Pop-Sci

Belialbumfisik.com Cara Kreatif Bangkitkan Semangat Musisi Produksi Karya Fisik

Bramantyo Brata

Posted on December 1st 2019

Makin tahun dominasi platform streaming musik online makin kuat. Para penikmat musik sangat dimudahkan dengan adanya berbagai cara berbentuk online untuk mendengarkan karya musisi favoritnya. Ya, namanya sudah era digital.

Tapi tahu kah kalian pendapatan musisi jauh berturun loh ketika mereka menjual karyanya lewat platform streaming musik, dibanding ketika menjual album fisik. Para musisi pun akhirnya resah. Teknologi digital memang tak bisa lagi dielak. Tapi, persoalan pendapatan ini juga harus dipikirkan.

Inilah yang membuat vokalis sekaligus pembetot band Endank Soekamti, Erix Soekamti tergerak melakukan sesuatu. 

Erix Soekamti (Sumber: Instagram.com/erixsoekamti)

Ia lalu menggagas lahirnya situs belialbumfisik.com. Erix dan timnya selalu menggembar-gemborkan bahwa album fisik memiliki kepuasan tersendiri bagi para musisi. Dan kenyataannya memang seperti itu loh. 

Sejak 2012, belialbumfisik.com sudah beroperasi dan membantu para musisi untuk memproduksi album fisik. Di sana akan terjadi proses kreatif karena sebuah album fisik merupakan representatif nyata karya sebuah band.

“Album fisik bisa menimbulkan rasa kedekatan tersendiri bagi para pendengar dengan musisi yang mereka sukai. Tidak hanya mendengarkan lagunya, mereka bisa membaca kesan, pesan dari musisi tersebut dan turut membayangkan proses kreatif album tersebut. Dan yang paling penting lagi ini adalah wujud nyata apresiasi,” kata Erix Soekamti.

Mungkin sejak tadi banyak yang penasaran, kira-kira gimana sih bentuk album para musisi yang diproduksi belialbumfisik.com? Nah, ini yang berbeda dari biasanya. Konsep album yang diproduksi oleh belialbumfisik.com adalah dengan format boxset.

Apa itu format boxset? Boxset bisa dibilang adalah paket lengkap dari sebuah album musik. Di dalam boxset kalian nggak hanya menemukan rilisan fisik berupa CD yang berisikan lagu musisi bersangkutan.

Boxset mengemas semua itu dengan balutan artwork kreatif sesuai nuansa album yang diinginkan musisi. Di dalamnya juga terdapat berbagai merchandise musisi tersebut yang bahkan tidak dijual di pasaran. Sehingga para pendengar atau fans merasa spesial jika memiliki boxset tersebut.

“Sebagian orang mungkin bilang kenapa sih kok mahal? Jawabnya karena kami bikin boxset ini juga serius, melalui proses kreatif yang panjang dan tidak sekedar album musik saja. Kami ini membuat karya yang spesial untuk setiap musisi. Nantinya penjualannya juga bisa menjadi pasive income untuk para musisi. Jadi incomenya nggak cuma dari manggung aja,” ungkap Erix.

Gimana? Pasti kalian yang punya band ingin karyanya dirilis oleh belialbumfisik.com kan?

Tapi tunggu dulu gengs, tim dari belialbumfisik.com juga akan meriset seberapa berpengaruhnya band kamu agar proses produksinya bisa maksimal dan nggak sia-sia.

“Sebenarnya siapapun bisa. Tim riset kami akan melihat seberapa besar massa yang band tersebut. Misal massa yang mereka punya hanya 1000 ya kita juga nggak muluk-muluk, mungkin produksinya hanya sedikit,” ujar Mas Erix, sapaan Erix Soekamti.

Album Boxset Isyana Sarasvati 'LEXICON'
Album Boxset Pee Wee Gaskins 'Mix Feeling'

Sejak awal berdirinya belialbumfisik.com sudah banyak merilis album dengan format boxset dari musisi-musisi tanah air. Di antaranya Risky Febian, NTRL, The Adams, Isyana Sarasvati, Pee Wee Gaskins sampai musisi kawakan seperti Iwan Fals, Ahmad Dhani. Dan yang paling fenomenal adalah bapak patah hati nasional Didi Kempot.

Album Boxset Didi Kempot
 
Related Articles
Entertainment
Kolaborasi dengan Erix Soekamti, Pee Wee Gaskins Rilis Album 'Mixed Feeling'

Entertainment
Album Kompilasi Karya untuk Perjalanan Dua Dekade Mocca

Entertainment
RRI Fest, Cara RRI Gaet Anak Muda Lewat Musik

Meet The Creator



Drian Bintang

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda