Sport

Tundukan Amerta Hangtuah, Satria Muda Pertamina Juara Piala Presiden 2019

Bramantyo Brata

Posted on November 24th 2019

Tim Satria Muda Pertamina Jakarta mengangkat trofi Piala Presiden 2019 (Instagram Satria Muda Pertamina Jakarta)

Arki Dikania Wisnu dan tim bersorak saat laga final Piala Presiden 2019 dinyatakan usai. Tim mereka Satria Muda Pertamina Jakarta sukses keluar sebagai juara malam ini (24/11).

Di laga final, Satria Muda Pertamina menyudahi perlawanan Amerta Hangtuah dengan skor 51-43 di Sritex Arena Solo. Hasil ini diperoleh anak asuh Milos Pejic setelah tampil mendominasi pada final kali ini.

Sejak awal laga Satria Muda Pertamina sudah memimpin perolehan angka. Christian Gunawan yang menjadi motor serangan bagi Satria Muda Pertamina sukses mengalirkan bola kepada rekan-rekannya, yang akhirnya berbuah poin. Paruh awal laga selesai dengan skor 22-11 untuk keunggulan Satria Muda Pertamina.

Memasuki kuarter ketiga kedua, tim saling jual beli serangan. Terjadi hujan three-point pada kuarter ini. Kelly Purwanto dan Abraham Wenas sama-sama berperan menyumbang angka bagi timnya untuk dapat mengejar ketertinggalan.

Sayangnya tembakan three-point buzzer beater Arki Wisnu kembali memperlebar jarak angka. Skor 38-30 bertahan untuk Satria Muda Pertamina sampai akhir kuarter ketiga.

Amerta Hangtuah mencoba tancap gas di kuarter akhir. Tembakan tiga angka Stevan Wilfredo Nino sukses memperkecil margin skor menjadi selisih 4 poin saja. Hal ini membuat Coach Milos mengambil time out.

Setelah time out dilakukan, Satria Muda Pertamina justru kembali pada performa terbaiknya. Memanfaatkan turnover lawan, Kevin Yonas Sitorus menambah keunggulan Satria Muda Pertamina dengan easy lay-up. Pertandingan akhirnya usai dengan skor 51-43 untuk kemenangan Satria Muda Pertamina.

Arki Wisnu sebagai kapten tim menunjukan bahwa dirinya mampu membawa Satria Muda Pertamina menjuarai turnamen pre-season ini. Ia juga menjadi momok bagi lawan dengan mencetak 13 poin.

Gelar juara yang diperoleh Satria Muda Pertamina ini akan menjadi modal baik untuk menatap musim IBL 2020 nanti. Meskipun sebenarnya apa yang terjadi di Piala Presiden ini tak bisa sepenuhnya jadi patokan. Sebab di turnamen ini tim peserta tak diperbolehkan menggunakan pemain asing.(*) 

Artikel Terkait
Sport
Piala Presiden Basket Jadi Turnamen Pra-musim IBL 2020

Sport
Sitha Marino: Warga Negara Italia yang Ingin Membela Timnas Indonesia

Sport
Mantan Pemain Basket Profesional yang Kini Terjun ke Dunia Pelatih