Current Issues

Zodiak dan Ramalan Bintang: Fakta yang Bisa Dipercaya atau Tipuan Belaka?

Benarkah Zodiak Bisa Menentukan Sifat dan Nasib Kita?

Vita Kartika

Posted on November 19th 2019

 

Demanding banget, dasar Virgo!”

“Paham lah kenapa dia indecisive, soalnya Libra!”

“Aku tuh nggak cocok sama dia. Dia kan Aries!”

 

Sering mendengar teman dekatmu mengaitkan sifat pribadi seseorang dengan zodiaknya? Atau jangan-jangan, kamu sendiri pun begitu? Apa benar zodiak kita menentukan sifat hingga nasib kita?

Sejauh ini, memang belum pernah ada yang bisa sepenuhnya membuktikan secara ilmiah bahwa ramalan bintang menentukan nasib, percintaan, karier, keuangan, kesehatan, atau bahkan peruntungan seseorang. Lantas, kira-kira, kenapa sih, kita masih begitu percaya dengan ramalan bintang?

Dari sudut pandang psikologis, fenomena ini dikenal sebagai Barnum statement. Pernyataan-pernyataan dalam ramalan bintang biasanya bersifat umum dan samar, sehingga bisa berlaku untuk siapa saja. Misalnya, Pisces disebut sebagai zodiak yang penuh kasih. Tapi lantas apakah Aries atau Taurus nggak bisa menjadi pribadi yang penuh kasih? Faktanya, siapapun bisa saja bilang bahwa dirinya adalah orang yang penuh kasih.

Hal ini menyebabkan terjadinya efek Barnum. Yaitu bahwa sebagai manusia, kita cenderung mengamini segala informasi yang khusus ditujukan kepada kita sebagai suatu kebenaran yang “wah gue banget nih!”, karena informasi tersebut cocok dengan apa yang kita alami, percayai, atau rasakan.

Bagaimanapun juga, secara historis, zodiak-zodiak yang kita kenal tersebut memang berasal dari nama-nama rasi bintang yang sungguh-sungguh ada sejak tahun 400 masehi, lho. Eits, tapi jangan sampai tertukar istilahnya, ya! Kalau astronomi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengamati benda-benda langit secara ilmiah, astrologi justru bukanlah cabang keilmuan. Astrologi berusaha mengaitkan pergerakan bintang, bulan, dan planet dengan kehidupan manusia melalui perhitungan dan ramalan berdasarkan 12 zodiak yang ada.

Gimana? kamu sendiri termasuk orang yang percaya atau justru nggak peduli dengan ramalan bintang? Apapun itu, yang perlu kamu pahami adalah bahwa terdapat banyak aspek yang saling berkaitan dalam menentukan sifat, kepribadian, nasib, apalagi masa depan kita. Bukan cuma zodiak; ada juga faktor biologis, fisik, keluarga, sosial, budaya, lingkungan, dan lain-lain. 

Related Articles
Current Issues
Zodiak Hari ini: Kebiasaan Buruk Seseorang Berdasarkan Astrologi

Interest
Zodiak Hari ini: Cara Menghadapi Putus Cinta Sesuai Zodiakmu

Interest
Dengerin deh: Rekomendasi Lagu Selama Social Distancing Sesuai Zodiakmu