Youthcon

UBS Dig Idea: 5 Startup ini Bisa Bantu Program Pendidikan Pemerintah

Mainmain.id

Posted on November 8th 2019

Para peserta di UBS Dig Idea punya rancangan besar untuk mewujudkan start up yang mengacu pada 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), termasuk pendidikan. Seperti lima start up di bawah ini yang gak cuma menarik idenya, tapi bakal berpotensi mencerdaskan bangsa lewat media digital.

1. Creativo (SMA 1 Boyolangu)


Bisa dibilang ini aplikasi one stop solution buat para kreator muda yang bakatnya ada di bidang fotografi, desain, dan visual art. Creativo adalah platform yang mempertemukan kreator dan customer. Customer bisa membeli produk atau jasa yang mereka butuhkan seperti logo, desain dan flyer template, atau foto. Bukan cuma produk jadi, jasa para kreator bisa di-hire secara profesional untuk sebuah proyek.

Kelebihan lain, ada fitur mentoring bagi kreator pemula dalam bentuk video step by step untuk skill basic hingga advance. Kreator juga bisa memanfaatkan fitur chatting dengan mentor ataupun fitur forum untuk berbagi pengalaman dengan sesama pengguna.

 

2. Ducare (SMA St. Louis Surabaya)


Kehadiran Ducare bakal super helpful buat kamu yang mau lulus SMP atau SMA. Di sini kamu bisa cari informasi seputar sekolah atau universitas impianmu di Indonesia maupun luar negeri. Kamu juga bisa cari tahu mana aja daftar universitas yang menyediakan jurusan pilihanmu.

Selain itu, Ducare punya banyak fitur keren seperti tes minat bakat untuk cari jurusan yang sesuai dengan kepribadianmu, daftar beasiswa, dan modul pembelajaran lewat video. Kamu pun bisa berbagi dengan sesama pengguna soal pengalaman ikut tes di sekolah atau kampus tertentu serta saling support biar tetap semangat!

 

3. Hello English (SMA 17 Agustus Surabaya)


Bukan hal asing lagi kalau bahasa Inggris jadi bahasa komunikasi internasional dan penting banget buat dikuasai. Dengan begitu, sekolah maupun pekerjaan impian bisa selangkah lebih dekat di depan mata. Tapi sayang, banyak yang kesulitan lancar bahasa Inggris bukan karena tidak bisa, tapi karena bahasa ini tidak biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, salah satu platform untuk terbiasa berbahasa Inggris adalah Hello English. Aplikasi buatan siswa SMA 17 Agustus Surabaya ini memungkinkan kamu berlatih reading, writing, dan listening setiap hari. Ada tes yang dibuat di setiap level untuk menguji sejauh mana perkembanganmu. Ada fitur ranking juga antar pengguna yang didapat dari akumulasi nilai di setiap tes tersebut. Selain itu, fitur translator dan games pun ada di aplikasi ini.

 

4. Gredebuk (SMAN 1 Porong)


Kalau lagi mager cari buku ke toko atau pasar, cukup buka aplikasi yang satu ini. Gredebuk menyediakan banyak pilihan buku secara lengkap baik yang baru maupun bekas. Nah, kamu yang punya buku bekas dan tak terpakai, jangan buru-buru dibuang! Kamu bisa menyumbangkan buku-bukumu lewat aplikasi ini, yang nantinya akan didistribusikan kepada pihak membutuhkan.

Pilihan bukunya gak terbatas di buku pelajaran. Kalau kamu hobi baca novel atau kumpulan cerpen, bisa juga cari referensinya di sini.

 

5. Smart Millennial (SMA GIKI 2 Surabaya)


Ini bisa jadi langkah cerdas dan praktis untuk tahu tingkat IQ, EQ, dan SQ kamu. Jadi, kamu bisa lebih mudah menentukan jurusan atau bidang pekerjaan yang gak hanya sesuai dengan minat, namun potensi dan kepribadianmu juga.

Setiap kategori punya bentuk pertanyaan yang berbeda-beda. Tapi secara umum aplikasi ini memuat tes serupa TPA hanya saja dalam bentuk online. Termasuk tes menggambar, logika, hitung cepat, dan sebagainya.

Wah, oke banget semua idenya, ya? Semoga yang selama ini sedang galau soal sekolah dan pekerjaan bisa tercerahkan dengan mengakses aplikasi-aplikasi di atas, deh! ()

Related Articles
Youthcon
UBS Dig Idea: 5 Booth Unik Ini Bahas Mental Health hingga Nostalgia 90an

Youthcon
Smala Siap Ajak Jadi Sobat Laut di UBS Youthcon 2019

Youthcon
UBS Dig Idea: 5 Ide Start Up yang Bisa Jadi Solusi Atasi Kerusakan Lingkungan