Interest

Death Stranding Sudah Bisa Dimainkan di PlayStation 4

Drian Bintang

Posted on November 8th 2019

Permainan yang sudah ditunggu-tunggu tahun ini akhirnya rilis juga. Death Stranding. Bahkan game ini sudah bisa dimainkan di PlayStation 4. Kojima Production, juga menjelaskan bahwa game besutan Hideo Kojima ini juga akan rilis di personal computer (PC).

Game ini bisa dibeli melalui online purchasing yang bisa dilakukan di PlayStation Store. Pemain cukup merogoh kocek sekitar Rp 829 ribu untuk bisa memainkan game ini. Itu merupakan harga yang dibutuhkan untuk mendapatkan gamenya saja. Namun, pemain juga bisa membeli paketan alias bundle dari game ini, dengan harga Rp 1,13 Juta.

Kelebihannya? Pemain akan mendapatkan beberapa item tambahan ketika memainkan game ini. Beberapa di antaranya, seperti kostum tambahan untuk karakter utama: Sam Bridges.

Selain itu, tidak ada yang membedakan antara pembelian bundle atau tidak. Jalan ceritanya pun tidak jauh berbeda.

Game ini merupakan karya pertama Hideo Kojima setelah berpisah dari Konami. Salah satu perusahaan game besar, yang juga menaungi permainan ternama seperti, Tekken.

Kojima begitu serius menyiapkan karyanya ini. Naskah game ini saja sudah dibuat sejak 4 tahun lalu. Tepatnya, di tahun yang sama ketika Hideo memutuskan untuk meninggalkan Konami pada 2015 lalu.

Pengembangan game ini pun berjalan lebih lama. Selain karena tidak mendapatkan ide untuk meneruskan naskah dan jalan ceritanya. Hideo, juga dipaksa untuk mandiri. Dia pun mendirikan perusahan Kojima Production.

Perusahaan tersebut nantinya tidak jauh berbeda dari perusahaan game di luar sana. Bedanya, Kojima Production hanya akan mengeluarkan game yang dirintis oleh Hideo saja. Setidaknya --untuk saat ini-- Death Stranding menjadi debut pertama Kojima Production dalam melakukan produksi game.

Jalan cerita game ini berporos ke Sam Bridges. Di sini, Hideo menggunakan pemain The Walking Dead, yang kemudian diubah menjadi sosok animasi.

Ya, dia adalah Norman Reedus. Seakan memperlihatkan usaha Hideo dalam membuat game-nya laris di pasaran. Dia menggunakan dua aktor yang cukup familiar oleh semua orang. Tokoh Cliff, yang menjadi musuh dari Sam merupakan seorang pemain di serial ternama. Hannibal. Ya, dia adalah Mad Mikkelsen.

Sam memiliki satu tugas yang pasti. Dia adalah kurir yang mengantarkan suplai, dari satu tempat ke tempat yang lain. Latar belakang game tersebut adalah tahun 2020. Di mana dunia sedang tidak terjadi apa-apa. Mungkin, game ini akan berjalan biasa saja. Namun, bukan Hideo namanya kalau dia tidak membuat setting post-apocalyptic future sebagai latar belakangnya.

Dikisahkan, dunia sudah tidak lagi sama di sini. Entah karena apa, kini manusia, tidak bisa hidup seenaknya di Bumi. Mereka ketergantungan dengan sebuah ekosistem buatan yang dibuat di masing-masing kota. Untuk keluar dari kota tersebut, mereka harus dilengkapi dengan serangkaian peralatan. Untuk menjaga mereka agar tetap hidup. Termasuk apa yang dilakukan oleh Sam.

Game ini sendiri ber-genre Role Play Game (RPG) dengan konsep Open World. Untuk bertahan hidup, pemain harus menjaga jarak dengan musuh yang ada di sekitarnya.

Dalam game ini Hideo juga tidak menciptakan peralatan yang cukup banyak untuk bertarung. Sam hanya dilengkapi dengan beberapa peralatan untuk bertahan hidup.

Pemain harus menyiapkan perangkap, atau mengambil senjata lawan untuk melakukan pertarungan secara langsung. Jadi mungkin ini bukan game yang cocok untuk kalian yang lebih suka baku hantam dalam sebuah permainan.

Game ini menjadi satu di antara berbagai macam game yang rencananya juga akan dirilis di PlayStation 5. Sony menawarkan kualitas gambar yang lebih bagus ketika game ini dimainkan di PlayStation 5.

Meskipun sudah diluncurkan di seluruh dunia, tapi Death Stranding terbilang masih cukup eksklusif. Kojima Production hanya mengeluarkan versi game di konsol PlayStation 4 saja. Sedangkan pemilik XboxOne masih harus sabar karena Hideo perlu membangun kerjasama dengan Microsoft, pemilik lisensi Xbox.

Sedangkan untuk pemain PC, Kojima Production memastikan merilis versi PC. Kapan? Paling cepat awal musim panas mendatang. Tepatnya sekitar Juni 2020. Hal itu terungkap dari unggahan akun resmi Kojima Production di Twitter dengan username @KojiPro2015_EN. ”Terlebih lagi, Kojima Productiion dengan bangga mengumumkan bahwa Death Stranding akan diluncurkan ke PC pada awal musim panas 2020 ini,” tulisnya.' 

 

 

Related Articles
Interest
Hebat! Belum Sebulan Dirilis, 'Death Stranding' Masuk Nominasi Game of the Year

Interest
Hideo Kojima Kembali Luncurkan Teaser Death Stranding

Entertainment
Festival Brotherground jadi Ajang Reunian Penggemar Musik Cadas Surabaya