Current Issues

IGTV, Aplikasi Saingan Baru Youtube!

Fidya Citra

Posted on June 21st 2018

Instagram baru aja meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama IGTV. IGTV ini dideskripsikan sebagai aplikasi  untuk menonton video berdurasi panjang secara vertikal.

Meskipun berbentuk aplikasi sendiri, kamu bisa login di aplikasi IGTV menggunakan akun Instagram yang telah kamu miliki dan voila! kamu bisa menonton video dari orang-orang yang sebelumnya kamu udah follow.

Aplikasi IGTV ini sengaja didesain CEO Instagram, Kevin Systrom untuk mempermudah para pengguna Instagram menonton video lewat smartphone. Sebab, IGTV nggak seperti aplikasi video sebelumnya yang harus klik search dulu sebelum menonton video. IGTV akan secara otomatis menampilkan video saat kamu buka, ya bisa dibilang mirip televisi yang kita udah kenal selama ini.

Berbeda dengan Youtube, video yang bisa kamu post via IGTV masih dibatasi durasi maksimal 10 menit. Lain halnya bagi kreator dengan jumlah followers yang lebih masif, mereka dapet jatah mem-posting video berdurasi hingga 1 jam!

Nggak cuma durasi, format tampilan video jadi kunci utama persaingan IGTV dengan Youtube. Youtube yang telah berhasil membawakan format video horizontal untuk menampilkan konten-konten yang lebih "Television friendly", ditantang IGTV dengan format video yang lebih pas untuk ditonton di smartphone.

Selain itu, perbedaan juga terdapat dalam sistem monetisasi. Sistem monetisasi Youtube yang udah populer di kalangan kreator tidak diikuti IGTV. Kreator bisa mendapatkan uang apabila mereka melakukan deal dengan pihak brand sendiri, IGTV hanya menyediakan layanan yang memperbolehkan mereka menampilkan link iklan di akun profil IGTV mereka.

(sumber: The Verge)

Related Articles
Current Issues
Hai Konten Kreator, IGTV Bakal Bisa Dimonetisasi loh

Entertainment
Selena Gomez Protes Keras Petinggi Media Sosial, Demi Lawan Kebencian dan Hoax

Tech
Hati-hati! 235 Juta Data Akun Instagram, TikTok, dan YouTube Bocor di Dunia Maya