Current Issues

Instagram Uji Coba Sembunyikan Fitur 'Like' di AS Minggu ini

Delima Pangaribuan

Posted on November 10th 2019

Instagram akan melakukan uji coba sembunyikan fitur 'Like'. (Tech Crunch)
 
Sering memperhatikan berapa likes yang kamu dapat di Instagram? Apakah kalau likes-nya sedikit bakal bikin kamu minder atau nggak pede? Hmm, kayaknya hal itu nggak perlu dikhawatirkan lagi dalam waktu dekat. Soalnya, Instagram bakal menyediakan fitur sembunyikan jumlah likes dari postingan.
 
CEO Instagram Adam Mosseri mengumumkan kebijakan itu Jumat lalu (8/11). Melansir Wired, Instagram bakal memulai uji coba itu minggu ini. Artinya, paling cepat Senin, (11/11). Tapi, wilayah uji cobanya baru sebatas Amerika Serikat. Sebelumnya, sudah ada beberapa negara yang ditentukan Instagram sebagai pilot project, antara lain Kanada, Brazil, dan Jepang. Mosseri menjelaskan kalau disembunyikannya jumlah likes ini merupakan langkah untuk membuat Instagram menjadi tempat yang lebih aman di internet. 
 
Selain itu, rencananya Instagram juga merancang algoritma dan filter untuk menyaring komentar-komentar pedas atau postingan yang menjelek-jelekkan. Wired pernah membuat laporan soal riset media sosial yang menunjukkan bahwa pengguna Instagram cenderung memoles postingan mereka demi mendapat lebih banyak likes, yang membuat gaya komunikasi di Instagram itu sendiri jadi kurang sehat.
 
Mosseri berharap dengan dikuranginya akses ke informasi jumlah likes ini bisa mengurangi kecenderungan kontes popularitas di Instagram. Alih-alih, Instagram bisa lebih banyak dipakai untuk bersosialisasi dan komunikasi. Tapi, belum jelas juga nantinya jumlah likes ini akan disembunyikan dari semua pengikut dan publik atau hanya bisa diakses pengikut tertentu saja.
 
Timbulkan Pro dan Kontra
 
Tapi memang rencana ini tetap menimbulkan pro dan kontra di kalangan pengguna. Di satu sisi, menyembunyikan likes bisa mengurangi kemungkinan tekanan sosial yang dirasakan oleh pengguna atau pemilik akun. Tapi di sisi lain, pengguna menilai jumlah likes bisa menunjukkan seberapa besar engagement postingan mereka dan jadi salah satu aspek yang dihitung dalam bisnis. Ini khususnya buat mereka yang menggunakan Instagram buat jualan atau endorse. 
 
Menyembunyikan atau menghilangkan likes ini adalah salah satu upaya demetrikasi media sosial. Sebelumnya sudah ada Facebook yang melakukan hal tersebut. Demetrikasi sendiri bisa dipahami sebagai tindakan mengurangi hitungan-hitungan yang muncul di media sosial yang kerap digunakan sebagai alat ukur. Misalnya jumlah likes, jumlah views, jumlah komentar, dan sebagainya.
 
Sebenarnya, belum ada bukti yang benar-benar jelas apakah proses demetrikasi ini benar-benar bisa membuat media sosial jadi lebih ramah bagi psikologis penggunanya. Tapi kalau ternyata berhasil, berarti benar penelitian banyak pakar selama ini yang bilang media sosial kurang bagus untuk kesehatan mental. 
 
Kamu sendiri setuju atau nggak sama gagasan Instagram ini? Jadi nggak bisa ngepoin siapa aja yang nge-like fotonya gebetan dong, hihihi. (*)
 
 
 
Artikel Terkait
Current Issues
Trump Segera Rilis Platform Media Sosial, Tertarik Join?

Current Issues
Facebook Sebetulnya Tahu Instagram Berdampak Negatif Bagi Remaja

Current Issues
Belum Satu Bulan Diluncurkan, Blog Donald Trump Ditutup