Sport

Philadelphia Fusion Siapkan Arena Esports Terbesar, Lebih Mahal dari GBT

Dibangun dengan Dana USD 50 juta

Drian Bintang

Posted on November 17th 2019

Arena Esports Philadelphie Fusion, yang masih berada di tahap pembangunan.

Baru-baru inbi, tim Philadelphia Fusion di Amerika Serikat sedang membuat venue esports terbaru di kampung halamannya. Ini akan menjadi arena esports yang terbesar, sekaligus yang paling mumpuni di Philadelphia.

Menariknya lagi, arena esports tersebut dibuat dari bangunan yang sudah ada sebelumnya. Bangunan tersebut, dulunya merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Philadelphia. Dengan mengeluarkan budget USD 50 juta (sekitar Rp 703 miliar), pusat perbelanjaan itu disulap menjadi sebuah arena esports yang paling mutakhir. Dari sisi jumlah penonton, bisa menampung 3,5 ribu orang di dalamnya.

”Kami membangunnya dari awal, pokoknya gedung (pusat perbelanjaan) itu harus bisa mendukung kegiatan esports yang akan diadakan di dalamnya,” jelas ucap Wakil Presiden Spectra Brian Esposito, yang menjadi pihak ketiga yang memasarkan arena tersebut.

Selama ini kejuaraan esports di sejumlah negara memang kerap bermasalah dengan kursi tribun. Seringkali panitia kejuaraan esports terkendala dengan posisi tribun. Sebab kejuaraan esport biasanya dibagi dalam dua lokasi. Bentuk arena yang melingkar biasanya membuat panitia terpaksa harus menutup beberapa kursi tribun.

Biasanya memang setting tempat untuk kejuaraan esport menggunakan dua zona. Satu zona yang digunakan oleh para atlet untuk bermain. Sedangkan zona lainnya digunakan sebagai panggung.

Nah, tribun di belakang panggung dan di belakang arena inilah yang harus dikosongkan. Sebab jika digunakan, penonton tidak akan melihat apa-apa. Akhirnya banyaknya jumlah kursi di arena tersebut pun tidak digunakan secara maksimal. Dampaknya, penonton yang diperbolehkan masuk pun jadi terbatas.

Oleh karena itu, arena yang dibuat Philadelphia Fusion nanti akan didesain sedemikian rupa. Sehingga, semua penonton yang hadir bisa menikmati jalannya pertandingan secara maksimal. Juga tidak ada lagi kursi yang tidak digunakan penonton karena terhalang oleh backdrop panggung.

Espasito juga menjelaskan, desain interior yang membuat atlet dan penonton nyaman bukan satu-satunya hal yang masuk ke pemikiran mereka. Ia ingin, semua orang yang baru saja melihat bentuk arena tersebut tercengang. Meskipun, baru melihat di sisi luarnya saja.

Arena Esports Philadelphia Fusion, yang masih berada di tahap pembangunan

Oleh karena itu, Espasito pun akan berkonsentrasi untuk membenahi eksterior desain bangunan. Bangunan tersebut akan memiliki warna dasar hitam. Bukan hitam biasa. Espasito ingin gedung tersebut memiliki pancaran tersendiri sebagai arena mewah.

Itu dibuktikan dengan penambahan kesan metalik di cat yang akan digunakan. Arena ini, akan memiliki kesan yang sama ketika penonton berkunjung ke Mercedes-Benz Stadium.

Arena ini akan dilengkapi dengan pintu masuk yang sangat luas. Mencapai 1,8 kilometer. Di sana bakal ada beberapa penjual tiket di daerah pintu masuk.

Kursi eksklusif juga disiapkan untuk penggemar. Beberapa televisi LED tersebar di seluiruh penjuru arena. Tujuannya untuk memfasilitasi penonton yang tertampung lagi di dalam arena. Targetnya arena ini seleai dibangun pada 2021.

Sekedar diketahui, Philadelphia Fusion adalah tim esports profesional yang berfokus digame Overwatch. Basis tim ini di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Philadelphia Fusion adalah tim pertama yang menciptakan arena khusus mereka sendiri. Selama ini pertandingan di Liga Overwatch digelar di Blizzard Arena, California.

Jika biaya pembangunan arena ini setara Rp 703 miliar, berarti lebih mahal dari biaya pembangunan Gelora Bung Tomo, markas klub sepak bola Persebaya. Dikutip dari berbagai sumber, biaya pembangunan GBT senilai Rp 500 miliar. Keren banget ya perkembangan esport di luar negeri. Investasinya begitu besar.(*)

Related Articles
Sport
Ujicoba Jelang SEA Games, Garuda Muda DOTA2 Gugur di WESG 2019

Sport
Berhasil Revans dari RRQ, Evos Juarai MPL Season 4

Sport
Jadwal Lengkap Pertandingan Esports di SEA Games 2019