Entertainment

Menang Tour Of The Year AMAs, Ini 6 Fakta yang Harus Kamu Tahu Tentang Tur BTS

Delima Pangaribuan

Posted on November 25th 2019

Baca juga update terbaru seputar AMAs 2019 ini:
Pecahkan Rekor dan Jadi Artist Of The Decade di AMAs, Ini Harapan Taylor Swift
Selamat! Billie Eilish Bawa Pulang Piala AMAs New Artist Of The Year
Tampil 'Sederhana' di Red Carpet AMAs, Agnez Mo Dikritik Warganet

Nama BTS kembali bersinar di kancah anugerah musik internasional. Mereka menyabet tiga penghargaan sekaligus dalam ajang American Music Awards (AMAs) 2019 Minggu (24/11). Antara lain Favorite Duo Group Pop/Rock, Tour Of The Year, dan Favorite Social Artist. Khusus buat dua kategori yakni Favorite Group dan Tour Of The Year, merupakan pertama kalinya diraih oleh BTS di ajang penghargaan musik bergengsi di AS itu. 
 
Meskipun nggak datang langsung, para member BTS tetap menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang mereka bawa pulang lewat video singkat. "Terima kasih banyak. Kami merasa sangat terhormat menerima penghargaan yang sangat penting dan bermakna," ungkap Jungkook dalam bahasa Inggris. "Dan ARMY, kalianlah yang membuat semuanya jadi mungkin dan kami tidak bisa melakukannya tanpa semua cinta dan dukungan kalian dari seluruh dunia," imbuh RM.
 
Penghargaan Tour of the Year sendiri didapat RM dan kawan-kawan berkat tur dunia terbaru mereka yang bertajuk 'Love Yourself: Speak Yourself Tour'. Meskipun bukan ARMY, kamu pasti setuju mereka dapat penghargaan Tour Of The Year ini kalau baca fakta-fakta seputar tur dunia mereka yang paling ciamik ini. Check this out!
 

 
 
1. Terjual hampir satu juta tiket
 
Sejak dimulai Mei 2019 lalu, rangkaian 'Love Yourself: Speak Yourself Tour' ini berhasil meraih pendapatan fantastis. Bahkan mengalahkan konser-konser besar lain di dunia. Melansir Billboard Boxscore, BTS berhasil menjual 978.283 tiket dengan total pendapatan mencapai USD 116,6 juta. Atau setara Rp 1,6 triliun! Angka sebesar itu didapat "cuma" dalam 20 kali manggung aja. Wow...

 
 
2. Perpanjangan dari 'Love Yourself Tour'
 
 
Sebenarnya tur tersebut merupakan sambungan atau extension dari tur BTS sebelumnya yang bertajuk 'Love Yourself'. Tur ini sendiri dimulai pada 25 Agustus 2018 sampai 7 April 2019. Bedanya, kalau tur yang pertama ini BTS ngebawain lagu-lagu dari tiga rangkaian album 'Love Yourself', yakni chapter 'Her', 'Tear', dan 'Answer'. Sementara kalau di 'Love Yourself: Speak Yourself Tour', setlist atau daftar lagu yang dinyanyikan ketambahan dari album terbaru mereka 'Map of the Soul: Persona' yang baru dirilis 12 April 2019. Konser yang pertama ini malah penontonnya lebih banyak lagi, sampai 1,02 juta penonton dalam 42 kali show.
 
 
3. Cetak sejarah dengan tampil di Wembley Stadium
 
Tahu Wembley Stadium? Venue konser di Inggris yang luar biasa gedenya dan hanya artis-artis yang bener-bener hits yang berani tampil di sana. Sebut saja Queen, Michael Jackson, Beyonce, The Beatles, dan Adele. Nyatanya, BTS berani menggelar konser di venue dengan kapasitas 60 ribu orang itu dan tiketnya terjual habis! Dengan dua kali konser pada Juni 2019 lalu, artinya total penontonnya mencapai 120 ribu orang. Padahal sebelumnya banyak pihak yang meragukan kalau BTS bisa sukses tampil di stadion legendaris itu. Gara-gara itu, melansir Korean Herald, BTS pun sempat dapat julukan "The Beatles Abad Ke-21". 
 
 
4. Pertama kalinya tampil di Arab Saudi
BTS saat tampil di Riyadh, Arab Saudi (The Korea Herald)
 
Memang sih BTS bukan artis atau band KPop yang pertama kali tampil di Timur Tengah. Tapi kunjungan BTS ke Riyadh, Arab Saudi, jadi salah satu momen penting dalam sejarah per-KPop-an. Ini  mempertegas bahwa KPop benar-benar sudah masuk ke pasar Timur Tengah. Juga jadi titik balik buat BTS sendiri sebagai salah satu boyband besar yang akhirnya memasukkan Arab Saudi dalam rangkaian tur dunia mereka. BTS sukses tampil di stadium terbesar di Arab Saudi dengan total jumlah penonton kurang lebih 30 ribu orang. 
 
5. Penutupan super memorable di Seoul
(Just Jared)
 
Setelah keliling dunia, BTS akhirnya tetap kembali ke Seoul untuk penutupan rangkaian konser mereka, seperti artis-artis Korea pada umumnya. Tapi, konser terakhir 'Love Yourself: Speak Yourself Tour' ini termasuk yang paling memorable bahkan dalam sejarah KPop generasi ketiga. Digelar selama tiga hari di Seoul Olympic Stadium, total 130 ribu penonton hadir meramaikan konser. Itu bukan cuma penonton dari Korea Selatan lho, tapi dari seluruh dunia, terutama Asia. Skyscanner mencatat jumlah pencarian penerbangan ke Korea Selatan dari berbagai negara Asia meningkat untuk tanggal-tanggal yang bertepatan sama konser BTS di Seoul itu. Yakni tanggal 26-28 Oktober 2019.
 
 
6. Bang Shi Hyuk: "BTS punya konten yang bagus"
 
(Korean Area)
 
Bertepatan sama penghargaan yang diberikan AMA 2019, CEO BigHit Bang Shi Hyuk juga menghadiri ASEAN-Korean Culture Summit di Busan bersama Presiden Korsel Moon Jae-in. Dalam kesempatan itu, sosok yang kerap disapa Bang PD sama ARMY ini menyampaikan alasan di balik kesuksesan konser anak asuhnya. "Kenapa BTS, di antara banyak artis kontemporer lain, bisa melakukannya? Karena kontennya yang bagus. Seperti Live Aid. Baik Live Aid maupun BTS, meskipun dari dua zaman yang berbeda, mereka sama-sama membawa pesan yang penting untuk menjadi berani, hidup, dan memberikan semangat bagi generasi dan eranya masing-masing." Wuidih, tumben omongannya keren, Papi! (*)
 

Baca juga update terbaru seputar AMAs 2019 ini:
Pecahkan Rekor dan Jadi Artist Of The Decade di AMAs, Ini Harapan Taylor Swift
Selamat! Billie Eilish Bawa Pulang Piala AMAs New Artist Of The Year
Tampil 'Sederhana' di Red Carpet AMAs, Agnez Mo Dikritik Warganet

Artikel Terkait
Entertainment
"Love Yourself" a la BTS di PBB

Entertainment
Lelang Mic BTS Akhirnya Laku Rp 1,13 Miliar

Entertainment
Taylor Swift dan Drake Raih Enam Nominasi American Music Awards 2022