Sport

Keren! Indonesia Kirim Wasit Esports ke SEA Games

Drian Bintang

Posted on November 27th 2019

Stanley Tija wasit asal Indonesia yang dikirim ke Manila, Filipina, untuk mewakili Indonesia. (Instagram) 

Meskipun esports baru dipertandingkan di SEA Games 2019 ini, tapi Indonesia sudah bisa berkontribusi lebih. Dan itu tentu patut dibanggakan. Yup, Indonesia tak sekedar mengirim atletnya di ajang dua tahunan ini. Tapi Indonesia juga mengirimkan wasit untuk cabang esports. Keren kan?

Dia adalah Stanley Tija. Stanley merupakan perwakilan dari Indonesia eSports Association (IESPA). Dia akan berlaga sebagai wasit di pertandingan esports yang digelar di SEA Games 2019. Status Stanley di SEA Games 2019 ini adalah sebagai International Technical Officer. Stanley dikirim karena dia saat ini sudah mengantongi lisensi dari International eSports Federations (IeSF).

Pengumuman ini juga diunggah oleh IESPA di akun Instagram-nya. Mereka menuliskan bahwa Stanley akan bertugas sebagai wasit bersertifikasi Internasional dari Indonesia di SEA Games. Ini tentu merupakan langkah awal yang bisa memacu banyak orang Indonesia lainnya untuk mendapatkan sertifikasi yang sama seperti Stanley. Lisensi itu tak hanya dari IESPA dan Kemenpora, tetapi juga dari IESF.

Menurut berita yang dilansir oleh Indosport, Ketua ESPA Eddy Lim berharap di masa depan banyak wasit dari Indonesia yang sudah bersertifikasi. Sehingga dianggap sah memimpin laga esports di kancah Internasional. ”Ke depannya wasit-wasit esports Indonesia lainnya yang telah mendapat kartu lisensi dari IESPA, Kemenpora, dan ISEF akan memiliki kesempatan yang sama. Menapaki jenjang lebih tinggi sebagai wasit internasional,” ucapnya.

SEA Games sendiri saat ini menghelat beberapa pertandingan esports. Game yang akan dipertandingkan di cabor esport yakni Mobile Legends: Bang-Bang, Arena of Valor, Dota 2, Tekken 7, Star Craft II, dan Hearthstone.

IESPA dan Kemenpora menargetkan timnas Indonesia bisa membawa pulang emas. Terutama untuk game Mobile Legends dan Hearthstone. Seperti yang kita tahu, timnas Mobile Legends terdiri dari pemain Evos Esport yang kemarin memenangkan lomba M1 Mobile Legends: Bang-Bang World Championship.(*)  

Related Articles
Sport
Filipina Rebut Medali Emas Kedua Esports dari Kategori DOTA 2

Sport
Jadwal Lengkap Timnas U-23 di SEA Games 2019

Sport
Menaruh Target Emas Tekken 7 di SEA Games 2019 Lewat Tangan Dingin Meat