Youthcon

Comic Strip: 9 Komik ini Ajak Para Pengunjung Untuk Jaga Lingkungan

Ridho

Posted on November 5th 2019

Membawakan tema future, menjadikan tantangan tersendiri bagi peserta Comic Strip. Namun hal itu mampu diatasi dengan mudah oleh 30 besar peserta yang lolos. Mereka bahkan menyelipkan beberapa pesan penting untuk para pengunjung UBS Youthcon 2019. Penasaran kan? Yuk simak sembilan komik karya para peserta comic strip.

1. SMA Petra 3 Surabaya tim a

Bahayanya pemanasan global jadi tema yang diangkat oleh tim Petra 3 ini. Mereka menyebutkan bahwa global heating terjadi akibat ulah dari manusia yang makin tak peduli dengan lingkungan. Petra 3 pun juga memberikan solusi untuk mengurangi global heating dengan cara kurangi pemakaian listrik dan perbanyak menanam pohon. 

2. SMA Al-Mizan Surabaya tim b

Kondisi laut yang penuh sampah plastik memang bikin gusar sebagian orang. Konsep itu dikemas dengan apik oleh tim SMA Al-Mizan Surabaya dengan menggambarkan kondisi laut saat ini. Dalam empat panel, mereka menunjukkan bahwa ada seorang yang mendapat sampah plastik ketika memancing. Setelah dicari tahu, ternyata isi dari laut adalah sampah plastik, bukanlah ikan.

3. SMA Petra 2 Surabaya tim b

Impian tim Petra 2 terlihat jelas pada karya mereka. Dalam komik empat panel ini, terlihat bahwa mereka ingin menggunakan tempat sampah yang bisa langsung mendaur ulang. Nantinya akan terbagi menjadi tiga, yakni tong sampah organik, kertas, dan daur ulang.

4. SMAN 1 Porong tim b

Tim Smansa Porong menampilkan komik dengan tema penangkapan ikan menggunakan pukat harimau. Di dalam komik ini terlihat bahwa ada seekor penyu yang berenang sendiri. Penyebabnya adalah sang keluarga penyu sudah menjadi santapan maupun aksesoris bagi manusia.

5. SMA Muhammadiyah Surabaya 10 tim b

Pembangkit listrik memang jadi kebutuhan penting bagi kehidupan manusia. Namun tim SMA Muhammadiyah 10 Surabaya menunjukan dampak buruk dari pembangkit listrik tenaga nuklir. Mereka memberikan solusi saatnya beralih menggunakan kincir, dan solar system.

6. SMAN 11 Surabaya tim b

Tak hanya membuat komik, SMAN 11 Surabaya juga berhasil mengampanyekan pentingnya air bersih. Mereka berkaca bahwa lebih dari 30 juta penduduk Indonesia kekurangan air bersih. Pada panel terakhir mereka mengajak para pembaca dan pengunjung untuk bisa hemat air dan tak membuang sampah sembarangan.

7. SMA Shafta Surabaya tim a

Isu yang cukup nyentil berhasil diangkat tim Shafta dengan membahas kepindahan ibu kota ke Kalimantan. Mereka menunjukan ternyata Kalimantan juga tak lagi hijau akibat pembangunan industri.

8. SMA Muhammadiyah 4 Surabaya

SMA Muhammadiyah 4 Surabaya menunjukan betapa bahayanya sampah bagi ekosistem laut. Dalam empat panel, mereka menunjukan bahwa terumbu karang dan beberapa hewan laut sudah tercemar sampah plastik.

9. SMAN 1 Porong tim a

Smansa porong mengemas isu penting dengan kemasan “Suroboyoan”. Komik empat panel ini menceritakan bahwa ada seorang yang bernama Cak Ud meleleh layaknya lilin akibat panas terik matahari. Jika dilihat penyebabnya adalah global warming akibat banyaknya industri dan gas emisi.

Artikel Terkait
Youthcon
Comic Strip: 5 Karya ini Usung Tema Kehidupan yang Sehat

Youthcon
Ini Dia 30 besar Tim Comic Strip

Youthcon
Nggak Cuma Band, DJ Juga Bisa Ikut Unjuk Gigi di Honda Genio Music Competition