Current Issues

Sebelum Gaspol Nonton Ford v Ferrari, Ketahui Fakta Penting Sirkuit Le Mans

Mirza Ahmad

Posted on November 15th 2019

 

Sirkuit Le Mans jadi latar pembuatan film 'Ford v Ferrari' yang tayang hari ini di bioskop. Film yang dibuat based on true event ini punya banyak hal menarik. Yang paling utama soal sirkuitnya yang melegenda. 

Trek Le Mans punya nama lain yang juga terkenal: Circuit de la Sarthe. Venue balapan legendaris ini ada di kota Le Mans, Prancis. Cara pengucapan nama sirkuit ini dalam bahasa Indonesia adalah Leh Mons.

Kenapa juga disebut Circuit de la Sarthe? Karena ini nama provinsinya guys. Dan juga nama sungai indah yang mengalir di kawasan ini. Sungai Sarthe.

Belokan Paling Tajam

Hampir semua jenis belokan ada di sirkuit Le Mans. Dua yang terkenal, belokan Mulsanne dan Arnage. Belokan Mulsanne punya karakter yang cukup mengerikan. Belokan itu didahului dengan trek lurus sejauh 6 km namun diakhiri dengan belokan sangat tajam hampir bersudut 45 derajat. Nama Mulsanne dipakai lantaran belokan itu dekat dengan Desa Mulsanne di ujung sudut belokan.

Arnage juga punya karakter belokan yang kuat. Sudutnya hampir sempurna 90 derajat. Setelah trek lurus, ujungnya ada belokan patah ke kanan. Karakter ini sebenarnya juga dimiliki oleh belokan Indianapolis. Namun belokan tersebut masih berbentuk sudut rounded.

Langganan Kecelakaan

Kecelakaan cukup sering terjadi di sirkuit Le Mans maupun Bugatti. Sebabnya, memang karakter belokan sirkuit. Kombinasi trek lurus panjang dan belokan tajam di ujungnya jadi penanda “This is France”. 

Pada 2017, pembalap sekaliber Alex Rins dan si jago nikung Valentino Rossi masuk daftar rider yang terjungkal di sirkuit ini. Setahun setelahnya, giliran Jack Miller, Pol Espargaro dan Morbidelli yang tersungkur. Namun, tragedi terjungkal berjamaah paling tidak terlupakan terjadi pada Moto3 Mei 2019 lalu. Gegara oli motor Adam Norrodin yang bocor, akhirnya 17 rider terpaksa mencium aspal di tikungan ke-6.

Selain itu, pada 11 Juni 1955 di Le Mans juga terjadi kecelakaan hebat. Tragedi terburuk terjadi di sana. Saat itu, Mercedes-Bens yang dikendarai Pierre Levegh terbalik, melompat, terbang, dan menimpa penonton setelah jalurnya dipotong oleh Lance Macklin. 

Mobil itu terpental berulangkali di aspal sebelum akhirnya terbang melintasi pagar penonton. Kala itu balapan uji ketahanan 24 Le Mans baru dimulai 2 jam. Mercedes-Bens yang sebelumnya melaju 240 km/jam itu menghempas penonton.

Akibat kejadian itu 84 penonton tewas, 120 lainnya terluka, Pierre Levegh tewas di lokasi dan Lance Macklin selamat karena mobilnya hanya berputar di lintasan setelah terlibat senggolan maut itu.

 

Venue Terpanjang

Circuit de la Sarthe merupakan salah satu yang terpanjang di dunia, mencapai 13,629 km. Uniknya di dalam sirkuit panjang itu dibangun pula Sirkuit Bugatti. Mini sirkuit itu panjangnya cuma 4,273 km dan masih menggunakan beberapa komponen jalan dari sirkuit Le Mans.

Le Mans kerap digunakan untuk ajang kejuaraan daya tahan dan efisiensi mobil selama 24 jam nonstop. Sedangkan sirkuit Bugatti jadi rujukan kejuaraan motor dan mobil paling top di dunia, seperti F1 dan MotoGP.(*)

 
Related Articles
Entertainment
Sinopsis '1917': Ceritakan Soal Perang Dunia I yang Jarang Dibahas

Entertainment
Sinopsis 'Bombshell', Film Adaptasi Kisah Nyata Skandal Media Ternama Amerika

Entertainment
Sinopsis 'Mangkujiwo', Lahirnya Kuntilanak akibat Keserakahan Manusia