Current Issues

Ini Spesifikasi iPhone 12 yang Dikabarkan Muncul Tahun Depan

Drian Bintang

Posted on November 14th 2019

"iPhone 11 aja belum kebeli, ini sudah mau muncul iPhone 12". Mungkin sebagian dari kalian juga bergumam seperti ini. Ya, Apple memang baru saja meluncurkan ponsel generasi terbarunya pada September lalu, iPhone 11. Nah, sejak kemarin netizen sudah dibuat geger dengan kabar beredarnya iPhone generasi berikutnya. Disebut-sebut dengan nama iPhone 12. Konon, ponsel ini bakal keluar tahun depan.

Dari kabar yang beredar, generasi ini akan memiliki 3 versi. Yakni, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Penamaan ini, dilakukan mengikuti generasi sebelumnya, iPhone 11. Sejak peluncuran iPhone 11, Apple memang sudah meninggalkan penamaan versi menggunakan huruf 'S'. Meskipun mereka tidak menutup kemungkinan akan menggunakan penamaan itu kembali. Mengingat, persiapan untuk peluncuran perdananya masih jauh.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, iPhone kali ini akan hadir lebih mini. Berbeda dari generasinya, yang setiap hari makin besar dan memanjang saja. Ketiga versi dari generasi ke-12 ini akan memiliki ukuran yang berbeda-beda pula. Meskipun tidak terlalu signifikan. Yakni, 5,4 inchi, 6,7 inchi, dan 6,1 inches.

Rekor ini memecahkan ukuran iPhone 8 sebelumnya. Yakni dengan ukuran, 6,7 inches untuk versi iPhone 12. Sedangkan, iPhone 12 Pro max akan menjadi ponsel genggam yang berukuran paling besar. Jadi kalian tinggal memilih, mau yang kecil enak dipegang, atau yang besar tapi mantab?

Selain ukuran, ada yang menarik di disain iPhone 12 nanti. Apple memutuskan untuk kembali menggunakan desain frame metal yang pernah dipakai di iPhone 4. Seperti generasi sebelumnya, frame tersebut berada di pinggiran ponsel. Juga di bagian atas dan bawah, bagian belakang gawai. Persis seperti yang dikenakan ke iPhone 4 dulu.

Jika pada generasi sebelumnya, Apple memberikan tiga hingga empat lensa sekaligus dalam satu ponsel. Pembaharuan terhadap generasi selanjutnya juga akan dilakukan oleh Apple. Kemungkinan besar mereka akan kembali menambah jumlah lensa yang diberikan ke ponsel keluaran mereka. Dikabarkan kamera di iPhone 12 nanti akan lebih ampuh jika disandingkan dengan fitur augmented reality.

Tidak hanya itu, kamera di gawai terbaru tersebut rencananya akan memiliki fitur zoom yang lebih tajam. Fitur ini kemungkinan akan memiliki nama true depth. Kamera tersebut, dikabarkan bisa melakukan zoom secara jernih kepada obyek yang berada sejauh 4,5 meter dari jaraknya.

Kecanggihan kameranya juga akan didukung dengan teknologi layar OLED. Seperti yang dikabarkan oleh macrumors.com, selama ini iPhone telah menggunakan layar OLED, yang juga digunakan Samsung. Kemungkinan besar Apple akan terus mempertahankan keputusan tersebut melihat banyaknya keuntungan yang didapat dalam penerapan teknologi tersebut.

Dengan menggunakan teknologi tersebut, generasi selanjutnya dari Apple dikabarkan akan bisa menggunakan mode low power LTPO display technology. Seperti yang sudah mereka terapkan pula di Apple Watch mereka. Meskipun masih belum jelas, bisa tidaknya Apple menerapkan teknologi itu ke keluaran gawai terbarunya.

Terakhir, iPhone 12 ini rencananya dirancang untuk bisa menerima sinyal 5G. Seperti yang diberitakan Nikkei, mulai tahun depan Apple akan menggunakan teknologi Qualcomm’s X55 5 G modem. Sebagai reseptor gawai tersebut dalam menerima sinyal dari luar.

Tidak hanya itu, Qualcomm seri ini dimungkinkan bisa melakukan pengunduhan hingga 7 Gb/detik. Dengan kemampuan pengunggahan secepat 3 Gb/detik. Tentunya, jika sinyal yang diterima oleh handphone tersebut mumpuni untuk menyuport hal tersebut. Jika tidak, ya tentu saja download-an kalian akan stuck di situ-situ saja.  

Apple rencananya akan kembali ke disain iPhone 4 dulu, dengan menggunakan metal frame. (Yahoo)

Related Articles
Tech
iPhone 12 Dipersiapkan untuk jadi Ponsel Gaming. Ini Spesifikasinya!

Current Issues
Gunakan FaceTime untuk Meeting Kerjaan Selama WFH

Current Issues
Awas Jangan Sembarangan! Ini 3 Cara Bersihkan Ponselmu dari Coronavirus