Interest

Facebook Siapkan 'Facebook Pay', Bisa Juga Digunakan di WhatsApp dan Instagram

Drian Bintang

Posted on November 22nd 2019

Facebook Payment memperbolehkan penggunanya untuk mengirim uang melalui media sosial. (Express)

Pembaruan terus dilakukan oleh sejumlah aplikasi yang ada di smartphone kalian. Salah satunya dilakukan oleh platform media sosial Facebook. Perusahaan tersebut akan memberikan pembaruan kepada beberapa media sosial yang masih masuk grup perusahaannya.

Mengingat banyaknya pengguna yang memanfaatkan media sosialnya untuk berjualan, baik di WhatsApp, Facebook, maupun Instagram, Facebook akhirnya berinisiatif untuk membuat fitur Facebook Pay. Dengan fitur pembayaran ini pengguna bisa langsung mengirim sejumlah uang ke pengguna lainnya.

Masih belum ada penjelasan secara resmi bagaimana fitur Facebook Pay bekerja. Namun, kemungkinan besar fitur tersebut tidak jauh berbeda dari fitur transaksi berbasis online lainnya. Seperti Go-Pay, Ovo, Link aja, dan lain-lain. Untuk melakukan transaksi, pengguna harus mengisi saldo yang ada di akunnya terlebih dahulu. Barulah pengguna tersebut, bisa mengirim uang melalui chat yang ada di media sosial grup Facebook.

Rencananya fitur Facebook Pay tersebut akan diluncurkan versi Beta-nya di iOS. Tapi, sampai saat ini Facebook belum memberikan penjelasan lebih lanjut terkait bagaimana fitur tersebut diluncurkan. Mereka juga belum mengungkap kapan pengguna bisa mengunduh aplikasi tersebut di iPhone mereka.

Pembaruan lainnya dilakukan di WhatsApp. Pembaruan tersebut, dilakukan kepada pengguna yang akan memblokir pengguna lainnya yang ada di buku kontak. Fitur tersebut bernama Blocked Contact Notice.

(Daily Mail) 

Cara kerjanya, ketika kalian memblokir salah satu pengguna di kontak, secara otomatis WhatsApp akan memberikan notifikasi. Layaknya ada chat yang masuk. Notifikasi tersebut untuk memberi tahu pengguna bahwa dia telah memblokir kontak tersebut dari percakapan di WhatsApp.

Ini juga akan tertera di laman percakapan antara pengguna dan pengguna lainnya yang sudah diblokir. Eits, tapi jangan takut ketahuan. Notifikasi tersebut hanya muncul di laman percakapan kalian saja kok. Tidak akan terlihat ke pengguna yang kalian block.

Notifikasi tersebut juga berisi pesan tawaran dari WhatsApp kepada kalian. Jika di kemudian hari kalian hendak membuka kembali blokir yang sudah kalian lakukan, caranya akan lebih mudah, ketimbang harus mencari di kontak, ataupun melihat di settings. Cukup menuju ke laman percakapan pengguna yang diblokir, dan pilih ‘buka blokir’ di pilihan notifikasi yang ada di laman  tersebut. (*)

 

Related Articles
Tech
Rilis Tab Facebook Shop demi Dukung Usaha Kecil

Current Issues
Facebook Pay Bakal Masuk Indonesia, Ini Kelebihannya

Interest
Uji Coba Dark Mode WhatsApp Masih Banyak Bug