Sport

Lagi, Alex Marquez Susul Kakaknya Marc Marquez Jadi Juara Dunia

DBL Indonesia

Posted on November 3rd 2019

Keluarga Marquez kembali dapat kebahagiaan dobel tahun ini. Sebab dua bersaudara, Alex Marquez dan kakaknya Marc Marquez akhirnya kembali menjadi juara dunia balap motor. Tentu di kelas yang berbeda.

Yup, Alex hari ini menutaskan perebutan gelar juara dunia Moto2 2019. Gelar juara ini didapat setelah Alex finish di urutan kedua Moto2 Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Sepang.

Banyak orang telah memprediksi gelar juara Moto2 2019 bisa dikunci Alex hari ini. Apalagi setelah dia meraih pole position. Pembalap EG 0,0 Marc VDS langsung meninggalkan dua rivalnya Brad Binder (Red Bull KTM Ajo) dan Thomas Luthi (Dynavolt Intact GP).

Alex memimpin hingga 9 lap. Sebelum akhirnya disalip oleh Brad Binder. Disalip Brad Binder bukan masalah besar buat Alex. Sebab saingan utamanya adalah Thomas Luthi. Beruntung, Luthi tak mampu menyalip Alex. Akhirnya Alex pun finis di posisi dua. Posisi itu sudah cukup bagi Alex untuk mengunci gelar Moto2 2019.

Alex langsung melakukan selebrasi bersama sang kakak yang menyambut di lintasan. Kedua bersaudara ini terlihat bahagia. 

Bagi keluarga Marquez, gelar yang diraih Alex begitu membahagiakan. Sebab, sudah lama Alex mengincar gelar juara dunia Moto2. Sejak berlaga di kelas Moto2 pada 2014, Alex belum pernah merasakan juara dunia. Prestasi terbaiknya bertengger di klasemen keempat pada musim balap 2017 dan 2018. Dengan gelar juara dunia ini, kans Alex naik kelas ke MotoGP makin kuat.

Adik-kakak meraih gelar juara dunia bersamaan ini bukan kali pertama. Pada musim balap 2014, Marc Marquez meraih gelar juara dunia pertamanya di kelas MotoGP. Saat itu dia bersama Repsol Honda. Nah pada musim yang sama, sang adik Alex, meraih gelar juar dunia untuk kelas Moto3.

Marc Marquez dan Alex Marquez saat juara dunia bersama di kelas berbeda pada 2014.

Di balik kesuksesan Alex dan Marc ini ada seseorang yang sangat berperan penting. Dia adalah sang manajer, Emilio Alzamora. Alzamora yang dengan setia membantu adik-kakak ini meraih mimpinya.

Prestasi Alzamora di balap motor sendiri sebenarnya terbilang biasa. Dia pernah meraih gelar juara memang, tapi di kelas 125cc pada musim balap 1999. 

Dikutip dari situs Redbull, Alzamora benar-benar dekat dengan Marquez bersaudara. Lebih dari hubungan profesional. Ketiganya sudah seperti keluarga dekat.

Alex dan Marc juga begitu percaya pada Alzamora. Sampai-sampai pernah ada pertanyaan bagaimana tentang masa depan mereka berdua di balap motor. Keduanya menjawab, "Emilio (Alzamora) yang mengurus semuanya."

Alzamora telah mengenal Marc sejak pembalap brilian itu berusia 12 tahun. Alzamora tak suka membanding-bandingkan antara Alex dan Marc. Yang dia lakukan selalu memotivasi Alex agar makin dekat dengan prestasi sang kakak.

Bicara soal Marquez bersaudara memang unik. Keduanya lahir dari keluarga yang sangat sederhana. Kedua orang tuanya, Julia Marquez (ayah) dan Roser Alenta (ibu) yang mengajarkan kesederhanaan pada anak-anaknya.

Keluarga ini tinggal di sebuah desa di dekat Catalunya, Spanyol. Nama desanya, Cervera. Saking sederhananya, Alex dan Marc saat kecil tidur di kamar dengan ranjang susun. Di mana ranjang itu dibuat sendiri oleh keluarga tersebut.

Saat Alex dan Marc juara dunia bersama-sama pada 2014 silam, Julia dan Roser pernah diwawancara oleh cycleworld.com. Saat itu Roser mengatakan, dia selama ini banyak menonton anak-anaknya dari layar kaca. Jarang melihat langsung di sirkuit. Namun pada 2014 itu, Roser berada di garis depan melihat kedua putranya mencatatkan sejarah penting.

Roser sempat ditanya, apakah tidak khawatir dengan kedua anaknya yang berprofesi sebagai olahragawan dengan penuh resiko? Roser mengaku tak pernah meminta mendorong anaknya jadi pembalap. Tapi dia juga tidak pernah meminta keduanya berhenti menekuni dunia balap.

Satu pesan yang dititipkan sang ibu pada anak-anaknya. "Kalau jatuh segera angkat tanganmu, siapa tahu terekam kamera televisi. Dengan begitu ibu tahu kalian baik-baik saja," kata Roser.

Saat keduanya masih kecil, kata Roser Alex dan Marc sudah terbiasa berbagi tugas di rumah. Misalnya saat akan makan malam. Marc bertugas merapikan meja makan. Sementara Alex membersihkan meja.

Keluarga Marquez memang dekat dengan motor. Julia adalah anggota sebuah klub lokal, Moto Club Segre. Klub motor itu terkenal karena sebagai penyelenggara yang terkenal karena menyelenggarakan balap enduro. Julia seorang marshal. Sementara Roser kerap membantu di klub tersebut menyiapkan makanan.(*)

 

 
Related Articles
Sport
Marquez Brothers dan Vinales Bantu Penanganan Pasien Coronavirus di Spanyol

Sport
Alex Marquez Mengakui Hanya Kakaknya yang Mampu Kendalikan Honda

Sport
Honda Resmi Rekrut Alex Marquez