Interest

Tarik Minat Turis Asing, Kerokan Jadi Program Wisata Kebugaran Khas Indonesia

Vita Kartika

Posted on November 20th 2019

Kerokan di punggung dipercaya bisa menghilangkan masuk angin. Pernah mencoba? (Unsplash)

 

Jika Tiongkok punya terapi akupuntur, Indonesia juga punya pengobatan alternatif yang nggak kalah manjur. Dengan uang logam yang ditekankan ke punggung, kepala, atau bagian tubuh lainnya, dalam sekejap masuk angin, badan capek, hingga sakit kepala pun reda. Yup, kerokan memang sudah turun-temurun diyakini khasiatnya. Tapi, tahukah kamu kalau Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto punya rencana untuk menjadikan kerokan sebagai salah satu daya tarik wisata kebugaran Indonesia?

Ide ini dicetuskan Terawan dalam acara peluncuran Health Tourism di Hotel Kempinski, Jakarta, kemarin (19/11). Menurutnya, wisata kebugaran dan jamu bisa jadi nilai plus dan pembeda yang unik dari Indonesia karena tidak umum dilakukan di negara lain. Benar juga, ya! Karena kerokan memang bukan cuma tentang kesehatan, tapi juga ada nilai budaya dan kebiasaan dari masyarakat.

 

Koin yang sering digunakan sebagai alat utama untuk kerokan (Orami Parenting)

 

Tak main-main, Terawan sangat antusias dengan prospek dari bisnis ini. Ia menggambarkan, misalnya saja ada 10 kasur dengan waktu pelayanan sekitar 20 menit, lalu dilanjutkan dengan pijat atau hidangan jamu, pasti layanan tersebut laris manis. Ia bahkan sudah menyiapkan nama branding agar kerokan jadi popular di kalangan turis mancanegara, yaitu sebagai ‘tato sehat’. Wah, kreatif juga ya pak Menteri ini!

Wisata kebugaran dan jamu rencananya akan mulai diluncurkan di beberapa destinasi wisata terlebih dahulu, yaitu Yogyakarta, Solo, Semarang, Bali, dan Jakarta. Lucu juga, ya, kita yang anak muda seringkali malu kalau bekas kerokan kelihatan, tapi ternyata hal ini malah jadi daya tarik buat turis asing. Kalau kamu sendiri, suka kerokan, nggak? Bagaimana pendapatmu? Yuk tulis di kolom komentar!

Related Articles
Interest
Taman Nasional Lorentz Jadi Google Doodle, Ini yang Wajib Kalian Tahu!

Interest
Isi Libur Panjangmu dengan Hunting Foto di 5 Spot Keren Surabaya

Interest
Jangan Travelling sebelum Kamu Install 6 Aplikasi ini