Current Issues

Di Inggris, Bersepeda Menjadi Resep Dokter untuk Atasi Masalah Kesehatan Mental

Mainmain.id

Posted on November 10th 2019

Gowes ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Tak hanya fisik tapi juga mental. Ya, di Inggris bersepeda sudah menjelma menjadi semacam obat. Dokter di sana kini kerap meresepkan bersepeda untuk pasien yang memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya.

Hal ini terungkap dari rilis yang dikeluarkan oleh organisasi nirlaba, Cycling UK. Mereka memiliki program bernama Cycle for Health. Program ini telah dijalankan Cycling UK dalam empat tahun terakhir. Sebanyak 1000 orang lebih telat menjalani program ini.

Dikutip dari mainsepeda.com, tahun lalu ada 141 orang mengikuti program ini. Mereka menjalani 'terapi' bersepeda di West Yorkshire. Hasilnya sangat positif. Para pasien itu merasakan peningkatan yang signifikan dalam rasa percaya diri. Dengan bersepeda, mereka juga merasa dekat dengan orang lain, dan merasa lebih santai. 

“Feedback orang-orang yang menerapkan skema ini sangat positif. Selama 12 minggu kami melihat peningkatan besar dalam kesehatan fisik dan mental mereka,” kata Senior Project Officer Cycling UK, Tom Murray.

Orang-orang yang mengikuti program Cycle for Health ini menjalani pelatihan selama 12 minggu. Dari serangkaian test tersebut, ada 32 persen peserta yang merasakan adanya perubahan kepercayaan diri. Mereka jauh lebih percaya diri. Sementara 29 persen peserta merasa bisa punya kedekatan dengan orang lain. Dan 29 persen peserta merasa mengalami peningkatan relaksasi pada dirinya.

Ketua Komite Transportasi Otoritas Gabungan West Yorkshire, Kim Groves mengakui bahwa bersepeda tak ubahnya sebuah pil ajaib. Bersepeda tak sekadar membuat orang lebih sehat dan panjang umur, namun juga lebih bahagia. 

“Skema Cycle for Health tidak hanya dalam mendorong lebih banyak orang untuk bersepeda, tetapi juga memastikan masyarakat mendapatkan alat yang mereka butuhkan untuk menjalani hidup yang lebih bahagia, dan lebih sehat,” ucapnya.

Salah satu yang menerima manfaat besar dari bersepeda adalah Andrea asal West Yorkshire, Inggris. Perempuan 47 tahun itu merasa kebugarannya maningkat. Fungsi paru-parunya juga jauh lebih baik. Tak kalah penting, ia juga merasa lebih percaya diri.

“Sekarang saya benar-benar ingin keluar, dan melakukan hal-hal lain. Terus bersepeda, tetap aktif, dan benar-benar mulai menjalani hidup saya,” bilangnya seperti yang dilansir cyclinguk.org.(*)

Related Articles
Current Issues
Biar Gak Gabut, Yuk Coba 7 Latihan yang Bikin Tubuh Makin Kuat Saat Bersepeda

Current Issues
Covid-19 Bikin Penjualan Sepeda di Seluruh Dunia Melonjak, Termasuk Indonesia

Current Issues
Prancis Subsidi Warga untuk Biasakan Penggunaan Sepeda Pasca Lockdown