Youthcon

Honda Short Movie Competition: 15 Sinopsis Film Pendek ini Keren Banget

Bramantyo Brata

Posted on November 3rd 2019

Hari Minggu (3/11) kemarin, para pengunjung UBS Youthcon 2019 disuguhi film-film keren. Ada 15 film pendek yang diputar di mini theater. Total di Honda Short Movie Competition sendiri ada 30 film pendek. Berikut adalah sinopsis 15 film tersebut biar kamu makin penasaran.

1. The Little Changes You Make (SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo)

Dua orang siswa yang ingin melakukan gerakan untuk lingkungan. Mereka ingin mencegah penebangan pohon di lingkungan sekolahnya. Segala cara mereka lakukan untuk menyadarkan semua orang. Mampukah mereka melakukan gerakan itu? Dan siapakah kedua siswa ini?

 

2. Siapa Lagi? (SMA Kalam Kudus Surabaya)

Sam seorang Vlogger muda yang gemar membuat konten bersama teman-temannya. Suatu ketika mereka mendapatkan tugas dari sekolah untuk mewawancarai penduduk di sebuah desa. Desa ini memiliki berbagai masalah dalam hal kesejahteraan. Sam dan teman-temannya merasa iba dengan keadaan tersebut. Apa yang akan mereka lakukan?

 

3. Together We Can Do It (SMA Sejahtera Prigen)

Film pendek ini berkisah tentang Caesar. Seorang siswa biasa dengan segala kebiasaan remajanya. Suatu ketika Ia dan sahabatnya Alex merasa resah dengan banyaknya kriminalitas di kota mereka. Akhirnya Caesar dan Alex membuat aplikasi untuk memberi pertolongan kepada para korban kriminalitas.

 

4. One Day As Me (SMA Petra 5 Surabaya Tim A)

Empat orang pelaku bullying di sekolah merasakan bagaimana rasanya tak berdaya melawan tindakan bullying. Mereka dipaksa merasakan hal yang sama dengan apa seperti apa yang mereka perbuat kepada temannya Andre yang menjadi korban bullying.

 

5. Trust Issue (SMA Petra 2 Surabaya Tim B)

Memulai hidup yang baru dan melupakan masa lalu itulah yang dilakukan Kirana. Ia ingin menghapus kenangan kelam yang melekat dalam dirinya. Di sekolah baru Kirana bertemu Marcel dan langsung membuatnya pingsan. Siapa sebenarnya Marcel?

 

6. Alas Rezeki (SMA Muhammadiyah 2 Surabaya)

Seorang pedagang sepatu yang berulang kali dikecewakan oleh pelanggannya. Ia memutuskan untuk beralih menjadi driver taxi online untuk mengembalikan kerugiannya selama ini. Apakah nasib baik akan didapatkannya?

 

7. My Colourful Black and White (SMA Petra 2 Surabaya Tim A)

Seorang cewek penderita buta warna merasa tak percaya diri untuk mengembangkan bakatnya. Suatu ketika ia menemukan kacamata ajaib yang membuatnya bisa melihat indahnya warna warni dunia.

 

8. Change To Be Better (SMK GIKI 1 Surabaya Tim B)

Kehidupan Zaka begitu berantakan sebelum ia mengalami mimpi yang menyadarkan hidupnya. Kira-kira apa sih isi mimpi yang dialami Zaka ketika tertidur di kelas?

 

9. Solitude (SMAN 4 Surabaya)

Film ini berkisah tentang seorang anak yang selalu mendapat teguran dari ibunya karena tak mampu mendapat nilai sempurna di sekolah. Ia berusaha membuktikan kepada ibunya jika dirinya mampu meraih kesuksesan meskipun tak sesuai dengan keinginan ibunya.

 

10. Save Mother Nature (SMAN 18 Surabaya)

Save Mother Nature berkisah tentang kerusakan lingkungan, bencana alam, dan kebisingan yang sedang melanda bumi. Manusia membutuhkan inovasi yang mampu membuat hidup mereka nyaman.

 

11. Harus Sayang (SMAN 1 Pulung Ponorogo)

Sekelompok remaja gemar melakukan petualangan. Mereka begitu menikmati perjalanan dengan segala rintangannya. Tak hanya itu, mereka juga membawa misi mulia untuk alam.

 

12. Cuma Mimpi (SMAN 10 Surabaya)

Film ini mengangkat tema yang sangat menarik. Relevan dengan cerita kehidupan para siswa sekolah di Indonesia setahun belakangan ini. Yap, film ini mengisahkan ketakutan para siswa-siswi sekolah negeri zaman sekarang karena aturan zonasi semakin menghantui pikiran mereka. Tetapi ada satu hal yang harus mereka tau bahwa hal ini untuk kepantingan bersama.

 

13. Karier (SMAN 13 Surabaya Tim B)

Film pendek ini berkutat dengan cerita Andien dan Bagas. Mereka sepasang kekasih yang berencana menikah. Bagas yang memiliki posisi tinggi di kantornya dan tidak memperbolehkan Andien melanjutkan karirnya. Sepasang kekasih ini sedang mengalami dilema tentang masa depan mereka.

 

14. A Simple Way (SMA Petra 1 Surabaya Tim B)

Keindahan bumi yang selama ini diceritakan tak sebanding dengan apa yang terlihat sekarang. Perilaku manusia semakin membuat bumi rusak akan sampah dan bencana alam. Dua tokoh dalam film pendek ini, Kenny dan Frey sadar akan hal ini dan ingin membuat pergerakan. Mereka menyiapkan sebuah gerakan penyelamatan alam. Seperti apa gerakan itu?

 

15. Brother (SMA Petra 5 Surabaya Tim B)

Dua orang cowok yang memiliki nasib berbeda bertemu pada suatu kesempatan. Di sini mereka saling bercerita tentang kehidupan mereka dan membantu satu sama lain.

Artikel Terkait
Youthcon
Honda Short Movie Competition Jadi Ajang Unjuk Gigi Sineas Muda

Youthcon
Kamu Nggak Akan Lupa 5 Momen Seru di Hari ke-6 UBS Youthcon Ini

Youthcon
Nih 15 Honda Short Movie Competition di Hari Keempat UBS Youthcon 2019