Entertainment

Produser Akui Manipulasi Voting, Warganet Dukung X1 dan IZ*ONE Lewat Tagar

Delima Pangaribuan

Posted on November 7th 2019

 
Kabar manipulasi voting dua survival show bikinan Mnet hampir mendekati titik akhir. Produser kedua program tersebut, Ahn Joonyoung, baru saja mengakui kalau dia memanipulasi hasil akhir Produce X 101 tahun 2019 dan Produce 48 tahun 2018, seperti diberitakan Soompi.
 
Ahn Joonyoung kemudian ditahan atas tindak penipuan dan penerimaan suap. Soompi menjabarkan, Ahn disebut telah menerima setidaknya 40 kali suap dalam bentuk adult entertainment di daerah Gangnam. Suap itu dilakukan bergantian oleh beberapa agensi yang artis atau trainee-nya berpartisipasi dalam program survival show tersebut. Totalnya kalau diuangkan kira-kira mencapai 100 juta won atau Rp 1 miliar.
 
Mengutip SBS, Ahn Joonyoung menjelaskan bahwa dia memang memanipulasi ranking kedua program tersebut ketika diinterogasi polisi. Tapi, dia membantah telah melakukan hal yang sama pada dua program yang diproduseri sebelumnya, Produce 101 Season 1 (I.O.I) dan Produce 101 Season 2 (Wanna One). Saat ini, kepolisian setempat masih mendalami kasus lebih jauh ke masing-masing agensi.
 
Berita ini tentu disambut senang sama warganet, terutama yang ngikutin kedua acara tersebut. Tapi di sisi lain, warganet juga sudah cinta sama dua grup yang debut berkat kedua program itu, IZ*ONE dan X1. Mereka khawatir kasus ini kemudian merembet ke dua grup yang sampai saat ini masih aktif tersebut. IZ*ONE debut pada Agustus 2018 dan X1 baru saja debut Agustus 2019 kemarin.
 
Warganet pun menunjukkan dukungan kepada mereka dengan meramaikan tagar di Twitter. #StandUpforX1 sempat muncul di deretan atas trending di Indonesia. Sementara secara global, tagar #WIZONELOVEIZONE juga muncul. "Kalau bukan kita yang menguatkan, siapa lagi," tulis akun @erryoun, lengkap dengan dua foto IZ*ONE dan X1 yang lagi berpelukan.
 
 
 
Kecurigaan warganet atas manipulasi voting itu sebenarnya sudah ramai sejak Produce 48 tahun lalu. Tapi polisi baru benar-benar bisa mengusut kasus ini setelah terulang pada Produce X 101. Pada kedua acara tersebut, warganet geram karena peserta yang selama acara berlangsung selalu dapat ranking tinggi, tahu-tahu jeblok dan  gagal debut bareng grup bentukan mereka.
 
Memang kasus ini jadi benar-benar kayak buah simalakama, guys. Di satu sisi harusnya fans lega karena kebobrokan sistem voting di acara survival show KPop terbongkar. Tapi di sisi lain, kasihan juga sama artisnya yang udah terlanjur debut dan bekerja keras, sementara perjalanan karir mereka terancam sama kasus-kasus kayak gini. Duh, semoga X1 dan IZ*ONE tetap solid dan makin sukses ke depannya. (*)
Artikel Terkait
Entertainment
Akibat Skandal Manipulasi, IZ*ONE dan X1 Didepak dari Golden Disc Awards

Entertainment
Terungkap! Member IZ*ONE-X1 Sudah Fix Sebelum Voting, 2 Member Wanna One 'Haram'

Entertainment
Akibat Kontroversi Produce, Mnet Tak Lagi Pakai Slogan 'We Are K-Pop'?