Entertainment

Bilang Tak Punya Darah Indonesia, Agnez Mo Tuai Cibiran Warganet

Delima Pangaribuan

Posted on November 26th 2019

 
 
Lagi-lagi penyanyi solo asal Indonesia Agnes Monica dapat kritik dari warganet, nih. Cewek yang kini lebih dikenal dengan nama Agnez Mo itu dicibir lantaran ngomong bahwa dia tidak punya darah Indonesia. Waduh, kok begitu?
 
Eits, jangan panas kepala dulu, guys. Agnez Mo waktu itu sedang diwawancara sama Build Series soal album terbarunya 'Diamond'. Setelah ngobrolin keberagaman Indonesia yang akhirnya menjadi inspirasi Agnez dalam bermusik, sang presenter lalu menanyakan kenapa Agnez tampak 'berbeda', "You look little different than everybody else," ucap si presenter. Nggak jelas juga yang dia maksud 'everybody else' itu siapa. Agnez lalu menanggapi dengan mengatakan kalau dia berbeda karena tidak punya darah Indonesia asli. Melainkan campuran antara Jerman, Jepang, dan Tionghoa. Tapi dalam wawancara yang aslinya berdurasi 27 menit itu, Agnez bilang kok kalau dia bukannya bilang dia tidak merasa berasal dari Indonesia.
 
 
 
 
Keributan warganet itu dimulai karena potongan video interview itu beredar di Twitter. Beberapa yang membagikan video yang sudah dipotong jadi 44 detik itu adalah Francois Mohede dan Permadi Arya. Mereka menyayangkan kenapa Agnez ngomong seperti itu. Francois sih cuma berkomentar singkat. Sementara Permadi Arya menilai bahwa pernyataan Agnez itu bertentangan dengan definisi "darah Indonesia" itu sendiri.
 
Istilah "darah Indonesia" menurut dia sebenarnya cuma konsensus antara warga negara Indonesia dari berbagai suku. Pernyataan Agnez justru bisa jadi backfires untuk Tionghoa yang selama ini dianggap minoritas dan berusaha agar setara dengan warga negara lainnya. Cuitan tersebut sampai mendapat 1.167 likes dan diretweet sebanyak 552 kali.
 
Ratusan warganet juga langsung gatal jempolnya buat mengomentari pernyataan Agnez itu. Ada yang menghujat, menyindir, tapi ada juga yang membela Agnez. Salah satu warganet, Chairina Chaidir @rinachaidir menduga Agnez cuma salah menangkap pertanyaan. Agnez memahami "beda" yang ditanyakan presenter itu adalah dalam soal fisik. "Gak usah diframing lah, saya yakin di dadanya tetap merah putih," tulis Chairina.
 
#GustiOraSare @Elina_Vay juga berpendapat serupa. Menurutnya kata-kata Agnez cuma "slip of tongue" yang nggak perlu dipermasalahkan. Dia malah heran kenapa cara berpakaian Agnez yang kerap memasukkan unsur-unsur Indonesia seperti batik nggak pernah dibicarakan seheboh ini. "Yang aku tangkap, Agnes hanya mau bilang dia bukan pribumi," cuitnya.
 
Debat kusir itu sempat memunculkan keyword nama Agnes di jajaran trending Twitter pagi ini. Hmm, kalau menurut kalian gimana, nih? Tapi yang jelas, berbagai media sudah pernah membahas hasil penelitian proyek DNA bahwa memang tidak ada orang yang bisa benar-benar disebut pribumi di Indonesia. Jadi, jangan bawa-bawa isu SARA buat keributan ya. (*)
Artikel Terkait
Entertainment
Fanbase Agnez Mo Masuk Top 3 Leaderboards iHeart Awards Bareng ARMY

Entertainment
Haters Bandingkan Dia dengan NIKI, Tanggapan Agnez Mo Berkelas Banget

Entertainment
Agnez Mo Rilis Lagu Baru, Langsung Trending di YouTube dan Twitter