Entertainment

Spektakuler! Inilah 7 Momen Spesial MAMA yang Harus Kamu Tonton Ulang

Delima Pangaribuan

Posted on December 4th 2019

Perhelatan Mnet Asian Music Award 2019 sudah selesai digelar. Tapi hype-nya masih terasa sampai terngiang-ngiang saking spektakulernya. Bahkan sebelum acara dimulai, tagar #MAMA2019 dan #MnetAsianMusicAward sudah nangkring di atas Worldwide trends Twitter.

Acara KPop kelas dunia itu tentu menyisakan banyak momen dan performance berkesan buat para fans KPop. Memang biasanya kalau acara award, para artis yang tampil bakal menampilkan sesuatu yang spesial daripada performance biasa mereka.

Bahkan yang sudah sempat nonton streaming rasanya pengen nonton lagi, ngaku aja deh. Tenang saja, Mnet menyediakan "siaran tunda" berupa video yang bisa kamu tonton di channel YouTube mereka. Berikut 7 momen-momen spesial yang kudu kamu tonton lebih dari satu kali. Check this out and make some noise!

 

1. Kolaborasi Mamamoo dan JY Park


Semenjak teaser, sudah dikasih tahu kalau Mamamoo bakal berkolaborasi sama artis lain. Baru ketahuan sebelum hari H kalau mereka tampil bareng artis senior, JY Park yang juga kita kenal sebagai CEO-nya JYP Entertainment. Wow, kolaborasi sama bos besar? Kenapa tidak? Mereka pun dengan sukses ngebawain beberapa lagu bareng, antara lain "Don't Leave Me", "Who's Your Mama + Yes I Am", dan "You're The One". Solar dan kawan-kawan membuktikan bisa mengimbangi penampilan senior jauh mereka. JY Park pun tampak nggak canggung joget bareng anak-anak muda dan masih luwes banget sebagai artis.

 

2. "Duet" Hwasa Mamamoo dan Dua Lipa


Masih dari member Mamamoo, Hwasa si maknae tampil sebagai opening act-nya Dua Lipa. Dia melantunkan single hit "New Rules". Lengkap dengan dance luwes. Hwasa kelihatan fierce dan sexy dengan kostum hitamnya. Senada, Dua Lipa kemudian muncul dengan kostum hitam dan menyanyikan single terbarunya "Don't Start Now". Sebagai satu-satunya penyanyi dari belahan dunia Barat yang perform, Dua ternyata bisa disandingkan sama artis KPop lain kalau soal dance. Dia kelihatan lincah banget goyang bareng backdancers-nya yang berkostum pink-pink kayak flamingo. Meskipun nggak tampil satu frame, segmen Hwasa-Dua ini bener-bener memorable banget.

 

3. Mash Up Performance Ateez dan Oneus


Dua grup rookie yang lagi cukup bersinar, Ateez dan Oneus, dipercaya membawakan best performance mash up. Ateez menampilkan di antaranya lagu "Blood Sweat & Tears" milik BTS, "Goodbye Baby" milik Miss A, dan "View" dari SHINee. Senangnya, waktu nge-dance "BS&T", cameraperson nunjukin wajah bangga Jungkook, Jimin, dan J-Hope waktu nonton performace Ateez. Senangnya di-notice sunbaenim! Sementara Oneus menampilkan gabungan lagu di antaranya "Sherlock" milik SHINee, "Don't Wanna Cry"-nya Seventeen, dan "Something" punya Girl's Day. Penampilan epic itu disambung sama lagu mereka sendiri yang lagi booming banget, "Lit", karena sarat sama unsur lokalnya Korea. Daebak!

 

4. Intro "Feel Special" TWICE yang Spesial


Meski sempat hadir di acara ulang tahun grup, member TWICE Mina absen lagi di ajang MAMA 2019 ini. Tapi, ONCE --fans mereka-- dibuat terharu begitu intro penampilan TWICE. Lagu didahului sama narasi lengkap suara Mina dengan terjemahan lirik di layar. FYI, lirik itu adalah bagian yang dinyanyikan Mina di lagu "Feel Special". "Aku hanya ingin bersembunyi, tak ingin menghadapi dunia. Seperti semuanya kehilangan arti, seperti aku juga kehilangan arti. Aku hanya duduk diam di sana." Huhuhu, siapa yang naruh bawang di sini?

 

5. Rap Hoshi dan Outro China Line Seventeen di Lagu "Fear"


Seperti TWICE, Seventeen juga lagi kekurangan satu personil. Leader Seventeen, S.Coups, masih dalam proses penyembuhan gejala kecemasannya dan nggak ikut tampil di MAMA tahun ini. Padahal, dia punya part lumayan krusial di lagu "Fear" yang ditampilkan Seventeen tadi malam. Biasanya pas konser, part itu akan diisi rekaman suara S.Coups. Tapi khusus di MAMA, Hoshi dipercaya untuk menggantikan leader-nya sementara. Rap singkat Hoshi itu bikin Carat --fans mereka-- pun terharu. Dan setelah lagu selesai, penampilan mereka ditutup sama duet tarian China Line, Jun dan The8, yang mengingatkan fans sama tarian legendaris mereka di lagu "My I". So sweet...

 

6. Ajak Bernostalgia, BTS Tampilkan Lagu Lawas


Setelah memberi kejutan di MMA 2019 dengan menampilkan "Boy In Luv", lagu mereka tahun 2014, sekarang BTS mengajak fansnya bernostalgia lagi. ARMY kegirangan waktu lihat BTS menyanyikan lagu zaman debut mereka, "N.O." dan "We Are Bulletproof 2.0". Meskipun sudah lagu lawas, terbukti mereka masih bisa menampilkan lagu itu dengan gaya mereka di masa lalu. Penampilan ini sekaligus mau menunjukkan, meskipun mereka sudah berjalan sejauh ini sampai sukses, BTS nggak melupakan awal mereka memulai semuanya. Wah kok jadi mellow begini, ya?

 

7. Pidato Jin BTS yang Membungkam Sisi Gelap Industri KPop


BTS mendapatkan penghargaan Song of the Year untuk lagu mereka "Boy With Luv". Nah, waktu penerimaan penghargaan, Jin sempat menyampaikan speech yang lumayan menohok, nih. "Ada banyak cara untuk berbuat curang tapi bukankah akan lebih baik kalau kita membuat musik dengan cara yang lebih jujur? Aku harap waktunya akan tiba ketika semua orang membuat musik yang baik dan mendengarkan musik yang baik," tutur Jin. Fans pun menangkap maksud speech Jin itu sebagai sindiran untuk perlakuan curang yang kerap dilakukan berbagai pihak demi mengerek lagu artis-artis tertentu memuncaki chart lagu. Hmm... Adakah yang merasa tersindir? (*)

Related Articles
Entertainment
Ini Dia Daftar Idol K-Pop yang Masuk Nominasi MAMA 2019

Entertainment
Mnet Batalkan MAMA di Hong Kong karena Aksi Massa

Entertainment
Gondol 9 Trofi di MAMA 2019, Ini Pesan dari BTS