Current Issues

4 Situs untuk Bikin Tampilan Presentasi Powerpoint-mu Makin Keren

Vita Kartika

Posted on November 27th 2019

Stres mikirin PPT yang nggak selesai-selesai? Tim mainmain.id punya solusinya! (Pexels)

Tugas kelompok lagi, bikin powerpoint lagi, presentasi di kelas lagi. Duh, tugas bikin presentasi ini memang bisa dibilang tugas yang paling demanding, ya. Selain harus memahami materi, masih harus meringkasnya, terus menjelaskannya di depan teman-teman sekelas. Seringkali, walaupun udah paham materi, jadinya grogi dan terlihat nggak siap. Hayo, siapa yang pernah kayak gitu?

Sebenarnya, kunci dari presentasi powerpoint adalah tampilan visual. Kalau presentasimu bagus dan jelas, audience akan lebih tertarik untuk menyimak, dan kamu sendiri pun akan lebih percaya diri untuk menjelaskan!

Eits, sebelum bikin PPT, pastikan dulu kamu sudah benar-benar paham materinya, ya! (Pexels)

Yang harus kalian pahami, ada alasannya lho kenapa program pembuat presentasi itu namanya powerpoint. Ya, karena, inti dari sebuah presentasi adalah the power of points.

Kamu nggak perlu mencantumkan semua deskripsi tentang materi yang kamu bahas. Teman-temanmu nggak mungkin nyimak, percaya deh! Yang ada malah akan bosan. Selain itu, kalau presentasimu kebanyakan teks, guru pasti akan langsung menganggap bahwa kamu nggak memahami materi, karena kamu presentasi sambil membaca.

Huhu, terus gimana dong?

Tenang, tim mainmain.id hadir untuk memudahkan hidupmu. Syukur-syukur kalau kami bisa bantu kamu meraih ranking satu, hehe. Nih, kami sudah merangkum beberapa situs yang bisa membantu kamu dalam mengerjakan presentasi powerpoint-mu. Wah, apa saja tuh?

PresentationGO

Lihat, tuh, banyak banget pilihan template-nya! (foto:presentationgo.com)

Situs yang satu ini bisa dibilang situs penyedia keperluan powerpoint yang paling ajaib. Udah kayak toserba, mulai dari template, chart, diagram, text, table, timeline, maps, sampai graphics juga tersedia di PresentationGO, lho!

Serunya lagi, kamu juga bisa pilih tema yang sesuai dengan materi yang lagi kamu bahas. Misalnya nih, buat presentasi Biologi, kamu bisa pakai salah satu tema nature. Atau kalau mau bikin presentasi yang kesannya lebih serius, kamu bisa ambil template dari tema business. Langsung download aja, gratis!


Canva

Selain template powerpoint, di Canva kamu juga bisa membuat desain untuk berbagai format tampilan, lho! (foto:canva.com)

Canva ini adalah situs penyedia template design untuk format apapun. Mau itu instagram post dan story, brosur, poster, flyer, blog banner, card, sampai presentasi powerpoint.

Ada desain yang berbayar, tapi ada juga yang free, kok. Dan yang free nggak kalah oke juga. Di Canva kamu bisa langsung memilih template presentasi powerpoint sesuai tema yang kamu butuhkan. Satu template isinya bisa sampai 30 slides! Kamu tinggal urutkan slide-nya sesuai materimu, dan voila! Presentasimu jadi eye-catching, deh!


Flaticon

Gemes-gemes banget, kan, tampilan icon-nya! (foto:flaticon.com)

Bosen nggak sih kalau bikin poin-poin terus penandanya cuma angka 1 2 3, atau huruf a b c, atau malah bulatan-bulatan hitam? Say no more! Di Flaticon kamu bisa cari ribuan icons yang kamu butuhkan buat jadi penanda poin yang mau kamu bahas. Istimewanya lagi, kamu bisa download icons yang setema, jadi tampilannya bakal lebih serupa dari sisi bentuk dan warna.


Pexels

Butuh gambar apapun, tinggal tulis aja keyword-nya di kolom search! (foto:pexels.com)

Yang satu ini nggak khusus untuk bikin presentasi powerpoint aja, sih. Di Pexels, kamu bisa download ribuan gambar dari berbagai tema dengan kualitas high definition. Oleh karena a picture is worth a thousand words, dijamin presentasimu akan makin bagus kalau kamu memilih gambar yang pas! Gimana, udah siap membuat materi presentasi yang pasti bikin teman-temanmu langsung antri untuk nge-copy file-nya?


Related Articles
Interest
8 Rekomendasi Website dan Aplikasi Biar Tugasmu Cepat Selesai!

Current Issues
Plasma Darah Survivor Corona Diujicobakan Jadi Penyelamat Nyawa Pasien Covid-19

Current Issues
5 Tips Digital Detox Agar Tak Ngecek Ponsel Terus