Current Issues

Awas Disinformasi Konten Rusia Bersholawat Manfaatkan Momen Maulid Nabi

Mainmain.id

Posted on November 10th 2019

Tim cek fakta mainmain.id menerima kiriman video. Gambarnya sekumpulan orang melantunkan selawat. Nah, yang bikin penasaran di video itu terdapat teks besar. Mencolok. Tulisannya: Rusia Bersholawat.

"Itu benar acara selawatan di Rusia?" tanya seseorang melalui nomer WhatsApp tim cek fakta mainmain.id

Teringat aksi para pemburu hantu di film Ghostbusters, tim cek fakta mainmain.id pun segera bergegas melakukan penelusuran. Seperti biasa, karena source informasinya berupa video, tim cek fakta mainmain.id pun melakukan peng-capture-an beberapa adegan di video tersebut.

Beberapa adegan dalam video itu kami capture. Lalu, kami cari padanan gambarnya melalui situs yang memilik fungsi reverse image search (Tutorial lengkapnya bisa dibaca di: Awas Hoaks! Putin Main Piano Lagu Indonesia Raya).

Hasilnya, taraaa...

Ternyata apa yang ada di video tersebut sudah banyak menyebar di YouTube. Juga disebutkan sebagai 'Rusia Bershalawat'. Padahal, konten tersebut tak ada kaitannya sama sekali dengan Rusia. Si penyebar video sepertinya sedang memanfaatkan momen mulia, Maulid Nabi Muhammad yang jatuh pada Sabtu 9 November 2019 kemarin.

Hasil penelusuran tim cek fakta mainmain.id, video itu merupakan cuplikan konser dari qariah ternama Malaysia. Namanya Sharifah Khasif Fadzilah Syed Mohd Badiuzzaman Al Yahya. Kalau kalian kepo bisa cari di Google.

Atau kalau kalian ingin mendengarkan kemerduan suaranya bisa dengerin di Spotify. Nama pendeknya, atau nama bekennya: Sharifah Khasif.

Dikutip dari portal berita Malaysia Utusan, saat itu Sharifah Khasif mengalunkan kasidah di Sarajevo, Bosnia Herzegovina pada penghujung 2017. Menurut Utusan, video itu mendadak viral beberapa bulan setelahnya. Utusan sendiri sempat mengunggah video di kanal YouTube-nya pada 26 Maret 2018.

Dalam video berdurasi 6 menit 25 detik itu memperlihatkan Sharifah Khasif mengalunkan selawat Rasulullah di hadapan lebih dari 10 ribu orang. Tampak pula dua penari Sufi dari Turki menjadi latar acara tersebut. 

Selain Utusan, video serupa juga diunggah langsung oleh Sharifah Khasif di fan page Facebook miliknya. "Saya merasa terhormat mewakili negara saya, Malaysia di malam International Quran dan Qasidah yang mulia di Bosnia Herzegovina," tulis Sharifah.

Dia merasa bangga malam itu hadir 10 ribu orang dari seluruh dunia. Di sebuah negara yang 30 tahun mengalami pertumpahan darah. "Saya bersyukur bisa memiliki keistimewaan menjadi qariah Internasional yang membawa jalan saya untuk melihat dunia dan persahabatan," lanjut Sharifah.

Tim mainmain.id lantas melakukan penelusuran lebih lanjut. Sepertinya hari ini (Sabtu 9 November) memang banyak orang sedang mencari informasi soal 'Rusia Bersholawat'. Buktinya, keyword itu langsung muncul di Google Suggestion.

Tim mainmain.id juga melakukan pengecekan di Google Trend, hasilnya benar. Pencarian kata kunci 'Rusia Bersholawat' sedang naik tajam. Lihat grafis di bawah ini:

Pencarian kata kunci 'Rusia Bersholawat' pada Sabtu 9 November 2019

Jika merujuk hasil pencarian dengan kata kunci 'Rusia Bersholawat' di Google Trend dengan rentan waktu antara 2004 sampai sekarang, sepertinya disinformasi ini sudah terjadi sangat lama. Sebab pada 2016 sudah ada pencarian kata kunci serupa. Jumlahnya juga tinggi.

Jadi, kemungkinan video Sharifah Khasif tampil di Bosnia ini sudah lama menyebar dengan informasi keliru. Istilahnya, hoax lama bersemi kembali (HLBK). Selengkapnya lihat grafis di bawah ini:

Ternyata disinformasi terkait 'Rusia Bersholawat' ini tak hanya menggunakan video dari Sharifah Khasif. Ada pula video yang menggunakan sebuah acara di Blue Mosque di Istanbul Turki. Simak screenshot-nya di bawah ini:

 
Kalau video di atas sebenarnya cara pengecekan faktanya mudah. Asal pernah tahu wujud Blue Mosque sebenarnya sudah terjawab fakta dari disinformasi ini. Latar belakang para penyanyi itu adalah Blue Mosque. Dari penelusuran tim mainmain.id, acara tersebut juga tak ada kaitannya dengan Rusia.
 
Jadi hati-hati ya guys, penyebar disinformasi itu sukanya ngepasin moment. Kalian hati-hati jangan gampang percaya dan menyebarkan kembali video yang sepintas terlihat keren atau heboh. Daripada nanti malu, mending tanya dulu ke tim cek fakta mainmain.id melalui link ini: Tanya Tim Mainmain.id
 
 
Related Articles
Current Issues
Awas Hoaks! Pemotongan Adegan Donald Trump di Home Alone 2 Tak Terkait Politik

Current Issues
Awas! Hoaks Starbucks Larang Karyawannya Ucapkan Selamat Natal

Current Issues
Unggah Foto Editan Berlebihan? Awas Kena Peringatan Instagram