Entertainment

7 Fakta Menarik Xiao Zhan, Aktor yang Jadi Cowok Teganteng se-Asia

Delima Pangaribuan

Posted on November 14th 2019

Pernah dengar nama Xiao Zhan? Bagi kalian yang mengikuti serial "The Untamed" di Netflix harusnya nggak asing sama cowok cakep asal Tiongkok ini. Nama Xiao Zhan, atau kerap dikenal dengan Sean Xiao, makin booming sejak dia dinobatkan sebagai cowok tercakep se-Asia.
 
Predikat itu diberikan oleh TC Candler Asia yang rutin meluncurkan ranking the most beautiful and handsome faces sejak 1990-an. Melansir Asia One, Xiao Zhan mengalahkan sederet artis KPop yang biasanya jadi langganan menempati nomor satu daftar tersebut. Antara lain dua member BTS, V dan Jungkook, Sehun EXO, sampai Jackson Wang GOT7.
 
Xiao Zhan nangkring di peringkat teratas bareng Lalisa Manoban alias Lisa Blackpink untuk kategori ceweknya. Terpilihnya Xiao Zhan ini disebut-sebut nggak lepas dari popularitasnya yang lagi menanjak berkat serial "The Untamed". Media sosial Tiongkok, Weibo, langsung dibanjiri sama tagar #XiaoZhan, sampai 20 juta postingan sejak pengumuman TC Candler dirilis.
 
Kalau dilihat fotonya, emang lah kegantengan Xiao Zhan ini nggak perlu diragukan. Tapi, masih banyak fakta unik yang bisa kita kulik selain wajah tampan nan mulusnya. Melansir Hotpot TV, berikut fakta-fakta Xiao Zhan yang (mungkin) bisa bikin kamu langsung ngefans.

Member Boyband Bentukan SM Entertainment

XNINE (foto:KPop Profiles)

Sebelum nama Xiao Zhan tenar sebagai aktor, dia lebih dulu dikenal sebagai member dari XNine atau XJiu  dalam bahasa Mandarin. Xnine ini merupakan boyband jebolan idol survival show X-Fire. Acara ini diinisiasi oleh EE Media, Tencent Video, dan SM Entertainment untuk mencetak boyband kenamaan asli Tiongkok. Xiao Zhan berhasil keluar sebagai salah satu member dan dipercaya mengisi posisi vokalis utama.


Baby Face alias Awet Muda

Baby face Xiao Zhan (foto:Hotpot TV)

Sekali lihat fotonya, mungkin orang yang nggak kenal Xiao Zhan bakal mengira dia masih 20-an awal. Nyatanya, cowok berzodiak Libra ini sudah hampir masuk usia kepala tiga. Xiao Zhan lahir di Chongqing, 5 Oktober 1991. Artinya dia udah umur 28 tahun. Dia juga otomatis jadi member paling senior di grupnya. 


Punya Arti Nama "Bertarung"

Xiao Zhan dalam poster salah satu filmnya (foto:Pinterest)

Nama adalah doa. Karakter "zhan" dalamm nama Xiao Zhan punya arti "battle" alias bertarung. Meski begitu, tadinya orang tua Xiao Zhan pengen kasih nama lain. Yakni Xiao Zan. Beda satu huruf aja. "Zan" sendiri artinya "mendukung". Tapi karena penulisan karakternya lebih sulit, akhirnya orang tuanya pilih "zhan". Bunyinya hampir sama, tapi artinya jauh ya. Dan terbukti, dia bisa jadi seorang "petarung" tangguh di dunia hiburan, nggak sekedar jadi supporter.


Penyayang Binatang

Xiao Zhan dan Nut, kucingnya (foto:Hotpot TV)

Xiao Zhan mungkin bisa dibilang tergolong cat-person. Dia punya kucing peliharaan bernama Nut. Eh, tapi di sisi lain, Xiao Zhan juga sebenarnya suka sama anjing. Ini agak lucu, soalnya karakter yang diperankan Xiao Zhan di "The Untamed" nggak suka banget sama anjing. Xiao Zhan mengaku pengen mencoba mengadopsi anjing suatu hari nanti. Tapi untuk sekarang, dia lebih memilih kucing karena lebih gampang ngurusnya.


Cowok Populer di Kampus dan Jago Desain

Xiao Zhan menunjukkan hasil desainnya. (foto:Hotpot TV)

Xiao Zhan dulunya berkuliah di Chongqing Technology and Business University. Dia ambil Modern International Art Design Academy yang merupakan bagian dari universitas itu. Semasa kuliah, Xiao Zhan cukup aktif ikut kegiatan kampus, salah satunya paduan suara. Tim paduan suara kampusnya pun beberapa kali memenangkan penghargaan, yang secara nggak langsung bikin nama Xiao Zhan cukup dikenal di kampus. Dan nggak mau menyia-nyiakan pendidikannya di sekolah desain, Xiao Zhan juga buka usaha bareng temannya. Mereka punya studio desain sendiri dan kerap menerima proyek kecil-kecilan seperti bikin logo, fotografi, dan branding. Multitalenta banget, ya.


Membintangi Sejumlah Drama dan Film

Photoshoot Xiao Zhan di situs drama (foto:Viki)

Menurut catatan Hotpot TV, Xiao Zhan terhitung sudah main di tujuh judul drama dan dua film. "The Untamed" yang tayang di Tiongkok 2018 lalu adalah salah satu drama yang akhirnya bikin nama Xiao Zhan melejit. Di situ, dia berperan sebagai tokoh utama bernama Wei Wu Xian. Xiao Zhan mengaku makin mendalami akting ketika bermain di serial terbarunya, "The Wolf", yang tayang tahun ini. Xiao Zhan mengaku sampai harus mengikuti training khusus untuk mengisi peran Ji Chong dalam drama ini. 


Ingin Menikah di Usia 35 Tahun

Selfie Xiao Zhan (foto:Hotpot TV)

Wah, ini nih yang ditunggu-tunggu fans cewek! Xiao Zhan mengaku berencana melepas masa lajang sekitar umur 35 tahun. Masih ada waktu tujuh tahun buat kamu yang pengen ngejar dia, wkwkkw... By the way, pernyataan Xiao Zhan itu muncul gara-gara dia kerap dapat komentar dari orang-orang sekitarnya kenapa nggak segera menikah. Tipe cewek idealnya adalah yang homestyle type alias suka ngerjain pekerjaan rumah. Meski begitu, Xiao Zhan lebih suka cewek yang percaya diri dan berani bersuara, nggak takut menyampaikan opininya. (*)


Related Articles
Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Entertainment
Sinopsis dan Fakta 'Bloodshot', Ketika Vin Diesel Menjadi Mesin Pembunuh

Entertainment
Coronavirus Bikin Mayoritas TV Show di Hollywood Tayang Tanpa Penonton