Youthcon

UBS Dig Idea: Upgrade Bisnis Kuliner dan Pangan lewat 5 Start Up Kreatif Ini

Mainmain.id

Posted on November 9th 2019

Siapa bilang lapar bikin nggak bisa mikir? Buktinya teman-teman UBS Dig Idea justru dapat ide-ide bisnis keren yang bermula dari rasa lapar, hehehe. Tim Mainmain.id merangkum lima tim dari UBS Dig Idea yang berhasil mewujudkan prototype bisnis seputar kuliner.

 

1. Kopi Sense (SMAN 2 Surabaya)


Sekilas, gak ada yang istimewa dari daftar menu kedai kopi buatan siswa SMAN 2 Surabaya ini. Tapi, kamu pasti kagum sama konsep keseluruhan kedainya. Kopi Sense berkomitmen menjadi tempat yang ramah untuk penyandang disabilitas.

Seluruh stafnya difabel mulai dari kasir hingga barista. Hal ini memungkinkan mereka punya kesempatan bekerja dan berkarya yang sama dengan kawan sebayanya. Selain itu, di dalam kedai ada informasi soal huruf Braille dan juga poster petunjuk bahasa isyarat yang memudahkan pengunjung berkomunikasi dengan staf.

 

2. Bhay Coffee (SMA Kemala Bhayangkari 1)


Mengusung tema inovasi, Bhay Coffee tak hadir sebagai kedai kopi susu kekinian yang belakang lagi hits. Di sini, kopi gak hanya diseduh sebagai minuman tapi juga diolah menjadi berbagai produk makanan lain. Di antaranya puding sedot, bolu kopi, es krim, dan boba.

Jenis kopi yang digunakan sebenarnya beragam. Namun mereka juga memanfaatkan kopi robusta sachet yang identik dengan produk berharga murah, untuk menciptakan makanan berkualitas tinggi.

 

3. Local Deli (SMA Petra 2 Surabaya)


Aplikasi penyedia layanan pesan antar yang satu ini bisa mendukung produsen kuliner lokal yang bingung mendistribusikan makanannya. Bukan hanya seputar masakan rumahan, produk oleh-oleh pun bisa dipesan melalui aplikasi.

Ada fitur "news" yang berisi informasi seputar kuliner seperti makanan yang sedang viral dan sebagainya. Nantinya, pemilik usaha kuliner juga bisa request agar makanannya diulas dalam artikel selama makanannya memiliki daya tarik tinggi.

 

4. Wellfair (SMAN 7 Surabaya)


Kalau kamu anaknya hobi banget datang ke pesta rakyat dan pasar malam, aplikasi Wellfair wajib ter-install di ponselmu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengakses daftar acara festival dan pasar malam yang akan berlangsung di Surabaya.

Di dalamnya termasuk pesta kuliner, festival tahunan, hingga pertunjukan seni budaya. Rencananya, informasi yang dimuat di Wellfair gak hanya berasal dari Surabaya namun berkembang ke seluruh Indonesia.

 

5. Food Guide (SMAN 1 Cerme)


Aplikasi ini bertujuan memberi informasi soal makanan yang baik dikonsumsi atau harus dihindari bagi kamu yang punya kondisi kesehatan tertentu. Misalnya, daftar pantangan dan makanan yang dianjurkan bagi penderita maag. Jadi seseorang gak perlu jauh-jauh pergi ke dokter buat tanya atau konsultasi lagi masalah ini.

Wah, kalau benar-benar bisa direalisasikan, kelima ide dan aplikasi di atas pasti bakal helpful banget, ya? ()

Selain update dari venue UBS Youthcon 2019, mainmain.id juga punya info menarik buat kalian nih. Yang terbaru di antaranya: 

Taiwan Terapkan 'Jam Malam' untuk Gamer di Bawah Umur

Call of Duty: Modern Warfare Keluarkan Dua Map Baru

Ini 4 Laga Seru Liga Inggris di Pekan ke-12

- Oalah, Kanal Youtube Calon Sarjana Ketahuan Plagiat

Neom, Kota Masa Depan di Arab Saudi, Lengkap dengan Robot dan Taksi Terbang!

 

Spesial di Bulan November

Memperingati November Sebagai Bulan Vegan Dunia

5 Rekomendasi Film Pilihan yang Tayang November

November Datang! Ini 3 Laga Seru Liga Inggris yang Wajib Kalian Tonton

Borongan! Ini 5 Konser KPop di Indonesia Sepanjang November

Related Articles
Youthcon
UBS Dig Idea: 5 Booth Unik Ini Bahas Mental Health hingga Nostalgia 90an

Youthcon
Smala Siap Ajak Jadi Sobat Laut di UBS Youthcon 2019

Youthcon
UBS Dig Idea: 5 Ide Start Up yang Bisa Jadi Solusi Atasi Kerusakan Lingkungan