Interest

Warganet Kecam Deretan Youtuber yang Bikin Konten Prank Ojol

Regina

Posted on November 28th 2019

Belakangan banyak sekali YouTuber iseng bikin konten prank para driver ojol (ojek online). Mereka membuat skenario order makanan dengan harga ratusan ribu. Setelah sampai di lokasi, pesanan tersebut langsung di-cancel. Tujuannya ingin buat nangis para ojol tersebut.

Cuitan @faizadad_ tentang prank ojol

 

Sempat beberapa hari lalu akun @faizadad_ membahas soal prank ojol itu. Saat itu dia screenshot konten Youtube milik hasanjr11 dengan judul ‘Order Pizza 1.000.000 Gw Cancel, Terus Gw Ga Ngaku Kalo Order! Bapak Ini Nangis’. Nah, menurut @faizadad_ tindakan yang dilakukan oleh Youtuber tersebut sangatlah memalukan. Karena dia menertawakan ironi seseorang. 

Video yang sempat ditonton sebanyak 6.2M itu pun sudah dihapus. Faiz pun mengaku pernah berkolaborasi dengan Youtuber tersebut dan mengaku menyesal karena konten yang dibuat Youtuber tersebut sangat buruk. Tidak mengedukasi dan bikin geram orang yang menonton.

 

Cuitan @radenrauf soal prank ojol yang marah (@radenrauf)

 

Nah, semalam (27/11) ada akun @radenrauf yang juga nge-tweet soal konten prank ojol. Kali ini prank dilakukan oleh dua pemuda yang cancel pizza seharga 500 ribu.

Dalam video yang diupload @radenrauf tampak dua orang Youtuber sedang ingin mengerjai salah seorang ojol. Di situ mereka ingin membuat bapak ojol tersebut menangis.

Nah, di video tersebut bapak ojol bukannya menangis tapi malah marah-marah. Di situ bapak ojolnya berkata bahwa tindakan yang dilakukan Youtuber itu tidak manusiawi.

“Masnya jangan seenaknya mempermainkan orang seperti itu. Ini tempat saya mencari nafkah. Yang mas main-mainkan itu tempat saya bekerja, saya menafkahi keluarga dari sini. Jangan mentang-mentang masnya Youtuber lebih tinggi dari saya, jadi bisa main-mainin tukang ojek. Gak bisa kaya gitu!,” katanya dengan raut wajah menahan marah.

Kemudian si Youtuber membayar pizza tersebut dan membayar bonus untuk pak ojol tersebut. Namun, pak ojol masih marah dan mengembalikan uang tersebut dan memberi uang pribadinya kepada Youtuber tersebut sambil berkata, “Apa maksudnya ini? Gara-gara duit segini terus bikin gak bisa menghargai orang gitu? Ini buat masnya saya kasih dua kali lipatnya. Tapi tolong lebih menghargai orang lain. Jangan jatuhin orang! Tolong lebih memanusiakan manusia, jangan seenaknya ngerjain orang kaya gitu,” katanya sambil naik pitam.

 

Mini Interview @radenrauf dengan para ojol

Dari postingan itu, kemudian @radenrauf pun membuat video mini interview dengan para ojol. Di situ, @radenrauf wawancara driver ojol terkait fenomena prank ojol. “Kadang kami pakai uang patungan kalau harus belaja sampai ratusan ribu, karena uang pribadi kami sendiri kurang. Nah, kalau di-cancel gimana kita bisa bayar uang teman kita tadi coba,” tutur salah seorang ojol dalam wawancara tersebut.

Kemudian @radenrauf pun mengajak para Youtuber untuk membuat konten yang berfaedah. Karena prank ojol ini tidak lucu dan mempermainkan perasaan ojol. Mereka bekerja untuk mengantar makanan, bukan jadi badut konten para Youtuber. Jangan hanya demi adsense lantas mempermalukan orang.

Tweet @radenrauf ini kemudian menjadi trending di Twitter dengan tagar #SayNoToPrank semalam, banyak pula yang menaggapi cuitan @radenrauf. Seperti komentar dari salah seorang ojol.

“Yang negprank itu ga ngerasain langsung gimana rasanya udah beli makanan eh pas sampe beneran ga bisa dihubungi penerima, dan alamatnya juga ga ada siapa-siapa. Gua pernah kena sekitar 200 ribu waktu awal ngojol. Ora urus bodo amat gua makan sendiri aja,” tulis salah seorang netizen. (*)

 
Related Articles
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Pemkot Surabaya Sediakan Hand Sanitizer Gratis, Bisa Dipakai di Sini

Interest
Mimin Klub di Eropa ini Kreatif Sikapi Penghentian Liga Akibat Coronavirus