Entertainment

Kalah di PCA, ARMY Bersatu Geruduk Chart iTunes dan Vote Award Ramai-ramai

Delima Pangaribuan

Posted on November 12th 2019

BTS saat meraih penghargaan di Billboard Music Awards 2019. (The Independent)
 
Sekali lagi kita ditunjukkan betapa militannya fandom BTS, ARMY. Setelah "ngamuk" karena nggak terima idolanya kalah dengan cara nggak wajar di People Choice Award (PCA) 2019, puluhan ribu ARMY pun bekerja sama mendukung idolanya lewat jalan lain. Yakni, meramaikan chart iTunes.
 
Sejak Senin malam, tagar #BuyPersonaOniTunes ramai dan sempat trending di berbagai negara. Termasuk Indonesia. ARMY di seluruh dunia berbondong-bodong membeli album terakhir BTS, 'Map of the Soul: Persona' di iTunes untuk mengerek band kesayangan mereka di chart teratas.
 

Itu dilakukan oleh AMRY yang punya akun iTunes. Buat yang nggak punya iTunes, mereka menyerbu layanan streaming lain seperti Spotify dan YouTube buat memutar lagu-lagu BTS dalam album itu. Gara-gara militansi para fans itu, banyak lagu BTS yang akhirnya masuk ke chart-chart atas streaming musik. Bahkan lagu-lagu yang bukan title track dan lagu-lagu lawas mereka.
 
Salah satu akun fanbase di Twitter @BTSVotingIndo mem-posting hasil screenshot daftar album-album dalam chart teratas iTunes. 'Map of the Soul: Persona' berhasil nangkring di ranking kedua di Amerika Serikat, cuma dikalahkan sama album Luke Combs "What You See is What You Get". Album ini naik sampai 1090 level dari ranking sebelumnya!
 
 

Di banyak negara lain, 'Map of the Soul: Persona' malah mencapai ranking pertama. Antara lain di Argentina, Kolombia, Thailand, Filipina, Malaysia, Denmark, Norwegia, Spanyol, Rusia, Belanda, sampai Indonesia juga.
 
Album-album lain BTS pun kena getahnya. Beberapa bahkan berhasil masuk daftar baru dalam chart, seperti album 'Dark & Wild' (2014) di urutan 112, 'Love Yourself: Tear' (2018) di urutan 144, 'Love Yourself: Her' (2017) di urutan 189, 'The Most Beautiful Moment in Life: Young Forever' (2016) di urutan 233, 'Wings' (2016) di urutan 319, dan masih banyak lagi sampai ke ranking 1000-an.
 
Album solo member juga nggak mau ketinggalan. Yang masuk 100 besar antara lain album 'Mono' punya RM berada di urutan 24 dan album 'Hope World' dari J-Hope ada di urutan 73. Meskipun masih di bawah 100, album Suga alias Agust D juga tercatat dalam chart di urutan 124. 
 
Tagar-tagar lain bermunculan di Twitter selain #BuyPersonaOniTunes. Antara lain #AAArmyOnFire sebagai bentuk gerakan mass voting bagi BTS dalam ajang Asia Artist Award 2019. Lalu ada #WeSupportILovelies yang merupakan dukungan K-Army kepada ARMY Internasional (I-Lovelies) yang sudah berusaha bikin BTS trending di negara masing-masing dan seluruh dunia. 
 
"Kemarahan" ARMY ini ternyata malah berdampak positif buat BTS. Banyak ARMY yang menyampaikan rasa bangganya karena alih-alih ribut di media sosial, mereka memilih menyalurkan energinya buat ngedukung BTS dengan berbagai cara. "Gini dong marahnya berkelas jangan kayak fandom lain tebar hate sana-sini," tulis salah satu fans @akudanjimin. 
 
Sebelumnya, ARMY nggak terima karena hasil PCA yang dianggap nggak masuk akal. Selisih vote yang dimiliki BTS dan BLACKPINK jauh, tapi malah BLACKPINK yang keluar sebagai pemenang di tiga kategori sekaligus. Sempat ngambek sebentar, ARMY pun mutusin buat fokus streaming, voting, dan beli album demi mengantar BTS ke gol mereka yang lain: Grammy. Wuah, semoga berhasil! (*)
Related Articles
Entertainment
Susul "DNA", MV “Boy With Luv” BTS Tembus 1 Miliar Tayangan

Entertainment
Sudah Ngevote Idolamu di Billboard Music Awards 2021?

Entertainment
Situs Media Sosial Tiongkok Bekukan Akun Penggemar K-Pop, BTS