Current Issues

Bisa Selamatkan Bumi, IMF Sebut Satu Paus Setara dengan Seribu Pohon

Regina

Posted on November 25th 2019

Paus Ternyata Bisa Simpan Banyak Karbondioksida (New Atlas)

 

Tahukah kamu bahwa keberadaan ikan paus bisa mengurangi karbon yang ada di bumi? Nah, fakta ini ditemukan dari studi yang dilakukan oleh Dana Moneter Internasional (IMF). Dalam studinya, dikatakan bahwa satu paus setara dengan seribu pohon – dilansir dari newatlas.com.

IMF juga mengklaim bahwa ikan paus besar mampu mengambil 33 ton karbon dioksida dari atmosfer. Ikan paus juga bisa membawa karbon itu hingga ratusan tahun. Karbon bahkan bisa terserap dalam bangkai paus yang sudah berada di dasar laut. Jika dibandingkan dengan kemampuan pohon dan hutan yang disebut paru-paru dunia itu, tentu berbanding jauh.

“Satu pohon hanya mampu menyerap kurang lebih 21 kilogram per tahun karbon dioksida,” tutur perwakilan IMF seperti dikutip oleh Telegraph.

Paus-paus besar ini adalah paus biru, paus abu-abu, paus minke, paus sikat Atlantik Utara, dan paus sperma. Keberadaan mereka sangat membatu bumi untuk menurunkan suhu panasnya. Selain itu, paus juga mendukung fitoplankton. Di mana fitoplankton membantu setidaknya 50 persen untuk menghasilkan oksigen, dan menangkap karbondioksida setara dengan 1.7 triliun pohon.

Wow banyak sekali bukan? Ikan paus pun disebut-sebut sebagai aset bumi, karena kehadirannya mampu memperbaiki bumi.

Nah, sekarang para ilmuan mengajak petinggi negara, dan para aktivis lingkungan untuk memperhitungkan keberadaaan paus. Karena hingga sekarang paus masih diburu untuk diambil minyaknya. Diperkirakan populasi paus di perairan dunia ada sektiar 1.3 juta saja. Padahal sebelum ada perburuan, jumlah Paus ada sekitar 4-5 juta ekor di lautan.

Penelitian yang dilakukan oleh organisasi ini jelas bukan lebih mementingkan ikan paus ketimbang menanam pohon. Namun, alangkah baiknya jika penelitian ini digunakan untuk mengurangi perburuan paus dan lebih mengembangbiakannya. Mereka juga menghitung satu ekor paus setara dengan USD 2 juta.

Mereka juga merekomendasi pemerintah agar memberi desakan dan aturan terkait perburuan ikan paus. Karena ini merupakan ancaman bagi bumi dan ekosistemnya. (*)

Related Articles
Current Issues
Perubahan Iklim Sebabkan Dua Pulau Di Sumsel Tenggelam

Current Issues
Anti Plastik, Warga Thailand Belanja Pakai Kandang Ayam sampai Jemuran

Current Issues
Akibat Climate Change, Beruang Kutub Makin Kurus dan Susah Berkembang Biak