Current Issues

Ini Lho Kucing yang Selamatkan Seorang Bayi Sebelum Jatuh dari Ketinggian

Drian Bintang

Posted on November 9th 2019

Detik-detik Gatubela selamatkan Samuel sebelum jatuh dari tangga. (Daily Mail)

Pemalas, cuek, dan seenaknya sendiri. Mungkin pikiran-pikiran ini lah yang akan kalian sematkan setiap kali melihat kucing. Ada benarnya juga sih. Tapi kelakuan heroic yang dilakukan oleh Gatubela, akan mengubah pikiran kalian terhadap kucing secara drastis.

Ya, Gatubela merupakan seekor kucing. Dia adalah kucing yang memiliki darah Siam. Jika diperhatikan secara sekilas, sebenarnya tidak ada yang berbeda dari kucing yang satu ini. Apalagi jika dibedakan dengan kucing-kucing siam lainnya. Gatubela memiliki bulu berwarna dasar krem dengan beberapa corak hitam di sekitar kaki, ekor, dan kepalanya. Gatubela memiliki mata berwarna abu-abu.

Yang membedakan Gatubela dengan kucing-kucing lainnya, adalah apa yang dilakukan oleh dia baru-baru ini. Gatubela baru saja viral di media sosial karena menyelamatkan seorang bayi, yang tidak lain adalah anak dari majikannya.

Aksi Gatubela itu terekam oleh closed circuit television (CCTV). Kamera tersebut, merekam aksi Gatubela dalam video berdurasi 45 detik. CCTV tersebut diletakan di sebuah ruang keluarga. Di mana, Gatubela terlihat sedang duduk di sebuah sofa. Sedangkan, ada bayi berumur 1 tahun yang kemudian diketahui bernama Samuel yang keluar dari kasur bayinya.

Sosok Gatubela yang kini menjadi pahlawan karena selamatkan seorang bayi. (Metro)

Dalam video tersebut, memperlihatkan bagaimana Samuel tiba-tiba keluar dari kasur bayinya. Sepertinya karena orang tua Samuel lupa mengunci kasur bayi tersebut. Sehingga membuat Samuel mudah, keluar dengan sendirinya. Seperti baru saja mendapat kemerdekaan, Samuel langsung menuju ke satu-satunya jalan keluar dari ruangan tersebut. Yakni, tangga yang berjarak mungkin hanya 3 meter dari lokasi kasur bayinya berada.

Setelah melambaikan tangan sebentar kepada Gatubela, Samuel langsung merangkak ke tangga. Dia melewati sofa tempat Gatubela duduk, dan sebuah kursi goyang. Sontak, hal tersebut sepertinya membangunkan jiwa keibuan Gatubela. Melihat Samuel yang sudah sangat dekat dengan tangga, dia langsung melompat dan menarik Samuel sebelum terjatuh. Gatubela lantas mendorong Samuel untuk menjauhi tangga. Alih-alih dia ajak untuk bermain. Sebenarnya Gatubela hendak menyelamatkan Samuel.

Well, sampai saat ini, masih belum ada yang tahu pasti sih motif sebenarnya dari Gatubela. Bahkan, New York Post pun masih belum bisa memecahkan misteri tersebut. Apakah, sebenarnya Gatubela hanya ingin bermain dengan si bayi, atau benar-benar bermaksud menyelamatkannya.

Video ini pertama kali diunggah di media sosial Facebook. Dalam sebuah grup, yang dibuat sebuah pecinta kucing di Bogota, Columbia. Jika dibahasa Indonesiakan, grup tersebut bernama ‘Grup Adopsi dan Penyelamatan Kucing di Bogota”. Semenjak Jumat (8/11) lalu, video tersebut sdah di-share sebanyak 25 ribu kali. Hingga akhirnya video tersebut juga mendapatkan beberapa perhatian dari media internasional, juga beberapa akun dagel. Seperti 9Gag.

New York Post menyebutkan, meskipun tidak benar-benar diketahui motifnya -- setidaknya, sampai ada yang benar-benar bisa mewawancarai Gatubela -- mereka berspekulasi, sebenarnya kucing juga bisa peduli dengan majikannya seperti anjing.

Melalui penelitian yang mereka kumpulkan, menyebutkan bahwa kucing sebenarnya juga memiliki relasi tersendiri dengan majikannya. Hubungan itu, bahkan hampir sama seperti anjing ke manusia. Ini disampaikan oleh salah satu peneliti di Science Daily, Kristyn Vitale. ”Seperti anjing, kucing juga memiliki kebiasaan yang berbeda setelah terpapar oleh sebuah hubungan mereka dengan manusia,” ujarnya di New York Post.

Krystin menambahkan, hubungan yang dirasakan oleh para kucing yang menjadi peliharaan adalah perasaan aman. Mereka menggunakan hubungannya dengan majikannya untuk merasa aman. Terutama, ketika mereka merasa stress, entah karena alasan apa pun itu. ”Kebanyakan kucing memang menggunakan majikannya untuk merasa aman, setiap kali mereka merasa stressed out,” tuturnya lagi.

Wah, ini sih bisa mengalahkan cerita anjing yang ditinggal mati majikannya dari Jepang, Hachiko. Kalau menurut kalian sendiri gimana nih guys? Kucing kalian pada begini semua engga? Hehe.

Tangga yang hendak diraih oleh Samuel, sebelum diselamatkan Gatubela. (Metro)

Related Articles
Entertainment
Syuting Bogota Dihentikan, Song Joong Ki Isolasi Diri

Current Issues
Kisah Hans Christian Andersen di Balik Hari Buku Anak Internasional

Current Issues
On This Date: 31 Maret 1889 Menara Eiffel Pertama Kali Dibuka