Youthcon

Tehbotol Sosro Art Space: Gak Cuma Artsy, 5 Booth Ini Bikin Sadar Isu Lingkungan

Mainmain.id

Posted on November 10th 2019

Berbagai booth Tehbotol Sosro Art Space memang nyenengin kalau dijadikan background foto. Tapi, dibalik tampilan artsy-nya, ternyata booth-booth ini punya makna tersendiri, lho. Seperti lima Tehbotol Sosro Art Space yang kami rangkum ini. Mereka nggak cuma menarik secara visual, tetapi juga secara pesan, yakni seputar lingkungan.


1. SMAN 10 Surabaya

Booth satu ini bercerita soal spesies yang bertahan hidup di tengah kenaikan suhu gara-gara perusakan habitat alami mereka. Perubahan iklim yang mengancam kehidupan para sobat hutan, digambarkan lewat warna oranye meyala dengan gambar pohon yang kering dan menghitam.


2. SMA Mawar Sharon Surabaya

Di balik desain kece ini ternyata ada filosofi yang dalam, yakni soal kisah tokoh mitologi Yunani, Icarus. Diceritakan, Icarus berusha melarikan diri dengan sayap dari buku unggas yang dirakit ayahnya menggunakan lilin. Sehingga sang ayah mengingatkannya agar tak terbang terlalu tinggi mendekati matahari.Tapi Icarus yang merasa superior akhirnya lupa dan mengabaikannya. Ia tetap terbang ke arah matahari, sehingga lilin di sayapnya meleleh. Ia pun jatuh ke laut dan mati tenggelam. Perandaian ini mengingatkan kita sebagai manusia yang sudah disediakan Tuhan sumber daya alam secara cuma-cuma. Tinggal bagaimana kita menggunakan dan mengolah sumber daya tersebut. Apakah kita akan terlena seperti Icarus?


3. SMA 17 Agustus Surabaya

Dengan desain yang simple, booth satu ini tetap bisa menarik perhatian. Apalagi menggunakan paduan warna-warna cerah yang terkesan lembut dan chic. Hadirnya figur burung flamingo di tengahnya bikin makin gemas dan Instagrammable, deh! Booth milik SMA 17 Agustus Surabaya ini memang ingin mewakili gambaran betapa indahnya alam kita kalau dijaga dengan benar. Tentunya tanpa ada pembakaran hutan, perburuan hewan secara ilegal, penebangan liar, dan masih banyak lagi.


4. SMAN 1 Boyolangu Tulungagung

Instalasi seni ini mengangkat tema tentang kelestarian laut. Salah satunya soal air laut yang sekarang banyak tercemar akibat sampah maupun limbah. Mesin cuci yang ada di bagian tengah merupakan simbol untuk mengkampanyekan pentingnya kesehatan air laut yang bersih. Tentunya hal ini bakal membawa dampak positif bagi kehidupan manusia maupun ekosistem laut. 

5. SMAN 1 Surabaya


Kamu gak bakal nyangka deh kalau instalasi berwarna merah jambu yang cute banget ini sebenarnya adalah mesin pemilah sampah. Yap, SMAN 1 Surabaya bermimpi untuk menghadirkan solusi mengatasai masalah penumpukan sampah yang seringnya disebabkan oleh kelalaian manusia sendiri. Termasuk kebiasaan malas memilah sampah berdasarkan jenisnya. Mesin yang dinamai Bin Ben ini bisa secara otomatis mengategorikan jenis sampah yang dimasukkan ke dalamnya. Apakah itu sampah organik, anorganik, yang bisa didaur ulang maupun tidak. Wah, kalau ada beneran, manusia bakal rajin buang sampah atau makin malas, nih?


Keren-keren banget ya konsepnya. Semoga kamu gak cuma tertarik buat foto-foto di booth aja ya, tapi tergerak juga buat lebih peduli sama isu kerusakan lingkungan.

Selain update dari venue UBS Youthcon 2019, mainmain.id juga punya info menarik buat kalian nih. Yang terbaru di antaranya: 

- Wajib Tahu! Inilah 6 Tokoh Luar Biasa yang Mendapat Gelar Pahlawan Nasional 

Awas Disinformasi Konten Rusia Bersholawat Manfaatkan Momen Maulid Nabi

Fans BTS Rayakan 1000 Hari Sejak Diluncurkannya 'Spring Day'

Call of Duty: Modern Warfare Keluarkan Dua Map Baru

- Oalah, Kanal Youtube Calon Sarjana Ketahuan Plagiat

Neom, Kota Masa Depan di Arab Saudi, Lengkap dengan Robot dan Taksi Terbang!

 

Spesial di Bulan November

Memperingati November Sebagai Bulan Vegan Dunia

5 Rekomendasi Film Pilihan yang Tayang November

November Datang! Ini 3 Laga Seru Liga Inggris yang Wajib Kalian Tonton

Borongan! Ini 5 Konser KPop di Indonesia Sepanjang November

 

Related Articles
Youthcon
Tehbotol Sosro Art Space: Ayo Foto-Foto di 5 Art Space Pembawa Pesan Ini!

Youthcon
5 Momen Tak Terlupakan di Hari Ke-4 UBS Youthcon 2019!

Youthcon
Tehbotol Sosro Art Space: 7 Booth ini Wajib Kalian Gunakan Untuk Tempat Foto