Sport

Tak Tertandingi! The Minion Juarai Fuzhou China Open 2019

Drian Bintang

Posted on November 10th 2019

Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya yang baru saja mendapatkan emas di Fuzhou China Open 2019. (Kumparan)

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, kembali buktikan kepada dunia bahwa kebolehan mereka bermain bulutangkis masih tidak ada tandingannya. Duo yang lebih akrab disapa The Minion itu berhasil menjuarai Fuzhou China Open 2019 lalu. Mereka mengalahkan lawannya, Takeshi Kamura dan Keigo  Sonoda dengan skor 2-0.

Pertandingan tersebut, berlangsung Minggu (10/11) petang. Seperti namanya, pertandingan ini dilaksanakan di Fuzhou, Tiongkok. Tepatnya di Haixia Olympic Center. The Minion memukul habis Takeshi dan Keigo dalam dua set berturut-turut. Dengan perolehan skor, 21-17 pada game pertama dan 21-9 pada game kedua.

Praktis, kemenangan The Minion kali ini mempertahankan gelar juara mereka. Ya, pada 2018 lalu, keduanya juga memenangkan gelar yang sama. Di Fuzhou China Open 2018, sebagai pemenang cabang ganda putra.

Saat itu, keduanya mengalahkan duo Tiongkok: He Ji Ting, dan Tan Qiang. Secara ranking saat itu memang terpaut jauh. The Minion di urutan pertama ganda putra dunia. Sedangkan He Jin dan Tan berada di urutan 13 dunia.

Namun, torehan prestasi The Minion itu tidak hanya bersemi di Tiongkok saja. Pada 22-27 Oktober lalu, mereka juga mengikuti kejuaraan bulutangkis bertaraf dunia lainnya: France Open 2019. The Minion, juga berhasil mendapatkan urutan pertama dalam kejuaraan ini. Keduanya, berhasil mengalahkan pasangan India: Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty. Mereka berada di urutan 14 ganda putra dunia.

Berbagai torehan prestasi itu makin menjadikan Kevin dan Marcus sebagai idola di tanah air. Banyak anak-anak kecil yang mulai bermimpi menjadi dua pebulutangkis layaknya The Minion.

Tak ada yang menyangka bahwa keduanya akan menjadi bintang dunia seperti saat ini. Karir Kevin dan Marcus di bulu tangkis memang benar-benar dirintis dari nol.

Kevin Sanjaya sendiri merupakan pemuda kelahiran Banyuwangi, 2 Agustus 1995. Perkenalannya dengan bulutangkis dimulai pada 2007 lalu. Saat itu, Kevin masih berumur 12 tahun. Bakat Kevin makin terasa ketika dia bergabung dengan klub Djarum.

Karirnya mulai terlihat ketika dia ikut kejuaraan dunia Junior BWF. Saat itu, Kevin berpasangan dengan Masita Mahmudin. Meskipun hanya mendapatkan perak. Namun, itu adalah medali pertama yang dia dapatkan dalam karirnya profesionalnya sebagai atlet pebulutangkis.

Kevin tak ujug-ujug menjadi pasangan Marcus. Berkali-kali Kevin melakukan pergantian pasangan. Hingga akhirnya perjalanannya berlabuh ke Marcus pada 2015 lalu.

Pasangan ini pertama kali pertemu pada SEA Games 2015. Baru pertama kali bertanding, kedua pasangan ini langsung nyetel. Keduanya seolah sudah merasakan percikan chemistry antara satu sama lain. Dan luar biasanya, di event ini Kevin - Marcus langsung berhasil meraih emas.

Dalam perjalanan karirnya, Marcus sendiri awalnya banyak berpasangan dengan Markis Kido. Marcus disandingkan dengan Kido, sebab keduanya dinilai punya skill yang seimbang. Meskipun sebenarnya cocok, namun entah mengapa pasangan Marcus - Kido tak terlalu menorehkan prestasi. Dari situ akhirnya Marcus dipasangkan dengan Kevin, yang saat itu memang Kevin tidak memiliki pasangan.(*)

 

 

Related Articles
Sport
Menilik Kiprah Minions, Ganda Putra Kebanggaan Indonesia

Sport
The Minions Kandas Di Babak Pertama All England 2019

Sport
Yeay! 5 wakil Indonesia Berhasil Melenggang ke Semifinal Indonesia Masters 2019