Current Issues

3 Fakta Penting yang Harus Kamu Tahu Tentang Hari Guru Nasional 2019

Vita Kartika

Posted on November 25th 2019

Foto: Rawpixel

 

Selamat Hari Guru Nasional 2019! Hari ini, Senin (25/11), seluruh sekolah di seantero Indonesia memperingati hari yang didedikasikan bagi para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Di sekolahmu, biasanya peringatan Hari Guru Nasional kayak apa, sih? Upacara bendera aja nih? Biar makin istimewa, tim mainmain.id mau ngajak kamu buat memperingati Hari Guru Nasional 2019 ini dengan menyimak 3 fakta penting tentang Hari Guru Nasional. Wah, apa saja, tuh?

Lagu Hymne Guru Berawal dari Sebuah Siulan

Sartono, sang guru pencipta lagu Hymne Guru (foto:Tempo)

“Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru. Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku. Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku. Sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianmu. Engkau sebagai pelita dalam kegelapan. Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan. Engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa.”

Hayo, siapa yang otomatis baca paragraf di atas sambil nyanyi? Hehe. Hymne Guru memang bisa dibilang lagu wajib buat para murid. Di Hari Guru Nasional, lagu ini otomatis jadi salah satu yang dinyanyikan pas upacara.

Tapi, tahukah kamu kalau lagu ini mulanya cuma berawal dari sebuah siulan? Dalam keterbatasan alat musik, Sartono, guru asal Madiun menciptakan lagu Hymne Guru ini. Lagu ciptaannya ini lantas memenangkan lomba cipta lagu pada Hari Pendidikan Nasional di tahun 1980 silam. Berkat itu, Sartono dapat kesempatan untuk studi banding ke Jepang. Sayangnya, Sartono sudah meninggal dunia pada 2015 silam akibat komplikasi penyakit yang dideritanya. Terima kasih atas lagunya, pak Sartono sang pahlawan tanpa tanda jasa!


Naskah Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang Out of The Box

Naskah lengkap pidato Mendikbud Nadiem Makarim untuk Hari Guru Nasional 2019. Sangat inspiratif, ya! (foto:Kemendikbud)

Beberapa hari belakangan, viral beredar naskah pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim untuk peringatan Hari Guru Nasional 2019. Istimewanya, naskah pidato ini singkat banget, cuma dua halaman! Hal ini bukan tanpa alasan, lho. “Sebagai anak muda, nggak suka pidato pejabat yang tidak langsung apa adanya. To the point saja,” ucap Nadiem Makarim dalam acara Mata Najwa onstage Sabtu (23/11) lalu.

Nadiem Makarim juga mengawali naskah tersebut dengan permohonan maaf karena pidato yang akan ia sampaikan sedikit berbeda dengan para pendahulunya yang biasanya dipenuhi kata-kata inspiratif dan retorik. Sedangkan Nadiem ingin berbicara apa adanya dan dengan hati yang tulus kepada semua guru di Indonesia.


Hari Guru Nasional 2019 Mengusung Tema ‘Guru Penggerak Indonesia Maju’

Nadiem Makarim usai resmi dilantik sebagai Mendikbud pada Senin (21/10) silam (foto:Katadata)

Guru Penggerak Indonesia Maju, gimana tuh maksudnya?

Melalui naskah pidato yang sama, Nadiem Makarim mengajak para guru untuk bergerak melakukan lima langkah kecil yang bisa membawa perubahan besar. Yaitu mengajak kelas untuk berdiskusi, bukan hanya mendengar; memberikan kesempatan pada murid untuk mengajar di kelas; mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas; menemukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri; serta menawarkan bantuan pada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Dengan cara-cara ini, Nadiem menyampaikan harapannya agar para guru mampu berinovasi dan mewujudkan suasana kelas yang menyenangkan, sehingga para murid bisa lebih semangat dalam belajar. Setuju banget sama Pak Menteri!


Related Articles
Portrait
Dodit Mulyanto Curhat Gaji Guru Kecil dan Administrasi Ribet

Current Issues
Ingat UN Tidak Dihapus! Malah Jadi Penentu PPDB Jalur Prestasi

Current Issues
3 Ide Simpel Mengapresiasi Guru Kesayanganmu di Hari Guru Nasional