu media terbesar di dunia. Nggak cuma sebagai rumah produksi Walt Disney Studios saja, Walt Disney Company juga menaungi berbagai jaringan televisi, saluran kabel, wahana permainan, hingga lisensi merchandise yang didistribusikan ke seluruh dunia.

Sesuai namanya, Walt Disney Company didirikan oleh seseorang bernama Walt Disney. Dia lahir tepat pada hari ini, 5 Desember 1901 di Chicago, Illinois. Kok bisa ya, orang yang lahir di era selawas itu (bayangin, 118 tahun yang lalu!) bisa menciptakan tokoh-tokoh kartun yang masih ikonik hingga sekarang? Hmm, memangnya bagaimana sih perjalanan hidup pemilik nama lengkap Walter Elias Disney?

Tim mainmain.id sudah merangkum 5 fakta yang menandai momen-momen penting dalam hidup Walt Disney. Yuk simak bersama!

Disney memulai karirnya dari bawah: Jadi loper koran, putus sekolah, ikut perang, sampai bangkrut

Tokoh-tokoh legendaris dari Disney. Mana favoritmu? (foto:Get Wallpapers)

Ada orang yang sukses dengan privilese terlahir dari keluarga yang kaya raya, tapi ada juga orang yang sukses karena ia pantang menyerah memulai dari bawah. Walt Disney adalah salah satunya.

Terlahir di keluarga sederhana, ia dan saudara-saudaranya sempat menjadi loper koran dan penjual makanan di stasiun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meskipun begitu, Walt Disney sudah menunjukkan bakat seninya sejak kecil. Ia senang menggambar dan mengunjungi teater dekat rumahnya.

Nggak cuma itu, sebelum jadi produser terkenal, Walt Disney ternyata pernah putus sekolah, lho! Bukan karena malas atau bodoh, tapi karena Walt Disney ingin berpartisipasi dalam perang yang sedang berlangsung kala itu. Karena ia belum genap berusia 17 tahun, Disney sempat nekat memalsukan akta kelahirannya.

Alhasil, ia berhasil bergabung dalam pasukan Palang Merah yang bertugas di Perang Dunia I ketika ia baru berusia 16 tahun. Ia bertugas bersama timnya di Perancis hingga 1919 sebelum akhirnya dibebastugaskan.

Ketika merantau ke Hollywood, Los Angeles untuk mengejar cita-citanya di bidang animasi, Walt juga sempat hampir mengikuti jejak kakaknya untuk menjadi penjual penyedot debu demi memenuhi kebutuhan hidup. Untungnya, saat itu ia mendapat panggilan dari distributor di New York yang tertarik untuk memasarkan kartun ciptaannya.

Perjuangan Walt Disney tak berhenti sampai di situ saja, karena studio animasi pertamanya, Laugh-O-Grams pun pernah mengalami kebangkrutan karena kesulitan finansial. Meskipun begitu, Walt Disney tak pernah menyerah dan terus berkarya.


Mickey Mouse jadi maskot Walt Disney Studios, tapi itu bukan tokoh karakter pertama diciptakan Walt Disney, kok bisa?

Salah satu gambar tokoh Mickey Mouse yang vintage banget (foto:Reader's Digest)

“I only hope that we don't lose sight of one thing - that it was all started by a mouse.”

Kutipan ini bisa dibilang sudah jadi salah satu kata motivasi yang paling ikonik dari Walt Disney. Mickey Mouse sendiri juga sampai sekarang masih jadi salah satu karakter yang paling terkenal. Tapi, tahukah kamu kalau Mickey Mouse ini justru bukanlah tokoh pertama yang diciptakan Walt Disney? Wah, terus siapa, dong?

Yap, sebelum ada si tikus imut ini, Disney bersama animatornya, Ub Iwerks pernah menciptakan Oswald the Lucky Rabbit. Tokoh ini sempat menjadi karakter andalan yang begitu terkenal dan sukses di pasaran.

Tapi sayangnya, hak cipta Oswald sempat dicuri oleh Universal Pictures. Dalam kekecewaannya, Disney dan Ub Iwerks menciptakan karakter lain pada tahun 1928 silam, yaitu si Mickey Mouse yang akhirnya bisa mengungguli popularitas Oswald. Selain membuat cerita dan menjadi sutradara untuk Mickey Mouse, Walt Disney bahkan juga totalitas untuk mengisi suara Mickey Mouse selama hampir 20 tahun, lho!

Hak cipta Oswald sendiri baru kembali ke tangan Walt Disney Company pada 2006, jauh setelah Disney meninggal dunia dan hampir 80 tahun setelah ia kehilangan karakter tersebut. Sedih banget, ya.


Produseri lebih dari 100 film dan memegang rekor sebagai peraih Academy Award terbanyak

Walt Disney bersama piala-piala yang berhasil dimenangkannya (foto:Pinterest)

Sebelum berpulang pada 15 Desember 1966 di usia yang ke 65 tahun, Walt Disney telah menciptakan begitu banyak karya, termasuk juga lebih dari 100 film telah ia produseri. Sebagian besar di antaranya adalah film animasi, tapi ada juga yang merupakan film live action.

Film animasi ciptaannya yang masih terkenal dan kami yakin kamu pun familiar adalah Pinocchio (1940), Dumbo (1941),  Cinderella (1950), Alice in Wonderland (1951), Peter Pan (1953), dan Sleeping Beauty (1959).

Banyak karyanya yang sampai sekarang pun masih di-remake dan diproduksi ulang. Legenda perfilman ini bahkan memegang rekor sebagai peraih Academy Award terbanyak karena memenangkan 22 Oscar dari 59 nominasi yang ada.


Menciptakan ‘tempat paling bahagia di dunia’

Kastil Sleeping Beauty di Disneyland. Magical banget, ya! (foto:Pinterest)

Setelah sukses dengan film dan program televisi, Walt Disney terus berpikir tentang hal apa lagi yang bisa ia ciptakan. Sebagai seorang ayah, ia sering mengajak kedua putrinya untuk rekreasi. Biasanya, anak-anaknya bermain sementara ia menunggu sambil duduk-duduk.

Ketika itu, ia berpikir, bahwa harus ada sebuah tempat di mana orang tua, anak-anak, dan seluruh pengunjung dari berbagai usia dan kalangan dapat bersenang-senang bersama. Inilah awal mula ia memperoleh ide tentang Disneyland. Setelah beberapa tahun perencanaan dan pembangunan, Disneyland resmi beroperasi untuk umum pada 1955.

Sayangnya, Walt Disney tidak hidup cukup lama untuk menikmati wahana-wahana penuh magis dalam empat taman dan dua taman air di Disney World yang berukuran sekitar 30.000 hektar ini. Pembukaan Disney World di Orlando yang baru diresmikan pada 1971, sedangkan Walt Disney meninggal 5 tahun sebelumnya.

Dengan kisah hidupnya yang begitu inspiratif, nggak heran ya kalau karya-karyanya masih jadi favorit semua generasi dan kalangan. Terima kasih, Walt Disney!


Related Articles
Interest
Yuk Belajar Menggambar Karakter Disney Gratis Langsung dari Animatornya

Interest
Dikritik karena Larang GIF Baby Yoda The Mandalorian, Disney Akhirnya Beri Izin

Interest
Filmnya Laris, Disney Raih Pendapatan Tinggi di 2019