Current Issues

5 Video TEDx Talks Paling Inspiratif Buat Anak Muda

Vita Kartika

Posted on December 4th 2019

Pernah nggak sih kamu merasa down banget dan ingin menghibur diri, tapi malas pergi ke mana-mana? Atau bosan saja, nggak ada kegiatan, padahal TV series kesayanganmu sudah buyar? Atau lagi menunggu jemputan dan nggak tahu mau ngapain?

Kalau kamu ada waktu luang tapi cuma beberapa menit saja, tim mainmain.id rekomendasiin kamu untuk cek YouTube channel-nya TEDx Talks!

TED adalah organisasi nonprofit yang konsisten membagikan ide dan inspirasi dalam berbagai topik penting. Melalui TEDx Talks, tiap-tiap individu terpilih dalam bidang dan keahliannya masing-masing menyampaikan talk singkat namun bermakna.

Walaupun rata-rata episodenya cuma 10 menitan, TEDx Talks ini bisa inspiratif, informatif, edukatif, sekaligus menghibur, lho! Istimewanya lagi, tips-tips dalam tiap episodenya bisa langsung kamu terapkan dalam hidupmu.

Kali ini, tim mainmain.id sudah merangkum 5 episode TEDx Talks yang menurut kami paling relevan sekaligus inspirasional untuk remaja. Penasaran?

Drew Dudley: Everyday leadership

Drew Dudley dalam salah satu sesi talk di TEDxToronto (foto:Youtube TEDx Talks)

Kalau dengar kata leadership, apa yang pertama kali muncul di pikiranmu? Jadi ketua di organisasi? Jadi kepanitiaan di kegiatan sekolah? Walaupun leadership memang secara harfiah berarti kepemimpinan, tapi Dudley punya perspektif lain, lho, tentang leadership!

Walaupun video ini sudah diunggah cukup lama, yaitu pada Agustus 2013, bahasan Dudley masih sangat relevan, lho!

Dudley percaya bahwa ada yang namanya everyday leadership, yaitu bagaimana kebaikan-kebaikan kecil yang kita lakukan dapat berdampak positif pada hidup seseorang. Dan, bagaimana orang tersebut pada akhirnya juga akan menyalurkan kebaikannya ke orang lain di sekitarnya.

Durasi dari video ini bahkan nggak sampai 7 menit, tapi dari sini kita bisa belajar dari contoh-contoh sederhanya yang nyata, bahwa kita memang dibentuk oleh lingkungan. Dan sebaliknya, kita pun juga membentuk lingkungan sekitar kita.

Sekecil apapun kebaikan yang kita lakukan pasti ada dampak dan maknanya. Dari talk ini, kita diajak untuk mengubah mindset kita, bahwa leadership bukan berarti kita harus mengubah dunia, tapi bagaimana kita bisa mengubah hal-hal di sekitar kita. Wah, dalem banget, ya!


Tim Urban: Inside the mind of a master procrastinator

Talk dari Tim Urban ini bisa kamu tonton di youtube channel TED (foto:Youtube TED)

Procrastinators, unite!

Dalam episode TEDx Talks yang sudah ditonton lebih dari 24 juta kali ini, Tim Urban membahas tentang apa yang ada di dalam pikiran seorang procrastinator, atau pribadi yang suka menunda-nunda suatu pekerjaan.

Walaupun dikemas secara fun dan berulang kali bikin audiens tertawa, tapi Tim Urban benar-benar menjelaskan the science behind procrastination, lho.

Dalam talk ini, Urban menyampaikan kalau otak manusia memang punya kemampuan untuk membuat keputusan secara rasional. Tapi, ada juga yang namanya instant gratification monkey, atau kondisi di mana kita lebih memilih hal-hal yang menyenangkan dibandingkan melakukan pekerjaan produktif yang lebih sulit dan melelahkan.

Pada akhirnya, ketika kita sadar bahwa deadline sudah semakin dekat, kita akan mendapatkan adrenaline rush yang bikin para procrastinator bisa langsung gercep menyelesaikan sesuatu dalam sekejap mata. Relatable banget, kan!


Susan Cain: The power of introverts

Talk dari Susan Cain ini bisa kamu tonton di youtube channel TED (foto:Youtube TED)

Introvert seringkali diasosiasikan dengan sifat-sifat yang negatif, seperti pendiam, penyendiri, pemalu, dan lain-lain. Tapi, nggak begitu di episode TEDx Talks yang ini.

Menurut Susan Cain, dunia ini butuh introverts! Di video yang diunggah Maret 2012 ini, Cain berargumen bahwa kesendirian (solitude) justru bisa jadi cara untuk menumbuhkan kreativitas dan jiwa kepemimpinan. Video ini sudah ditonton lebih dari 9.8 juta kali, lho!


Shane Koyczan: “To This Day” …for the bullied and beautiful

Talk dari Shane Koyczan ini bisa kamu tonton di youtube channel TED (foto:Youtube TED)

Dalam video yang powerful ini, Shane Koyczan membahas tentang bullying atau perundungan. Bullying sendiri bukanlah hal yang asing, apalagi buat anak usia sekolah.

Koyczan bilang bahwa bullying, bahkan dalam level sekecil apapun, bisa terjadi pada siapa saja dan efeknya bisa membekas untuk waktu yang cukup lama.

Dalam talk yang sebelumnya sudah pernah dibahas oleh Koyczan dalam bentuk puisi atau spoken-word ini. Ia menyemangati audiens yang merasa sendiri, kesepian, sampai frustrasi.

Baginya, the bullied can be beautiful. Cantik di sini maksudnya bukan hanya sebatas fisik saja, misalnya seperti orang gendut yang dirundung lalu melakukan diet. Tapi, lebih daripada itu, para korban bullying biasanya memiliki sifat-sifat baik yang jarang dimiliki oleh orang lain, seperti empati dan keterhubungan emosional kepada orang lain.

Nggak heran kalau video ini sudah dilihat lebih dari 3,3 juta kali. Memang so empowering!


Matt Cutts: Try Something New for 30 Days

Talk dari Matt Cutts ini bisa kamu tonton di youtube channel TED-Ed (foto:Youtube TED-Ed)

Kapan terakhir kali kamu melakukan hal baru? Dalam TEDx Talks ini, Matt Cutts berpendapat bahwa jika kita terlalu terhanyut dengan rutinitas dan terbiasa melakukan hal yang itu-itu saja setiap hari selama bertahun-tahun. Kita akan tumbuh menjadi orang yang one-dimensional.

Di video yang hanya berdurasi 3:27 menit ini, Cutts secara singkat dan jelas mengajak kita untuk mewarnai hari dengan cara melakukan hal-hal baru. Misalnya, kalau kamu hobi bermain basket, kamu bisa coba mengikuti art class atau ekstrakurikuler seni lainnya.

Sebaliknya, kalau kamu hobi menggambar, kamu bisa coba sekali-sekali ikutan temanmu yang latihan berolahraga. Dengan melakukan hal baru selama 30 hari, kamu bisa memperkaya perspektifmu. Siapa tahu kamu bahkan bisa dapat teman baru, atau mengetahui bakat terpendam yang selama ini tidak kamu sadari!

So, episode TEDx Talks mana yang paling kamu favoritkan? Yuk share di kolom komentar!


Related Articles
Current Issues
Buat Kamu yang Introvert, Self-Quarantine Bisa Jadi Sebuah Kebebasan!

Current Issues
Ini 3 Cara Ampuh untuk Stop Menunda-nunda Pekerjaan

Current Issues
Percayalah, Bullying Itu Penyakit!