Interest

Barang Bekas Syuting Star Wars Dilelang, Ada Helm Imperial Stormtrooper Loh!

Drian Bintang

Posted on November 29th 2019

Helm Stormtrooper dilelang menjelang peluncuran The Rise of Skywalker di bioskop. (the Hollywood Reporter)

Dalam rangka menyambut peluncuran film Star Wars: The Rise of Skywalker, Disney dan Lucas Film menggelar lelang. Yang dilelang bukan bakan sembarangan guys. Tapi, barang-barang bekas syutingnya selama ini. Salah satunya ada helm Imperial Stormtrooper. Barang ini dilelang dengan harga minimal USD 60 ribu. Atau setara Rp 846 juta.

Lelang tersebut dilaksanakan secara online di Sotheby mulai Jumat (29/11) hingga 13 Desember mendatang. Tepat, beberapa hari sebelum peluncuran The Rise of Skywalker.

Setidaknya ada 100 barang bekas syuting yang akan dilelang. Barang-barang tersebut ada yang berumur puluhan tahun sejak pertama kali Star Wars pertama kali difilmkan pada 1977 silam.

Barang-barang yang dilelang bukan hanya helm Imperial Stormtrooper, tapi ada bermacam-macam. Mulai barang-barang bekas syuting sampai official poster dan merchandise film Star Wars.

Bagi penggemar Star Wars mengoleksi merchandise film ini merupakan sebuah keharusan. Tak khayal jika banyak merchandise-nya yang selalu laku di pasaran, apalagi ketika dilelang.

Bentuk Helm Stormtrooper yang dijual. (IGN)

Helm Imperial Stormtrooper yang dilelang ini dibuat pada 1976 silam. Ini merupakan prototype helm yang digunakan di film yang keluar pada 1977 lalu. Film tersebut berjudul 'A New Hope'.

Disainernya helm itu adalah Andrew Ainsworth. Helm ini menggunakan bahan plastik. Kombinasi warna putih dan hitam. Dari sekian banyak helm prototype yang diproduksi, hanya beberapa yang ditemukan dan masih terlihat bagus. Sisanya sudah rusak dan tidak terawat lagi. Jadi tak ikut dilelang.

Salah satu helm prototype lainnya adalah helm yang dikenakan Darth Vader  di film 'The Empire Strikes Back' pada 1980 lalu. Tapi helm itu sudah terjual pada September lalu. Helm tersebut berhasil dibawa pulang dengan harga USD 900 ribu, alias Rp 12,7 miliar. Helm Stormtrooper yang sama, juga pernah laku dengan harga USD 200 ribu alias Rp 2,8 miliar.

Hel C-3PO yang dijual dalam lelang juga. (The Hollywood Reporter)

Barang lainnya yang dilelang adalah helm dari C-3PO. Robot berwarna emas itu selalu menemani karakter-karakter dari kelompok resistance dalam melawan Empire. Helm ini digunakan oleh Lucas Film untuk membantu computer mengarahkan animasi yang sesuai untuk karakter tersebut di film.

Helm tersebut terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai kepala robot. Untuk membuatnya terlihat terbuat dari besi, helm tersebut dilapisi cat emas berlapis. Itu yang membuat helm ini  terlihat kokoh, seperti terbuat dari besi.

Helm ini digunakan dalam syuting film ketiga Star Wars, 'Return of the Jedi'. Film ini diluncurkan pada 1983 lalu. Mungkin tidak dijual dengan harga sefantastis Stormtrooper atau pun Darth Vader. Namun, untuk memiliki helm ini kalian tetap harus dimita merogoh kocek cukup dalam. Sebab, helm ini diperkirakan akan laku terjual USD 20 ribu - USD 32 ribu. Nilai itu setara alias Rp 282 juta - Rp 451 juta. Jadi gimana? Tertarik untuk membeli?(*)

Related Articles
Interest
‘Star Wars: The Rise of Skywalker’ Ditargetkan Raup Untung Rp 2,4 Miliar

Entertainment
5 Film yang Wajib Kalian Tonton pada Desember ini

Entertainment
Setelah Rise of Skywalker, Star Wars Hiatus karena Series Disney+

Meet The Creator



Delima Pangaribuan

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda