Sport

Ujicoba Jelang SEA Games, Garuda Muda DOTA2 Gugur di WESG 2019

Drian Bintang

Posted on November 4th 2019

Tim Garuda Muda tersingkir dari kejuaraan WESG 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia (Akademi Esport Indonesia)

SEA Games 2019 tinggal sebentar lagi. Berbagai persiapan dilakukan timnas untuk merengkuh emas kali ini. Tidak hanya mereka yang ada di cabang olahraga (cabor) biasa, tapi juga timnas esports. Itu juga yang dilakukan Garuda Muda Tim DOTA2 yang akan mewakili Indonesia di SEA Games.

Untuk mengasah kemampuan, Garuda Muda Tim DOTA2 mengikuti World Electronic Sports Games (WESG) SEA 2019. Sayangnya mereka pulang lebih awal. Sebab mereka gagal melewati group stage untuk melaju ke playoff.

Tim Garuda Muda sendiri terdiri dari roaster dari tim PG.Barracx. Mereka adalah Ifr1t! alias Felix Rodeardo, Azur4 alias Muhammad Luthfi, Huppey alias Fahmi Choirul, dan Visery alias Kevin Manuel Johan.

WESG SEA 2019 digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Seperti namanya, kejuaraan ini diikuti oleh negara-negara perwakilan di Asia Tenggara. Ada 10 negara yang ikut dalam pertandingan tersebut. Tim-tim peserta masuk dalam beberapa grup.

Garuda Muda sendiri masuk ke grup A. Di sana ada beberapa tim dari Asia Tenggara. Yakni, 496 Gaming (Vietnam), RRQ Trust (Thailand), TNC Predator (Filipina), dan Revival (Brunei Darussalam).

Dilihat dari deretan tim yang masuk grup A, Garuda Muda memang menghadapi lawan yang sangat berat. Tim-tim lawan itu cukup disegani di kancah internasional sekali pun. TNC Predator misalnya. Tim ini merupakan pemenang dari kejuaraan ESL One Hamburg 2019 ini. TNC juga sering menjadi perwakilan Asia Tenggara di berbagai pertandingan bergengsi dunia.

Pada hari pertama, Garuda Muda sebenarnya telah menunjukkan kemampuan terbaiknya. Mereka meraih nilai 1 kali menang dan 1 kali kalah. Kekalahan tersebut didapat saat menghadapi 496 Gaming. Sedangkan kemenangan mereka diperoleh di putaran kedua, melawan Revival.

Tim Garuda Muda ketika berlaga di WESG 2019 (esports ID) 

Pada hari kedua, mereka kalah dari TNC. Sebenarnya Garuda Muda sudah memberikan perlawanan dengan kill score yang jauh. Namun, pertandingan itu bisa diselesaikan dengan cepat oleh TNC.

Mereka hanya butuh 32 menit untuk menumbangkan Garuda Muda. Sedangkan pada pertandingan kedua hari kedua tersebut, Garuda Muda mendapatkan hadiah walk-out nya RRQ Trust dari pertandingan. Ini membuat mereka merengkuh total 2 kali kemenangan, dan 2 kali kekalahan.

Sayangnya, hasil itu tidak cukup untuk membawa Garuda Muda melaju ke babak playoff.

Tersingkirnya Garuda Muda di WESG SEA 2019 ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para penggemar. Terutama jika bicara target emas di cabang esports di SEA Games di Filipina nanti. Banyak yang menilai Garuda Muda bakal kesulitan. Sebab lawan di SEA Games kemungkinan kelasnya juga seperti tim-tim di WESG.

 

Related Articles
Sport
Filipina Rebut Medali Emas Kedua Esports dari Kategori DOTA 2

Hobi
Vietnam Ingin PES Dilombakan di SEA Games 2021

Sport
Keren! Indonesia Kirim Wasit Esports ke SEA Games