Sport

Menemukan Pemain Nge-Cheat di PUBG? Laporkan Lewat Ban Pan

Drian Bintang

Posted on December 1st 2019

General Manager of Publishing Department dari Tencent Games Vincent Wang umumkan program Ban Pan. (VGR)

Tencent berupaya menciptakan lingkungan gaming yang sehat antar pemain. Berbagai cara terus mereka lakukan untuk mengeliminasi pemain yang melakukan kecurangan. Yang terbaru, salah satunya dengan membentuk sebuah program terbaru bernama Ban Pan.

Dalam program ini Tencent mengajak pemain melaporkan secara mandiri jika ditemukan cheater. Program ini dilaksanakan oleh Tencent, karena mereka menemukan banyaknya jumlah pemain yang di-ban setiap harinya. Bayangkan saja, ada ribuan pemain yang di-ban karena terbukti telah berbuat curang.

Kecurangan yang terjadi di PUBG sendiri ada bermacam-macam. Biasanya, pemain akan mengaktifkan sebuah mod, alias software yang berfungsi sebagai support bagi pemain yang sedang bermain.

Software inilah yang membuat pemain bisa melakukan beberapa keahlian yang tidak ada di permainan. Kemungkinan kedua, biasanya terjadi ketika pemain melakukan hack atas permainan atau akun mereka di ponsel mereka masing-masing.

Aplikasi yang digunakan untuk hacking mungkin menyerupai aplikasi yang dimainkan pemain lainnya. Namun, di aplikasi tersebut, pemain juga bisa melakukan beberapa trik yang tidak bisa dilakukan oleh pemain lainnya.

Bagi cheater mungkin ada perasaan tersendiri karena menang dengan mudah. Tapi, bagi kalian yang bermain bersih, pasti jengkel sekali jika bertemu dengan pemain yang seenaknya sendiri seperti ini.

Dalam PUBG ada banyak kecurangan yang dilakukan pemain. Salah satunya yang paling menjengkelkan adalah ketika bertemu pemain yang melakukan aimbots. Pemain dengan aimbots akan dengan mudah mengarahkan senjatanya ke arah pemain lain yang menjadi lawan. Bekerja seperti magnet, senjata pengguna aimbot ini seakan enggan menoleh ke lainnya. Sekalipun pemain sedang berlari. Jadi mudah saja bagi mereka pengguna aimbot untuk melakukan headsot dan mendapatkan poin yang lebih besar.

Kecurangan lainnya yang menjengkelkan adalah kemampuan untuk hacking speed. Pengguna peningkatan kecepatan ini untuk bisa menempuh dua titik terujung di peta dalam hitungan detik. Hal ini memberikan keuntungan bagi pemain curang karena karakter mereka seketika berubah menjadi The Flash, yang bisa mendapatkan ammo dan senjata terbaik.

Mereka juga bisa dengan mudah mengetahui posisi pemain lain dan mengambil tindakan. Kalian yang memiliki kecepatan biasa pasti tidak akan bisa berbuat apa-apa.

Program Ban Pan ini diumumkan langsung oleh General Manager of Publishing Department dari Tencent Games Vincent Wang saat berada di Kuala Lumpur. Diumumkan ketika menghadiri hari kedua babak Final PUBG Mobile Cup Open (PMCO) Fall Split Global 2019, Sabtu (30/11) (Baca juga: Bigetron Berpeluang Besar Juarai PMCO Fall Split Global 2019).

Di program ini pemain cukup melakukan report seperti biasa ketika menemukan pemain yang melakukan cheating. Semakin banyak pemain yang melakukan report, maka akan semakin cepat pula verifikasi terhadap cheater dilakukan.

Selain itu, Wang juga menjelaskan bahwa pada 11 Desember mendatang mereka memberikan sedikit adaptasi dalam game. Ini dilakukan untuk mereka yang buta warna. Sehingga, mereka bisa lebih nyaman dalam bermain dan tidak kesusahan membedakan benda karena warnanya yang hampir sama.

Update itu dilakukan karena Wang ingin permainan ini bisa dinikmati oleh semua orang, dari semua kalangan. Termasuk juga menciptakan lingkungan permainan yang sehat, tanpa adanya kecurangan. "Karena semua pemain adalah sama," ujarnya.(*)

Related Articles
Sport
Bigetron RA Resmi Juarai PMCO Fall Split Global 2019

Sport
Dua Tim Thailand Wakili Asia Tenggara di PMCO Fall Split Global 2019

Sport
Bigetron Duduki Posisi Kesembilan di Prelim Ketiga

Meet The Creator



Regina

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda