Sport

Kemenangan Marquez di Valencia Bikin Repsol Honda Raih Triple Crown

Mainmain.id

Posted on November 17th 2019

Gelar juara dunia memang sudah digenggam, tapi Marc Marquez tetap tampil maksimal di MotoGP Valencia 2019, Minggu (17/11). Start dari posisi tiga, Marquez akhirnya bisa menyempurnakan gelar juara dunianya dengan meraih podium pertama di Sirkuit Ricardo Tormo.

Beberapa saat setelah start, Marquez sempat berada di posisi enam. Tapi dia terus merangsek hingga di lap kedua berhasil mengambil alih posisi dua yang ditempati Jack Miller. Berada di posisi dua membuat Marquez terus menempel Quartararo. 

Memasuki lap keempat, Quartararo dan Marquez mulai lepas dari rombongan. Marquez tidak membiarkan Quartararo memimpin terlalu jauh di awal balapan. Jarak antara keduanya pun berjeda hampir setengah detik. Marquez terus mendekat dan memberi tekanan kepada Quartararo.

Marquez akhirnya bisa menyalip Quartararo di tikungan 11, saat memasuki lap delapan. Satu lap kemudian The Baby Alien sudah unggul lebih dari 0,5 detik atas Quartararo.

Marquez tak mau melepas MotoGP Valencia karena dia termotivasi membawa Repsol Honda mengalahkan Ducati dalam perebutan gelar juara dunia tim.

Kemenangan Marquez pun akhirnya bisa mewujudkan triple crown atau treble di MotoGP 2019. Kepastian ini didapat setelah Marquez menang dan Jorge Lorenzo finis di posisi 13 pada balapan MotoGP Valencia 2019. Dari hasil keduanya Repsol Honda mendapatkan 28 poin tambahan.

Total Repsol Honda mengoleksi 458 poin di klasemen akhir tim. Repsol Honda unggul 13 poin atas Ducati di akhir musim MotoGP 2019. Ini terjadi setelah pembalap Ducati Andrea Dovizioso hanya mampu finis di posisi empat. Sementara Danilo Petrucci malah gagal finis.

Dengan meraih gelar juara dunia tim musim ini, Repsol Honda berhasil meraih triple crown. Sebelumnya gelar juara dunia pebalap lewat Marquez. Juga merebut gelar juara dunia konstruktor. Wah keren ya Honda?

MotoGP Valencia 2019 ini juga merupakan perpisahan buat Jorge Lorenzo. Seperti diketahui, Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari kelas Grand Prix usai berkiprah selama 18 tahun di dalamnya. Hingga tulisan ini dibuat, belum ada keputusan dari Repsol Honda siapa pengganti Lorenzo, sekaligus partner buat Marquez (baca: Siapa yang Pantas Mendampingi Marc Marquez di Repsol Honda Musim Depan?).


Related Articles
Sport
MotoGP Gelar Virtual Race Tanpa Rossi

Sport
Honda Resmi Rekrut Alex Marquez

Sport
Marquez Brothers dan Vinales Bantu Penanganan Pasien Coronavirus di Spanyol