Sport

Ketahuan Curang, Akun Pemain Fortnite Profesional, Faze Jarvis Diblokir

Drian Bintang

Posted on November 5th 2019

FaZe Jarvis diblokir akunnya oleh Epic Games karena ketahuan berbuat curang menggunakan aim bot (Fortnite Insider)

Cheating. Itu tindakan yang paling diharamkan dalam dunia game. Sebab, tindakan ini hanya akan menguntungkan sebagian orang saja, dan merugikan lainnya. Terutama, jika digunakan di game berbasis online yang dimainkan oleh banyak orang.

Tidak heran, jika semua developer ternama selalu mengambil tindakan serius. Jika mereka bertemu dengan pemain yang melakukan curang. Berbagai macam hukuman akan diberikan kepada pemain yang ketahuan curang. Mulai melakukan suspend akun dalam kurun waktu yang ditentukan. Hingga melakukan blokir secara permanen terhadap akun pemain yang ketahuan curang.

Tidak hanya casual gamer saja ternyata yang melakukan kecurangan. Beberapa professional player juga melakukan hal serupa. Berbagai macam alasan diberikan oleh pemain dalam berbuat curang. Salah satunya yang dilakukan oleh pemain Fornite profesional, FaZe Jarvis.

Pria yang memiliki nama asli, Jarvis Kaye tersebut akunnya diblokir secara permanen oleh Epic Games. Developer pemilik Fortnite. Ini dilakukan setelah Jarvis ketahuan menggunakan sebuah software bernama aimbot. Jarvis pun kini tidak bisa lagi bermain Fortnite.

Memang sih, jika satu akun saja diblokir, pemain bisa membuka akun baru dengan email lain. Hanya saja, bagi seorang professional player akun merupakan nyawa mereka.

Di dalamnya, telah tersimpan  sejarah permainan mereka selama ini. Mulai dari rank, hingga beberapa pembelian senjata, atau karakter yang dilakukan selama ini. Diblokirnya sebuah akun berarti itu semua akan hangus. Sehingga, pemain harus memulai karir bermain game-nya semenjak awal.

Jarvis sudah mengakui perbuatannya. Dia mengunggah sebuah video berdurasi enam menit di kanal YouTube pribadinya. Di situ, dia meminta maaf kepada Epic karena telah menggunakan aimbot.

Dia mengakui sebenarnya dia tidak perlu menggunakan software tersebut untuk berbuat curang. Namun, nasi sudah menjadi bubur. ”Saya tahu ini merupakan sebuah kesalahan yang sangat besar, dan ini memang salah saya,” katanya di video tersebut seperti yang dilansir IGN.

Aimbot sendiri merupakan software tambahan yang digunakan pemain untuk mengontrol arah senjata mereka. Biasanya, dalam permainan bergenre Battle Royale seperti Fortnite, developer memang berusaha menciptakan sebuah suasana seperti di dunia nyata.

Salah satunya, adalah menciptakan recoil dalam senjata seusai ditembakkan. Bergeraknya target, yang terjadi karena kuatnya daya yang ditimbulkan untuk melesatkan peluru memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemain. Terutama, mereka yang tidak pernah menjalani pelatihan menembak senjata api sebelumnya.

Terkadang, keseruan justru terjadi karena upaya pemain dalam menyesuaikan diri. Ada kebanggaan tersendiri, jika kita bisa menguasai semua senjata dengan baik.

Nah, tugas software yang satu ini adalah mengurangi efek recoil yang ditimbulkan sebuah senjata. Ketika menembak, dengan otomatis target pemain akan kembali seperti semula. Yakni, ke tubuh karakter lawan.

Tidak hanya itu, software ini juga membantu pemain dalam mengarahkan target agar lebih cepat menuju ke lawan. Bak sebuah magnet, software ini membuat target tembakan pemain yang menggunakannya lengket ke lawan.

Ini membuat kemungkinan untuk menang dalam sebuah baku tembak semakin meningkat. Juga akan menurunkan kesempatan lawan, untuk menang. ”Sejujurnya, saya juga tidak tahu apa yang saya pikirkan. Cheating itu memang benar-benar salah,” lanjut Youtuber itu di video.

Atas kelakuannya tersebut, Jarvis tidak bisa bermain Fortnite dengan akun terdahulunya. Sebab Epic sudah menghanguskan akun dengan username FaZe Jarvis. Ini membuat Jarvis harus berhenti bermainb Fortnite, atau membuat akun baru.

”Kami tidak memilik toleransi soal penggunaan software untuk curang seperti ini. Sebab penggunaannya akan memberikan keuntungan ke beberapa pihak saja, dan merugikan banyak orang yang masih ingin bermain secara bersih,” tegas salah satu perwakilan Epic Games ketika dicoba dikonfirmasi oleh IGN. Wah, makanya jangan curang deh. Ketimbang diblokir seperti Jarvis. Hiii serem deh!

 

 

Artikel Terkait
Interest
Nyalakan Mode Supercharged XP di Fortnite Tiap Sabtu dan Minggu

Hobi
Klimaks Konflik Apple vs Epic Games: Fortnite Dihapus dari App Store

Interest
Fortnite Gelar TikTok Challenge: #EmoteRoyaleContest