![]() |
Posted on December 3rd 2019 |
Honda CBX 750F beken sebagai tunggangannya polisi di sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, Turki, hingga Irlandia. Di tangan seorang anggota pemadam kebakaran bernama Chris Scholtka, motor tahun 80-an ini dibikin lebih ‘liar’.
Saat pertama kali keluar pada medio 80-an, tampilan Honda CBX 750F memang polisi banget. Bodinya besar. Gahar. Amat pas untuk dipakai para abdi negara, baik untuk patroli jalan raya, atau untuk mengejar penjahat.
Nah, Chris Scholtka membuat motor keluaran 1984 tampil kekinian, dan lebih keren. Pria asal Cottbus, Jerman ini memasang garpu dan monoshock milik Yamaha R1 2009. Ia mengawinkannya dengan pelek ukuran 16 inchi di depan, dan 18 inchi di belakang.
Nah untuk rem, ia memadukan kaliper milik R1 dengan master rem dari Brembo. Bodywork baru CBX 750F dibuat dengan model monokok. Chris Scholtka memadukan tangki badaan dengan ekor custom.
Chris membuat body monokok di motornya bisa diangkat di bagian belakang. Semua dilakukan sendiri di garasi rumahnya. Bahkan, ia mengambil kursus pembentukan logam untuk demi custom motor kerennya itu.
“Inspirasi saya adalah motor BMW R100R garapan Vagabund. Saya suka cara mereka membangun, dan gaya mereka. Saya bicara dengan pemilik motor itum dan meminta izin untuk meniru gaya mononoknya. Dia bilang oke,” aku Chris Scholtka.
Pada bagian kokpit Chris memasang grip motogadget yang mendukung sistem bluetooth, lampu sein bar-end, dan speedo digital kecil. Motor karya Chris Scholtka dipungkasi dengan corak hitam doff, dengan kombinasi merah-putih khas Honda.(*)