Youthcon

UBS Dig Idea: 5 Ide Start Up yang Bisa Jadi Solusi Atasi Kerusakan Lingkungan

Mainmain.id

Posted on November 6th 2019

Di zaman digital seperti saat ini, solusi bagi permasalahan di masyarakat bahkan bisa tercipta hanya lewat sebuah aplikasi. Termasuk untuk mengatasi perkara kerusakan lingkungan. Ide brilian pun hadir lewat UBS Dig Idea, termasuk di antaranya adalah lima start up berikut ini!

 

1. Sobat Laut (SMAN 5 Surabaya)


Isu kerusakan laut jadi salah satu concern yang banyak dibahas beberapa tahun belakangan. Apalagi tentang menumpuknya limbah plastik yang kerap tertelan dan membahayakan biota laut. Alasan ini yang akhirnya membuat siswa SMAN 5 Surabaya berinisiatif merancang aplikasi "Sobat Laut".

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya mengakses informasi seputar laut, seperti cuaca dan juga daftar laut dan pantai terdekat dari tempatmu berada. Gak cuma itu, ada fitur "Community Litter Report" yang memudahkan kamu untuk lapor kalau pantai dan laut yang lagi kamu datangi kotor atau dipenuhi sampah.

 

2. Blankforest (SMAN 14 Surabaya)


Sesuai judulnya, aplikasi satu ini fokus menyoroti kerusakan dan kebakaran hutan. Blankforest mengutamakan pengumpulan donasi berupa uang. Nantinya uang yang terkumpul ke server bakal dirupakan pohon yang didistribusikan ke hutan gundul maupun pasca terbakar.

Di samping fungsi utamanya itu, pengguna bisa mengakses artikel seputar ekosistem darat, daftar hutan yg kebakaran, games, dan juga fitur chatting dengan developer.

 

3. La Mia Foresa (SMAN 4 Surabaya)


Masih seputar kelestarian hutan, aplikasi La Mia Foresa dibuat untuk mempermudah organisasi atau pihak-pihak yang ingin mempromosikan event mereka seputar lingkungan. Misalnya acara menanam pohon, aksi bersih-bersih laut, dan banyak lagi.

Jadi, kalau punya minat dengan gerakan pelestarian lingkungan bisa fokus mencari kegiatan yang kamu suka di sini. Gak cuma fokus untuk itu, penggalangan dana untuk korban bencana hingga shelter hewan pun bisa dilakukan lewat aplikasi ini.

 

4. Greendang (SMAN 10 Surabaya)


Siswa-siswi SMAN 10 Surabaya nampaknya sadar betul kalau hutan yang berfungsi sebagai jantung dunia ini mulai terancam. Karenanya, lahirlah aplikasi Greendang sebagau upaya menjaga kelestarian hutan.

Greendang punya banyak fitur menarik, di antaranya mberitahu informasi seputar tanaman yang bisa mengurangi polusi, informasi soal kegiatan lingkungan yang dilakukan organisasi tertentu, artikel soal update terkini keadaan hutan di Indonesia, hingga daftar hutan yang kece dan menarik untuk liburan.

 

5. Poseidon (SMA Muhammadiyah 3 Surabaya)


Penanganan kasus illegal fishing di perairan Indonesia bukan cuma tanggung jawab pemerintah saja. Kita sebagai warga sipil bisa juga lho berkontribusi, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Poseidon.

Start up gagasan SMA Muhammadiyah 3 Surabaya ini, sengaja dibuat agar nelayan maupun masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir bisa melaporkan kecurigaan illegal fishing dan juga masuknya kapal asing. Lewat aplikasi ini, mereka bisa langsung terhubung dengan polisi laut saat menemukan tindak illegal fishing. Lalu, ada fitur radar untuk menunjukkan koordinat kapal nelayan yang nomor serinya telah terdaftar di aplikasi. Kalau ada kapal yang lewat dan tak muncul dalam radar, wah, patut dipertanyakan tuh!

Keren banget deh siswa-siswi SMA yang berhasil melahirkan ide cemerlang ini. Semoga aplikasinya bisa cepat diluncurkan, ya!

Related Articles
Youthcon
UBS Dig Idea: 5 Booth Unik Ini Bahas Mental Health hingga Nostalgia 90an

Youthcon
Smala Siap Ajak Jadi Sobat Laut di UBS Youthcon 2019

Youthcon
UBS Dig Idea: 5 Startup ini Bisa Bantu Program Pendidikan Pemerintah