Entertainment

Santer Isu Bubar, Mnet Diskusikan Masa Depan IZ*ONE dan X1

Delima Pangaribuan

Posted on November 11th 2019

 
Nasib dua grup jebolan survival show Mnet, yakni IZ*ONE dan X1, masih terombang-ambing menunggu kejelasan. Isu mereka akan dibubarkan pun semakin santer. Pagi ini, Koreaboo melaporkan bahwa agensi-agensi yang menaungi para member IZ*ONE dan X1 mulai mendiskusikan tentang bubarnya grup yang masih seumur jagung tersebut.
 
Asosiasi agensi mereka menyampaikan kepada Koreaboo, "Dengan skandal yang semakin besar, para member IZ*ONE saat ini merasa tidak nyaman dan tertekan secara mental." Para agensi mencoba untuk menjaga kondisi agar member tetap tenang, tapi di sisi lain mereka juga sepakat kalau kondisi saat ini nggak memungkinkan mereka untuk promosi.
 
IZ*ONE sendiri yang dijadwalkan comeback hari ini dengan album pertama mereka, BLOOM*IZ, terpaksa menunda jadwal sampai waktu yang belum ditentukan. Beberapa agensi yang tergabung dalam asosiasi itu antara lain Starship, Woollim, WM Entertainment, Stone Music, 8D Creative, Urban Works, hingga AKS (yang menaungi AKB48 dan seluruh sister group-nya). 
 
Hal serupa juga terjadi di kalangan agensi yang menaungi member-member X1. Salah satu agensi yang nggak disebutkan namanya menjelaskan kalau X1 terus berpromosi, bakal berakibat buruk juga buat karir para member ke depan. Grup yang diketuai sama Han Sungwoo itu saat ini kerap mendapat cibiran dari warganet karena ketahuan kepilih dari hasil manipulasi ranking. "Reputasi para member bakal semakin rusak dan nggak bisa dipulihkan," jelas sumber itu seperti dikutip Koreaboo.
 
Gabungan agensi-agensi untuk kedua grup ini memang sudah bikin diskusi sendiri soal nasib anak-anak asuh mereka, tapi tetap saja semuanya menunggu proses hukum berlanjut. Mereka juga menunggu keputusan akhir CJ Entertainment selaku agensi yang menandatangani kontrak eksklusif dengan para member selama berada di bawah bendera X1 dan IZ*ONE. 
 
Entah CJ bakal melanjutkan kerja sama atau nggak. Tapi, sampai saat ini pun X1 masih belum menandatangani kontrak tersebut, artinya selama ini mereka berpromosi tanpa kontrak yang jelas. 
 
Nah, sore ini Mnet pun memberikan statement yang seenggaknya menenangkan pada One It dan Wizone sejenak. Melansir Soompi, Mnet menyatakan masih mendiskusikan rencana ke depan untuk kedua grup ini lintas agensi ini. "Karena kegawatan masalah ini, memang benar kami sedang mendiskusikan promosi IZ*ONE dan X1 ke depan dari berbagai sudut pandang. Bagaimanapun, belum ada konfirmasi apa pun terkait kemungkinan pembubaran," jelas Mnet kepada Soompi.
 
X1 sendiri dalam waktu dekat bakal mengadakan tur dunia ke beberapa lokasi yang sudah dijadwalkan. Tapi, seperti diberitakan Allkpop, kemungkinan jadwal tersebut nggak akan diperpanjang. Seenggaknya sampai kasus ini selesai. Publik khususnya yang mengikuti ajang survival show itu juga tengah menunggu ranking asli yang rencananya akan diumumkan setelah penyidikan selesai. Semoga para member IZ*ONE dan X1 tetap kuat apa pun yang terjadi ya, guys. (*)
Artikel Terkait
Entertainment
Rombak Branding Pasca Kontroversi, Begini Desain Baru Logo Mnet

Entertainment
Akibat Kontroversi Produce, Mnet Tak Lagi Pakai Slogan 'We Are K-Pop'?

Entertainment
Akibat Skandal Manipulasi, IZ*ONE dan X1 Didepak dari Golden Disc Awards