Current Issues

Apple Hapus Semua Aplikasi dan Game Terkait Vaping

DBL Indonesia

Posted on November 17th 2019

Apple membuat kebijakan yang mengagetkan banyak pihak. Mereka dengan tegas menghapus seluruh aplikasi yang berkaitan vaping. Vaping merupakan istilah yang merujuk pada aktivitas menghirup uap dari rokok elektronik (e-cigarette) atau perangkat vaping lainnya.

Kebijakan ini diberlakukan oleh Apple sebagai tindak lanjut dari peringatan para ahli kesehatan tentang penyebaran produk dan informasi vaping atau rokok elektrik.

Ya, di Amerika Serikat penggunaan rokok elektrik memang tengah jadi sorotan. Terjadi gelombang kematian yang menimpa para pengguna perangkat vaping. Media pun secara kritis menyikapi hal ini. 

Atas dasar itu, sejak Juni lalu Apple sebenarnya telah berhenti menerima aplikasi terkait vaping di App Store. Nah, pada 15 November kemarin mereka membuat kebijakan yang lebih konkret. Mereka menghapus seluruh aplikasi yang berkaitan dengan vaping. Total ada 181 aplikasi terkait vaping yang ditendang dari App Store.

Yang dihapus Apple tak hanya aplikasi, tapi juga game yang berkaitan dengan vaping. Aplikasi pendamping yang memungkinkan pengguna mengontrol hal-hal seperti pencahayaan dan pemanasan perangkat vaping juga di-remove. Tapi, aplikasi yang sudah terlanjur diunduh pengguna tetap dapat digunakan.

"Baru-baru ini, para ahli mulai dari CDC hingga American Heart Association telah mengaitkan berbagai cedera dan kematian paru-paru dengan produk e-rokok dan vaping, yang sejauh ini menyebut penyebaran perangkat ini sebagai krisis kesehatan masyarakat dan epidemi remaja," begitu bunyi pernyataan resmi dari Apple yang diunggah situs Axios. 

"Kami setuju, dan kami telah memperbarui Pedoman Peninjauan App Store untuk mencerminkan bahwa aplikasi yang mendorong atau memfasilitasi penggunaan produk ini (vaping) tidak diizinkan."

Selain faktor kesehatan --gangguan paru-paru-- penggunaan rokok elektrik di Amerika Serikat juga disorot dari sisi bahaya keselamatan penggunaan alatnya. Salah satunya terkait bahaya meledaknya baterai pada rokok elektrik. Bagaimana guys, kalian setuju kan dengan kebijakan Apple? Harusnya kebijakan yang sama diterapkan pula oleh Google sebagai pemilik Play Store di Android.(*)

 

 

 
Related Articles
Current Issues
iShield? Apple Mulai Produksi Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis

Current Issues
Awas Jangan Sembarangan! Ini 3 Cara Bersihkan Ponselmu dari Coronavirus

Current Issues
On This Date: 11 April 1976 Komputer 'Apple-1' Dirilis, Dibuat dari Uang Jual VW