Entertainment

Nggak Masuk Nominasi Grammy, Fans BTS dan Blackpink Kecewa karena Ngerasa Di-PHP

Delima Pangaribuan

Posted on November 21st 2019

 
Dua grup asal Korea Selatan, BTS dan Blackpink, begitu banyak dapat sorotan media internasional tahun ini. Nggak terkecuali di Amerika Serikat. Deretan pencapaian dan prestasi itu jelas bikin para fans mereka, ARMY dan BLINK berharap grup kesayangannya bisa menembus perhargaan bergensi di Amerika Serikat buat musik, yakni Grammy.
 
Nyatanya, saat pengumuman nominasi tanggal 20 November 2019, nggak ada satu pun nama BTS maupun Blackpink muncul di kategori nominasi. Hal itu jelas bikin para fans kecewa dan seperti merasa di-PHP-in. Soalnya, sejak sehari-dua hari sebelumnya, jas BTS waktu bawain speech di PBB sudah dipajang di Museum Grammy. 
 
Buzzfeed Daebak juga akhirnya menulis, undangan Recording Academy untuk BTS beberapa waktu lalu itu cuma buat naikin popularitas acara aja. Sementara itu, Blackpink digadang-gadang masuk nominasi best new artist karena jumlah viewers videonya yang menembus 1 miliar penonton.

 
Kekecewaan itu langsung ditumpahkan para fans di media sosial. Bahkan, melansir Billboard, sejumlah artis juga turut menyampaikan pendapatnya yang ngerasa ada yang nggak beres sama absennya BTS dan Blackpink di Grammy. Salah satunya adalah Halsey, solois yang sempat berkolaborasi dengan BTS untuk lagu 'Boy Wit  Luv'. 
 
"Hapus dan abaikan semua yang negatif. BTS berhak atas banyak nominasi. Aku bagaimanapun nggak kaget kalau mereka kurang dikenal. (Industri) Amerika Serikat sangat ketinggalan jauh dalam seluruh gerakan ini. Waktunya bakal tiba," cuit Halsey dini hari ini. Sampai artikel ini ditulis, cuitan tersebut sudah dapat like 232 ribu kali dan retweet 82 ribu kali.
 
Pemilik akun @souljennie menulis: "Blackpink meraih banyak sekali dalam tiga tahun karir mereka dan cukup dikenal dan dipertimbangkan bahkan untuk nominasi Grammy versi Forbes, Billboard, dan Time Magazine. Itu saja sudah pencapaian besar sendiri, aku bangga sama mereka."

 
Sementara itu, musisi Pakistan Tallie Dar @talliedar bercuit: "Fans BTS, biar saya kasih tahu faktanya. Mereka nggak pernah menominasikan BTS untuk #GRAMMY's atau Album of the Year. Musik (BTS) nggak dalam bahasa Inggris dan mereka bias ke aritis-artis Inggris. Grammy merasa nggak nyaman membiarkan minoritas menang. Kapan kalian terakhir kali lihat orang Asia menang Grammy? Acara ini sudah dicurangi."
 
Tagar #ThisIsBTS juga langsung trending pagi ini. Melansir Soompi, fans juga gotong-royong mengembalikan lagu-lagu BTS ke chart iTunes saking marahnya. "Kita BAKAL pastiin BTS menutup  tahun ini dengan worldwide best selling album 2019. Aku ingin industri benar-benar malu karena album Korea yang mereka remehkan itu terjual habis mengalahkan semua manipulasi dan pemutaran radio yang bisa dibeli," cuit @del_bangtan. 
 
Sebagai penutup, ada cuitan menarik dari akun @mintyoonz: "Ingat yang dibilang Drake di Grammy tahun lalu. Kalau kamu membuat orang menyanyikan lagumu kata demi kata, kalau kamu pahlawan di kota asalmu, kalau orang-orang yang punya pekerjaan rela keluar di tengah hujan dan salju untuk nonton pertunjukanmu, kamu nggak perlu ini (Grammy). Kamu sudah menang."
Related Articles
Korea
Wow, Seorang Army Bisa Habiskan Rp 20 Juta Setahun untuk Idolanya!

Entertainment
Grammy Umumkan Nominasi Bulan Depan, Siapa Saja Artis KPop Potensial?

Entertainment
Kalah di PCA, ARMY Bersatu Geruduk Chart iTunes dan Vote Award Ramai-ramai