Opinion

Susahnya Jadi Viral di Negeri ini

Fidya Citra

Posted on July 31st 2018

Setelah bulan November 2017 yang lalu ada orang-orang yang nggak ada otaknya nyekokin rusa pake minuman alkohol. Pada bulan Maret kemarin muncul mahluk nggak ada kerjaan ngelemparin rokok ke orang utan. Nah, baru-baru ini ada satu lagi contoh manusia yang otaknya udah dituker sama beras, dia lah pengguna Instagram dengan akun bernama @davidapec yang mengunggah videonya saat menghembuskan asap vape ke muka seekor monyet kecil.

Setelah diusut, David melakukan tindakan ini di Batu Secret Zoo, Malang. Dalam instastorynya, David berujar "wenak toh, ayo mbeluk sik le’' (enak kan, ayo ngasap dulu le) sambil menghembuskan kepulan asap dari rokok elektriknya. 

Setelah videonya viral, David minta maaf ke publik. Sayangnya David hanya minta maaf tanpa menjelaskan maksud dan tujuan dari perbuatannya tersebut.

Sejujurnya, gue pribadi ngerasa butuh penjelasan lebih lanjut mengenai maksud dari perbuatannya. Gue bener-bener pengen tahu, apakah yang dia lakuin itu bikin dia seneng?

Bukannya mau nakut-nakutin ya, di Indonesia ada beberapa KUHP yang secara tegas mengatur tindakan penganiayaan kepada hewan. Seperti di pasal 302 KUHP jelas jelas menyatakan bahwa siapapun  yang menganiaya hewan bisa dipenjara hingga 9 bulan. Apalagi menganiaya hewan yang dilindungi negara. 

Kejadian yang udah berkali-kali terjadi di kebun binatang Indonesia bukan hanya karena masalah penjagaan, tapi karena kesadaran yang kurang dari tiap pribadi. Tugas menjaga mahluk hidup bukan cuma tugas pemerintah, tapi juga udah jadi tanggung jawab kita sebagai sesama mahluk hidup.

Rasanya bener kalo semakin lama semakin sulit buat viral, sampai-sampai untuk terkenal di dunia maya harus nyakitin binatang.

Sebenarnya gampang kok menghindari diri kita dari perbuatan-perbuatan nggak ada gunanya gitu, seperti kata Doni Hendaru dari Animal Defenders Indonesia

"We already know what is good and what isn’t good. So just don’t do what isn’t good, okay?”

Related Articles
Opinion
Maaf, Sekadar Mengingatkan

Interest
Trash Tag Challenge Makin Viral, Ayo Tiru Untuk Jaga Kebersihan!

Interest
Makanan Viral yang Mungkin Akan Musnah di 2019!

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI