Current Issues

World Hello Day: Saling Menyapa Demi Perdamaian Dunia

Vita Kartika

Posted on November 21st 2019

Kapan terakhir kali kamu menyapa dan berkenalan dengan orang baru? (Rawpixel)

Kata 'hello' saja ternyata sampai dibuat hari peringatan dan dirayakan lebih dari 180 negara?

Serius, nih? Memangnya, apa yang spesial dari 'hello'?

Yang diperingati bukan semata-mata kata 'hello'-nya, guys, tapi kata 'hello' sebagai sapaan pembuka yang akan mengarahkan kita ke perbincangan lebih lanjut dengan orang lain.

Awalnya, gagasan tentang World Hello Day muncul pada 1973, saat McCormark yang merupakan mahasiswa tingkat akhir Universitas Harvard memiliki keprihatinan mendalam terhadap perang Yom Kippur, yang berlangsung antara Israel dengan negara-negara Arab.

Lalu, apa hubungannya perang dengan ucapan halo?

Dalam Harvard Crimson, McCormack menyampaikan bahwa perlu ada gerakan untuk menyadarkan masyarakat tentang betapa pentingnya komunikasi interpersonal dalam menciptakan dan memelihara perdamaian.

Kok jauh banget? Emang ada hubungannya?

Eits, jangan salah. Banyak lho, perselisihan yang terjadi karena salah paham komunikasi dan karena masalah tersebut tidak segera dibahas bersama untuk dicari jalan keluarnya. Kamu sendiri pasti pernah kayak gini juga, kan? Karena itu perlu gerakan bersama untuk membangun komunikasi interpersonal.

Terus, gimana nih caranya merayakan World Hello Day?

Nah, ini yang seru! Hari ini, tiap individu diharapkan untuk menyapa setidaknya 10 orang yang lewat awalan kata ‘hello’. Lebih bagus lagi kalau kamu menyapa orang yang tidak kamu kenal sebelumnya, itung-itung sekalian menambah teman!

Dengan mengucapkan kata ‘halo’, kita bisa melanjutkan perbincangan sesuai topik yang dua belah pihak sama-sama minati dan pahami. Dimulai dari satu kebaikan kecil, nantinya bisa jadi kebaikan bersama. Gimana, sudah paham kan hubungan dari kata ‘hello’ dengan perdamaian dunia? So, let’s start say hello!

Related Articles
Current Issues
Jenis Masker Ini Paling Cocok Dipakai Untuk Memudahkan Berkomunikasi

Tech
Aplikasi Gmail Sekarang Bisa Lakukan Voice & Video Call Langsung

Tech
Elon Musk Siapkan Rp 436,7 Triliun untuk Proyek Internet Satelit Starlink