Entertainment

Terlibat Fanwar, Fans Seventeen Trendingkan Tagar #CARATVEGGIEPARTY

Delima Pangaribuan

Posted on November 29th 2019

Fanwar atau perang antar fans kembali pecah. Buat kalian yang awam tentang dunia KPop, fanwar adalah ajang di mana penggemar antar fandom saling berantem di dunia maya. Beberapa fanwar bahkan disebut paling bersejarah saking gedenya dan panasnya, sampai meninggalkan dendam bertahun-tahun (tsah!). Kali ini, fanwar yang terjadi di media sosial melibatkan Carat (fans Seventeen) dengan ARMY (fans BTS).

 
Ini cukup menarik, karena selama ini Carat hampir nggak pernah terlibat fanwar apa pun. Mereka dikenal sebagai fandom yang santai dan adem ayem di tengah kecamuk fanwar yang biasanya melibatkan fandom-fandom lain yang lebih banyak secara kuantitas seperti EXO-L dan ARMY.
 
Seventeen saat menang Album of the Year AAA 2019. (Pledis Entertainment)

 
Tapi kali ini segelintir ARMY Indonesia (atau yang kerap disebut "INDOMY") memilih untuk "menyenggol" Carat yang menyebabkan mereka akhirnya emosi juga.
 
Semua berawal dari cuitan beberapa ARMY yang merasa heran kenapa Seventeen menang di Asian Artist Award (AAA) 2019.
 

FYI, Seventeen menyabet tiga penghargaan di ajang yang digelar di Vietnam itu pada Selasa lalu (26/11). Salah satunya adalah Album of the Year (Daesang). Ini juga menjadi daesang pertama bagi grup yang debut pada 2015 itu.
 
Sementara, BTS nggak menang di kategori mana pun. Pemenangnya ditentukan berdasarkan vote online para fans, dan berbagai grup yang berbeda memenangkan kategori lain. Misalnya Red Velvet untuk Song of the Year, GOT7 untuk Performance of the Year, dan TWICE untuk Group of the Year.
 
BTS sih memang nggak menang di situ karena kemungkinan mayoritas fans fokus ke acara penghargaan lain. Buktinya, BTS menang tiga kategori sekaligus di American Music Awards (AMA) 2019.
 
Meski demikian, beberapa ARMY masih nggak terima dan berujung menyerang fandom lain. Bahkan yang terbaru, ada salah satu akun yang menyebut Carat dengan julukan "sayuran", mengingat penyebutan fandom mereka memang mirip bahasa Inggrisnya wortel, carrot. Hal itu sempat bikin Carat geram. Tapi, alih-alih ngamuk, Carat malah bikin guyonan dengan tagar #CARATVEGGIEPARTY. 
 
Gambar yang banyak diposting Carat selama #CARATVEGGIEPARTY. (Twitter)
 
Tagar itu sempat trending sepanjang pagi hingga siang ini. Nggak lupa juga mereka mengunggah foto member Seventeen yang lagi pegang wortel dan sayur-sayuran lain. "Oh jadi sekarang Carat dikatain sayuran? Ih lucu tauk, aku suka sayur, suka nanam sayur," cuit @guoh_95. "Gue merasa ada di fandom yang benar. Carat doang yang dikatain sayuran malah dijadikan lelucon. Hidup wortel!" tulis akun lainnya @SenaLee89.
 
Fanwar kali ini bisa dibilang gede juga setelah sebelumnya ada ARMY vs BLINK (fans BLACKPINK) saat pengumuman People Choice Awards (PCA) awal November ini. Gede karena berlangsung lebih dari 24 jam dan menghasilkan berbagai trending. Termasuk keyword BTS is BTS, #ELFBACOT, #EXOLBACOT, dan #SHAWOLREBAHAN. 
 
Lha kok ada ELF, EXO-L, dan Shawol segala? Soalnya ELF (fans Super Junior) dan EXO-L (fans EXO) ikutan nimbrung untuk membela Carat. Sementara Shawol ceritanya cuma nontonin, karena mereka sendiri sebagai fandom jarang ikut-ikutan vote dan menang award tapi tetap santai dan jauh dari keributan.
 
Cuitan yang menyebut Carat "sayuran". (Twitter)
 
Meski menyebabkan fanwar, nggak semua ARMY satu suara. Banyak juga ARMY yang menyampaikan permintaan maaf karena ada teman sefandom mereka yang mengganggu fandom lain.
 
Warganet juga mengingatkan supaya ngefans wajar-wajar saja, nggak usah terlalu memuja sampai-sampai merugikan pihak lain. "Kasian yang ngefans beneran sama idola kalian," cuit Pais @faizsadad. Tuh dengerin, ngefans boleh tapi jangan merendahkan fandom lain ya, guys. Spread love, not hate. (*)
 
Related Articles
Entertainment
Fans 'Seventeen' Rayakan Hari Jadi Fandom lewat #SeventeenCaratDay

Entertainment
Jeonghan SVT Alami Pusing Akut, Fans Naikkan Tagar #GetWellSoonJeonghan

Entertainment
SEVENTEEN Fallin' Flower Puncaki Tangga Lagu Oricon