Entertainment

[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Afrieza Zaqi

Posted on May 1st 2018

Avengers: Infinity War (2018) | Marvel Studio

 

 

WRITTEN BY: AFRIEZA ZAKI

 

[SPOILER ALERT] Secara logika, munculnya film Avengers: Infinity Wars (2018) akan menarik penonton, termasuk saya, untuk makin cinta dengan karakter superheronya Marvel. Seperti Ironman, Captain America, Black Panther, Spiderman hingga dr. Strange. Namun, film yang satu ini kok justru membuat penonton bertindak nggak kayak biasanya ya?

Alih-alih mengelu-elukan para superhero, penonton justru lebih suka dengan karakter antagonis utama dari film ini. Yap, Thanos.

Thanos, villain terfavorit dalam Avengers: Infinity War (2018 | Marvel Studio

Selain kerennya Josh brollin dalam memvisualisasikan Thanos dari komik menuju film, penonton dibuat takjub dengan karakternya yang sedikit berbeda dengan villain lain. Hampir 90 persen villain memiliki visi dan misi menguasai sesuatu dan memanfaatkan semuanya untuk kepentingan sendiri. Namun hal ini tak berlaku untuk Thanos.

Makhluk yang berasal dari planet Titan ini memiliki visi dan misi yang justru sebenarnya mulia. Ia nggak pengin ada makhluk di alam semesta mengalami kesengsaraan sama seperti dirinya ketika berada di planet Titan.

Karena dirasa nggak cukup hanya dengan mengandalkan kemampuannya, ia pun membuat aliansi yang disebut Black Order agar mampu merealisasikan misinya tersebut. Lalu, caranya bagaimana? Ah, kamu bisa cari tau jawabannya di dalam film. Karena bukan itu yang pengin saya tulis di sini.

Fictional character seperti Thanos ini sebenarnya bukan hal yang baru. Banyak banget film yang menceritakan kisah pemeran antagonis yang punya tujuan baik di balik semua kelakuan jahat mereka. Tapi, rasanya cuman Thanos yang dielu-elukan penonton. Kebetulan kah?

Saya sih termasuk yang percaya ini bukan kebetulan. Marvel sudah merancangnya!

Di dalam komik, diceritakan bahwa Thanos berulangkali membantu Avengers untuk menyelamatkan alam semesta. Salah satunya pada komik Thanos #10. Ia bersama Ms Marvel, Vision, Jane Foster -yang merupakan kekasih Thor- hingga Ironheart turut menyelamatkan dunia ini. Bahkan kalimat “Avengers Assemble” pun diucapkan dengan lantang oleh Thanos untuk menyemangati skuad Avengers.

 Avengers on Avengers: Infinity War (2018) | Marvel Studio

Kembali ke film, Marvel sepertinya sengaja “menggiring” penonton untuk menikmati film ini dari sudut pandang berbeda. Secara nggak sadar, di film Avengers: Infinity War (2018), penonton diajak untuk mengetahui lebih jauh tentang Thanos dari latar belakang, visi, misi hingga goals yang sukses ia dapatkan.

Semuanya nggak dilakukan secara tersurat saja melalui adegan Thanos dalam film ini. Namun, beberapa scene lain juga membahas pemimpin Black Order ini secara tersirat. Boom!

Mindset penonton pun tergiring ke arah cerita Thanos sepanjang film ini diputar. Terbukti, Thanos mengalahkan elektibilitas peran karakter-karakter senior seperti Ironman, Captain America hingga Black Panther yang kemarin sukses berat merajai Box Office beberapa minggu di Indonesia maupun seluruh dunia.

Ada satu hal lagi yang menurut saya breakthrough di dalam film berdurasi 2,5 jam ini. Jika diperhatikan baik-baik, hampir seluruh film Superhero akan berakhir dengan kemenangan karakter utamanya, meskipun karakter antagonisnya sempat memenangi pertarungan di tengah laga. Yeah, boring.

Namun hal ini nggak terjadi dalam Avengers: Infinity Wars (2018). Tanpa bermaksud spoiler, Thanos terlalu tangguh untuk dikalahkan Avengers dalam film ini.

Belum lagi, ia juga menghapus stigma bahwa karakter penting maupun sidekick di film superhero nggak bisa mati. Di film ini, Thanos ibarat “perusak harga pasar”. Kemunculannya bikin ketar-ketir para diehard fans superhero Marvel, tapi juga jadi angin segar dengan plot cerita superhero yang selalu itu-itu aja. It’s cool!

Itulah beberapa alasan yang membuat Thanos sangat dinanti kehadirannya di sekuel Avengers ke-4 mendatang. Bahkan, bisa diprediksi bahwa penjualan tiket Avengers: Infinity Wars (2018) akan dikalahkan oleh sekuel Avengers ke-4. Kita tunggu aja apa yang akan terjadi pada kisah para Avengers selanjutnya. (afr/ash)

Related Articles
Entertainment
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Spider-Man: Into the Spider-Verse!

Entertainment
Penampilan "Oke" Tom Hardy Sebagai Venom

Entertainment
Siapkan Kata “Selamat Tinggal” Untuk Film Franchise Ini

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI