Interest

Ini Spot Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat ke Jogjakarta

Afrieza Zaqi

Posted on November 4th 2019

Terbawa lagi langkahku ke sana
Mantra apa entah yang istimewa
Kupercaya selalu ada sesuatu di Jogja

Adhitia Sofyan – Sesuatu di Jogja

Cuplikan lirik ini benar-benar menggambarkan bagaimana saya harus kembali ke Jogjakarta yang selalu istimewa. Beberapa saat lalu, saya dipercaya untuk menapakkan kaki ke Kota Pelajar tersebut untuk meliput kemeriahan Honda DBL D.I. Jogjakarta Series 2019.

Bukan, kali ini saya tidak akan menceritakan keseruan Honda DBL. Melainkan mau memberikan beberapa refrensi makanan yang harus kalian coba di sekitar Jogjakarta. Nggak cuman murah, tapi bikin kamu ketagihan.

 

Lokasi: Jl. Affandi No.31, Soropadan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

Pagi-pagi bingung mau sarapan apa? Mungkin menu makanan satu ini bisa jadi referensi kamu buat mengisi perut di pagi hari. Menu andalannya adalah Nasi Balap Puyung. Makanan ini sendiri menjadi salah satu menu makanan sarapan di Lombok.

Isinya sangat lengkap. Telur masak kecap, kentang kering, tumis kacang panjang, ayam pedas, dan kacang kedelai goreng lengkap dengan nasi. Harganya? Nggak usah khawatir, Cuma Rp 14.000 untuk biasa dan Rp 17.000 untuk yang jumbo.

Pssst, aku kasih sedikit lifehack. Kamu bisa pesen lewat grab dengan harga yang jauh lebih murah. Pertama, menu makanan tadi ada promo khusus diskon. Jadi, untuk nasi balap komplit berada di harga 13 ribu dan jumbo berada di harga 14 ribu.

Lebih murah lagi kalau kamu pakai promo Palugada dari Grab. Dengan pembelian minimal 30 ribu, kamu bisa beli set dua nasi komplit jumbo dan ekstra ayam. Nantinya kamu hanya perlu bayar di kisaran angka Rp 22 ribu karena diskon tersebut. Gimana, steal deal banget kan?

 

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

Yang satu ini fixed nggak boleh kamu lewatkan ketika berada di Jogjakarta. Jenis sate yang satu ini semakin terkenal setelah film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta 2, Red) mempopulerkannya sebagai salah satu spot kuliner yang bisa kamu coba di Jogjakarta. Tapi, yang saya mau bahas bukan Sate Klathak Pak Bari yang ada di film itu. Melainkan Sate Klathak Pak Pong.

Yang membedakan sate klathak dengan jenis sate lainnya adalah daging kambing tersebut ditusuk dengan ruji motor. Hal ini membuat daging menjadi matang baik di luar maupun di dalam. Mungkin kalau rujinya ala-ala motor Thai look lebih enak lagi ya? Hehehe.

Selain itu, sate ini hanya dibumbui dengan garam. Tanpa kecap. Beda dengan sate Madura.

Teksturnya yang juicy dan tidak amis menjadi salah satu faktor mengapa sate ini jadi idola. Bahkan, teman saya yang tidak suka makan sate kambing pun doyan makan sate ini.

Yang bikin lebih asik lagi adalah sate ini Harganya sangat murah. Rp 24.000 per porsi untuk dua tusuk sate. Sedangkan untuk tengkleng harganya Rp 29.000. tapi nggak usah khawatir, dengan harga segitu, kamu dapet porsi jumbo. Iya, jumbo!

 

Lokasi: Senopati, Jl. Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151

Setelah kenyang makan di Bantul, kita kembali ke Kota Yogyakarta. Untuk melawan cuaca malam Jogja yang dingin karena musim hujan, bakmi kuah Kadin bisa menjadi pilihan. Tempatnya sangat nyaman. Aroma arang khas bakmi jogja, kerupuk tenggiri yang lezat, lengkap dengan music keroncong dari musisi jalanan membuat suasana malammu makin asik.

Dari sekian banyak bakmi jogja yang pernah saya makan, Bakmi Kadin tidak bikin eneg. Kuahnya yang kental tapi rich dengan perpaduan telur bebek dan kaldu ayam memang juara! Oiya selain bakmie kuah, kamu juga bisa pesan bakmi goreng kok. Rasanya juga nggak kalah lezat. Harganya cuma Rp 20.000 untuk satu porsi.

 

Lokasi: SMAN 3 Yogyakarta

Kalau kamu pengin yang beda, bisa coba buat ke SMAN 3 Yogyakarta. Disini ada nasi goreng yang terkenal di kalangan penduduk lokal. Namanya Nasi Goreng Sapi Padmanaba. Nasi goreng yang satu ini berbeda dari nasi goreng biasa. Pasalnya, ia menggunakan kombinasi rempah yang sangat nendang sekali.

Bukan Cuma itu, potongan daging sapi yang melimpah, lengkap dengan telur mata sapi dan emping melinjo yang gurih. Semua ini bisa kamu dapat dengan harga Rp 16.000 untuk porsi biasa, dan Rp 17.000 untuk porsi jumbo. Kalau saya, rekomendasikan jumbo lengkap dengan es teh. Rp 19.000 udah bisa bikin kamu kenyang semalaman.

 

Lokasi: Jl. Suroto, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

Nah, selesai dari Nasi Goreng Padmanaba tapi masih pengin nongkrong, kamu bisa jalan kaki ke Silol Kopi and Eatery. Café yang satu ini berbeda dengan beberapa tempat lainnya. Selain harga yang berkisar Rp 15.000 – Rp 30.000 untuk jenis minuman, kamu juga bisa menikmati live music yang ada di panggung bagian dalam.

Nah, kalau kamu orang yang pengin menikmati suasana malam di jogja sambil ngopi, bisa langsung pilih lokasi di rooftop. Sambil ngopi, kamu bisa menikmat semilir angin Jogja yang sejuk di malam hari. 

Lokasi: Jl. Nyai Ahmad Dahlan No.32, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262

Kamu menggunakan moda transportasi kereta dan mau pulang lewat Stasiun Tugu? Nggak ada salahnya untuk bersantai sambil menunggu kereta di Kumpeni. Jaraknya sangat dekat dari stasiun. Hanya 10 menit kalau menggunakan mobil.

Di sini harganya tergolong murah. Tapi, untuk masalah kopi, Kumpeni bisa diadu. Café ini memiliki beragam jenis biji kopi yang bisa kamu nikmati. Mulai dari Flores Bajawa, Malabar, Kerinci, Gayo, hingga Robusta. Semuanya bisa kamu nikmati dengan beragam proses jenis pengolahan. Harganya, nggak sampai Rp 35.000 loh!

Nah, buat kamu yang nggak suka ice cream, di sini ada banyak sekali varian cemilan dan ice cream. Yakin deh, dengan suasana yang seperti rumah sendiri, kamu bakal nyaman di sini.

 

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.61, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121

Kalau kamu mau makan berat di dekat stasiun, kamu bisa mencoba Soto Ayam 61 yang terletak di Malioboro. Tepatnya di depan Ramayana. Harganya sangat murah. Satu porsi hanya Rp 15 ribu. Dan jika pisah nasi dan soto, harga Rp 19.000. Dalam satu mangkuk soto tersebut berisi mihun, nasi, dan ayam suwir.

Sekilas soto ini mirip dengan Sop Klaten Pak Min. Namun yang membuat makanan in berbeda adalah rasanya yang lebih manis meski kuahnya berwarna bening. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan sambal kecap spesial dari warung makan ini.

Oiya, disini juga ada beberapa add ons yang bisa kamu coba. Mulai dari perkedel kentang, sate tetelan ayam, hingga telur pindang (telur masak kecap). Untuk add ons, harganya berada diantara Rp 2000 – Rp 6000 (*)

 

 

Related Articles
Interest
On This Date : Selamat Ulang Tahun ke-74 Sri Sultan Hamengku Buwono X

Interest
#GejayanMemanggil Masuk Trending Topic, Apa sih itu?

Interest
Ini 10 Potret Kotagede, Yang Katanya Terindah Se Asia