Current Issues

4 Penyandang Disabilitas ini Menginspirasi Dunia

Regina

Posted on December 3rd 2019

Hari ini (3/12) diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional atau Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan yang sudah ditetapkan oleh PBB sejak 1992 ini diperingati untuk memperjuangkan hak-hak kesejahteraan para difabel. Dari ekonomi, sosial, ekonomi dan budaya.

Dikutip dari situs International Day of People With Disabilities (IDPWD), Hari Disabilitas ini merupakan peringatan bahwa tidak ada orang ‘cacat’. IDPWD menyebut bahwa penyandang disabilitas adalah orang yang punya gangguan kesehatan.

“Difabel bukan orang yang tidak mampu, kami adalah orang dengan gangguan kesehatan. Beberapa dari kami membutuhkan kursi roda sebagai alat bantu. Beberapa dari kami butuh anjing untuk ‘melihat’. Beberapa dari kami juga membutuhkan teknologi sebagai alat bantu. Sama halnya jika seseorang butuh kacamata untuk membaca, atau obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit,” tulisnya.

Selaras dengan apa yang dikatakan oleh IDPWD, berikut beberapa orang difabel yang menginspirasi:


Aaron Fotheringham Juara 1 USA Skateboarding Adaptive Street 2019 (@aaronwheelz)

Aaron Fotheringham merupakan artis difabel yang terkenal, dia juga merupakan skater terkenal di dunia. Dia pun berskating dengan sepatu roda. Selama masa kecilnya, Aron menjalani operasi pinggul dan memaksanya untuk harus menggunakan kursi roda secara permanen.

Meski begitu, dia bertekad untuk selalu berolahraga. Keadaannya bukan halangan, artinya dia harus beradaptasi dengan alat barunya untuk bisa melakukan aktivitas lain.

Dilansir dari Sunrise Medical UK, tahun 2005 silam Aaron behasil mendarat dari lompatan 180 derajat. Kemudian di 2006 untuk pertama kalinya dia melakukan jungkir balik dengan kursi rodanya. Sejak saat itu, dia terus mencetak prestasi-prestasi lainnya.

 

Apakah kalian kenal dengan Stephen Hawking? Sosok fisikiawan populer ini namanya sering muncul di serial The Simpsons dan Star Trek. Di usia Stephen yang ke 21, dia diketahui mengidap Amyotropic Lateral Sclerosis yang membuatnya harus bicara dengan komputer. Dia pun juga tidak bisa berdiri, maka dia harus mengenakan kursi roda.

Karena lumpuh dari kepala hingga kaki, kursi roda Stephen pun dirancang sedemikian rupa hingga dia bisa berkomunikasi dari gerakan mata dan kepala. Namun, ini tidak menghalanginya untuk beraktivitas dan berinovasi. Kehidupan profesor teladan in pun direkan dalam film ‘The Theory of Everything’.

 


Nick Vujicic (@nickvujicic)

Pria asal Australia yang lahir dengan tidak memiliki tangan dan kaki ini menjadi tokoh yang sangat inspirasional. Dia yang menderita Tetra-amelia Syndrom ini sejak kecil sudah mendapat banyak tekanan di lingkungannya. Dia berhasil menyelesaikan studinya dan sering melakukan seminar-seminar inspirasional di banyak negara.

Tidak hanya itu dia juga mendirikan organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan orang difabel. Sungguh mulia!

 

(Forbes)

Berikutnya ada penyanyi berbakat dengan banyak keterbatasannya. Stevie ini sudah buta sejak dia kecil. Namun, dia menyukai dunia musik dan berkarir di dunia musik. Meski dia buta, dia bisa memainkan alat musik yang berbeda. Keterbatasannya dalam melihat, membuat dia harus mempertajam pendengarannya. Prestasi di dunia musik tentu jangan diragukan lagi, dia menang Grammy Award lebih dari 20 kali. Sangat menggagumkan!

Nah, empat orang di atas merupakan contoh kecil saja dari orang-orang difabel yang sangat inspirasional. Oleh karenanya, jangan anggap remeh orang-orang penyandang difabel ya! Mereka tentu punya bakat yang sama seperti kita.(*) 

Baca juga: 

Rahmad Hidayat, Atlet Selam Berprestasi Penyandang Disabilitas

Penyandang Disabilitas di Banyuwangi Unjuk Kemampuan Lewat Festival Kita Bisa

Hebat! Tanpa Kaki, Mohamad Hikmat Bagikan Ilmu Naik Skateboard

Artikel Terkait
Current Issues
Hebat! Tanpa Kaki, Mohamad Hikmat Bagikan Ilmu Naik Skateboard

Current Issues
Penyandang Disabilitas di Banyuwangi Unjuk Kemampuan Lewat Festival Kita Bisa

Current Issues
Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Efektif Lawan Virus Covid-19 Varian India